Liga

Liverpool Kalah di Piala FA, Bocah 16 Tahun Ini Curi Perhatian

Liverpool menurunkan pemain yang belum berusia 17 tahun!

Rauhanda Riyantama | Irwan Febri Rialdi

Bek muda Liverpool, Ki-Jana Hoever. (Paul Ellis/AFP).
Bek muda Liverpool, Ki-Jana Hoever. (Paul Ellis/AFP).

Bolatimes.com - Liverpool memang menelan kekalahan 1-2 dari Wolverhampton Wanderers pada babak ketiga Piala FA 2018/2019 di Molineux Stadium pada Selasa (8/1/2019) dini hari WIB. Namun, ada yang menarik dari laga tersebut.

Ya, manajer Liverpool, Jurgen Klopp, menurunkan Ki-Jana Hoever ketika pertandingan baru memasuki menit keenam. Ia masuk menggantikan Dejan Lovren yang mengalami cedera.

Keputusan itu memang tampak wajar-wajar saja, tetapi perlu diketahui Ki-Jana Hoever merupakan pesepak bola muda yang usianya baru menginjak 16 tahun, 11 bulan dan 20 hari.

Ki-Jana Hoever ketika menggantikan Dejan Lovren. (Paul Ellis/AFP).
Ki-Jana Hoever ketika menggantikan Dejan Lovren. (Paul Ellis/AFP)

Sontak selepas pertandingan Jurgen Klopp dicecar pertanyaan mengapa sangat berani memainkan 'bocah' 16 tahun untuk berlaga di ajang sebesar Piala FA. Terkait keberanian itu, pelatih asal Jerman itu pun memiliki pertimbangan tersendiri.

"Saya tidak yakin apa yang akan Anda semua katakan jika dari awal berada di posisi kami dengan Fabinho dan Ki-Jana (Hoever). Beberapa orang yang sangat cerdas mungkin akan mengatakan kepada saya bahwa saya tidak menghormati kompetisi atau apa pun. Jadi, kami mencoba melakukan semua hal yang kami bisa,” ujar Klopp, sebagaimana dikutip dari Goal, Selasa (8/1/2019).

“Tentu saja, di sisi lain tidak masuk akal untuk membawa seorang anak laki-laki berusia 16 tahun sejak awal laga. Anda seharusnya tidak membawanya, Anda harus menunggu sampai dia benar-benar siap, tetapi dia melakukannya dengan baik. Dia datang dan melakukannya dengan baik. Begitulah kadang-kadang, ketika benar-benar dibutuhkan, itu hanya tentang Anda cukup baik dan tidak penting berapa umurnya. Dia melakukannya dengan baik, jadi itu semua baik-baik saja,” tukasnya.

Dengan demikian, Ki-Jana Hoever tercatat sebagai pemain termuda dalam sejarah Liverpool yang bermain di Piala FA. Sementara itu, dari sejarah klub, pemain asal Belanda itu menjadi pemain termuda ketiga yang melakoni debut bersama tim utama Liverpool.

Melihat apa yang telah ditampilan Ki-Jana Hoever di laga Liverpool versus Wolves, bukan tidak mungkin eks pemain Ajax U-17 itu bakal lebih sering menghiasi bangku cadangan The Reds pada pertandangan ke depan.

Berita Terkait

Berita Terkini