Liga

Manchester City Dihajar Tottenham, Berikut Klasemen Terbaru Liga Inggris

Manchester City memulai start dengan buruk

Irwan Febri Rialdi

Selebrasi para pemain Manchester City usai membobol gawang Leicester City yang dikawal oleh Kasper Schmeichel. (OLI SCARFF / AFP)
Selebrasi para pemain Manchester City usai membobol gawang Leicester City yang dikawal oleh Kasper Schmeichel. (OLI SCARFF / AFP)

Bolatimes.com - Kejutan terjadi di laga pamungkas pekan pembuka Liga Inggris 2021/2022. Tuan rumah Tottenham Hotspur mempermalukan juara bertahan Manchester City dengan skor 1-0 pada laga yang rampung Senin (16/8/2021) dini hari WIB di Tottenham Hotspur Stadium, London.

Gol tunggal sekaligus gol kemenangan Tottenham atas City di laga ini dicetak penyerang Son Heung-min pada menit ke-55.

Dengan hasil ini, Tottenham asuhan pelatih Nuno Espirito Santo bercokol di peringkat ke-10 klasemen sementara Liga Inggris 2021/2022 dengan raihan tiga poin dan selisih gol +1.

Sementara itu, City merampungkan rangkaian pekan perdana dengan terdampar di urutan ke-13 papan klasemen dengan nirpoin dan selisih gol -1.

Kekalahan ini jadi catatan hitam bagi manajer Pep Guardiola, sebab City dalam 10 musim sebelumnya selalu sukses memenangi pertandingannya di pembukaan musim Liga Inggris.

Terlebih lagi, City yang merupakan juara bertahan Liga Inggris sebelumnya juga kalah dalam pertandingan Community Shield 2021 melawan kampiun Piala FA, Leicester City.

City jadi tim juara bertahan Liga Inggris pertama setelah Chelsea pada 2017/2018 yang mengawali musim dengan kekalahan.

Melawan Tottenham, catatan statistik memperlihatkan City tampil mendominasi lebih dari 65 persen penguasaan bola, tapi tak satu pun dari 18 percobaan tembakan mereka membuahkan gol.

Skuat mahal City sudah memperoleh peluang bagus di Tottenham Hotspur Stadium pada menit kelima, saat kiper tuan rumah, Hugo Lloris gagal mengamankan umpan silang Benjamin Mendy.

Akan tetapi, Fernandinho yang menyundul bola malah gagal menemui mulut gawang yang menganga.

Lantas pada menit ke-35, Riyad Mahrez berdiri bebas tanpa kawalan menerima umpan silang kiriman Raheem Sterling, Sayang, tembakan volinya melenceng dari sasaran.

Tottenham yang memang lebih banyak tertekan dan mengandalkan serangan balik, nyaris mencuri keunggulan lima menit jelang turun minum. Namun sayang, penyelesaian Son masih melenceng setelah membentur Joao Cancelo.

Skor kacamata bertahan hingga turun minum sebelum kemudian tuan rumah memecahkan kebuntuan pada menit ke-55 lewat sebuah serangan balik, yang diakhiri aksi Son mengecoh Nathan Ake sebelum melepaskan tembakan melengkung yang tak terantisipasi kiper Ederson Moraes.

Serangan balik Tottenham hampir membuahkan gol lagi lima menit kemudian, tetapi kali ini sepakan Steven Bergwijn hanya menghantam jala luar gawang City.

Pemain termahal Liga Inggris, Jack Grealish berkesempatan untuk membawa City menyamakan kedudukan pada menit ke-75 saat menerima umpan terobosan dari Ferran Torres, tetapi tembakannya masih belum cukup untuk menaklukkan kiper Hugo Lloris.

Delapan menit kemudian, Lloris melakukan penyelamatan gemilang lainnya untuk menepis tembakan melengkung yang dilepaskan Kevin De Bruyne dari tepian kotak penalti demi menjaga keunggulan Tottenham hingga peluit tanda laga usai terdengar.

Hasil ini membuat Manchester City berada di posisi 13 klasemen sementara Liga Inggris, sementara Tottenham berada di urutan 10. 

Berikut klasemen terbaru Liga Inggris musim 2021/2022

Klasemen Liga Inggris pekan pertama 2021/2022. (Antara)
Klasemen Liga Inggris pekan pertama 2021/2022. (Antara)

Berita Terkait

Berita Terkini