Dari The Next Maldini Hingga Pele, Inilah Para Wonderkid Gagal

Tak semua wonderkid mengalami karier bagus, lima pemain ini contohnya.

Minggu, 09 September 2018 | 13:40 WIB
Royston Drenthe. (P Marcou/AFP).

Royston Drenthe. (P Marcou/AFP).

Bolatimes.com - Dalam dunia sepak bola, para pemain muda selalu menjadi pusat perhatian. Apalagi bagi mereka yang dinilai memiliki bakat luar biasa, sehingga dirinya dianggap calon bintang masa depan atau wonderkid.

Klyan Mbappe menjadi salah satu wonderkid yang digadang sebagai menjadi bintang masa depan. Selain usianya yang masih muda, sepak terjangnya bersama klub dan negara sudah tak bisa di pandang sebelah mata.

Pemuda 19 tahun itu sudah mengoleksi dua gelar Ligue 1 bersama klubnya Paris Saint-Germain (PSG) dan bersama Prancis, ia berhasil memenangkan gelar Piala Dunia 2018.

Baca Juga: Tiga Pemain Ini Alami Cedera Mengerikan Seperti Luke Shaw

Namun, ternyata tak semua pemain muda bisa bernasib seperti Mbappe. Alih-alih mampu bermain di tim Eropa, beberapa dari mereka justru mengalami karier yang kurang beruntung.

Untuk itu, berikut Bolatimes.com merangkum lima wonderkid dunia yang gagal bersinar, dilansir dari Goal.

1. Fabian Carini

Baca Juga: Jadwal Lengkap Timnas Indonesia U-16 di Piala Asia 2018

Fabian Carini. (Patrick Kovarik/AFP).
Fabian Carini. (Patrick Kovarik/AFP).

Fabian Carini merupakan kiper Juventus pada 2000an. Ia direkrut sebagai calon penerus Gianluigi Buffon setelah bermain apik bersama klub Uruguay, Danubio. Apalagi pada usianya yang baru 21 tahun ia sudah bermain untuk skuat senior Uruguay.

Namun, di klub Kota Turin ia tak mampu menembus Buffon hingga pada akhirnya menemui kesulitan dalam berkarier di Eropa. Kini Carini sudah berusia 38 tahun, klub terakhir yang dia bela adalah Juventud de Las Piedras, klub lokal Uruguay pada 2016.

2. Michelangelo Albertazzi

Baca Juga: Jadwal Lengkap Matchday 2 UEFA Nations League: Prancis vs Belanda

Michelangelo Albertazzi saat berkostum AC Milan. (Karim Sahib/AFP).
Michelangelo Albertazzi saat berkostum AC Milan. (Karim Sahib/AFP).

Albertazzi direkrut AC Milan pada musim 2009/2010. Ia saat itu berusia 18 tahun dan digadang sebagai penerus Paolo Maldini. Namun, nyatanya kariernya tak panjang di San Siro. Kemudian ia dilepas ke Verona dengan gratis.

Kini pada musim 2018/2019, pemain 27 tahun itu bermain untuk Liveorno dio Serie B.

3. Royston Drenthe

Baca Juga: Hasil Lengkap UEFA Nations League, Spanyol Tekuk Inggris 2-1

Royston Drenthe ketika berseragam Real Madrid. (Mark Ralston/AFP).
Royston Drenthe ketika berseragam Real Madrid. (Mark Ralston/AFP).

Royston Drenthe menjadi perbincangan publik ketika diboyong oleh Real Madrid dari Feyenoord pada musim 2007/2008. Ia ketika itu dinilai sebagai salah satu talenta terbaik dari Belanda.

Drenthe pun hengkang tiga musim setelahnya dan kariernya berjalan terjal. Ia membela berbagai klub seperti Hercules, Everton, Reading, Bani Yas, dan akhirnya memutuskan pensiun pada usia 30 tahun karena tak kuat menghadapi tekanan dalam sepak bola.

Meski sempat dianggap sebagai wonderkid gagal, namun gelandang 31 tahun itu tampaknya urung habis. Ia bahkan mencoba berkarier kembali bersama Sparta Rotterdam di kasta kedua Liga Belanda. Ia telah bermain sebanyak empat pertandingan dan mencetak satu gol.

4. Freddy Adu

Freddy Adu. (Hoang Dinh Nam/AFP).
Freddy Adu. (Hoang Dinh Nam/AFP).

Nama Freddy Adu mulai mencuat ketika melakukan penandatangan dengan DC United pada usia 14 tahun. Ia pun digadang sebagai masa depan Amerika Serikat hingga disebut sebagai titisan Pele.

Di DC United, Adu berhasil memecahkan berbagai rekor sebagai pemain termuda yang pernah menandatangani kontrak profesional di Amerika Serikat. Lalu, ia juga mencatatkan sebagai pemain termuda yang tampil di pertandingan Major League Soccer (MLS), dan menjadi pencetak gol termuda dalam sejarah MLS.

Kini di usianya yang hampir 30 tahun, ia berakhir di klub kecil Amerika Serikat setelah mencoba berkarier ke seantero Eropa.

5. Federico Macheda

Federico Macheda. (Andrew Yates/AFP).
Federico Macheda. (Andrew Yates/AFP).

Macheda sempat mengguncak publik sepak bola ketika diboyong oleh Manchester United di bawah arahan Sir Alex Ferguson.

Ia dinilai akan memiliki karier cemerlang seperti yang telah dialami oleh David Beckham, Wayne Rooney, dan Cristiano Ronaldo. Namun, kesempatan yang telah diberikan oleh Sir Alex Ferguson tak mampu dimanfaatkan dengan baik. Ia pun dianggap sebagai wonderkid yang gagal bersinar.

Macheda saat ini tengah memulai babak baru bersama klub Yunani, Panathinaikos.

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Henhen Herdiana tidak pernah menyangka akan melakoni 100 pertandingan bersama Pangeran Biru. Sejak promosi dari Diklat Persib 2016 silam, Henhen tak pernah membayangkan bisa bermain hingga sejauh ini.

liga | 11:07 WIB

David da Silva akhirnya berdamai dengan Persib Bandung setelah proses administasi telah diselesaikan

liga | 16:08 WIB

Berbagai pertimbangan dilakukan oleh PT Liga Indonesia Baru sebelum memutuskan kembali menggulirkan Liga 1 2023/2024 pada 15 April 2024 mendatang

liga | 15:35 WIB

FIFA menjatuhkan sanksi untuk lima tim Indonesia, satu di antaranya Persija Jakarta. Macan Kemayoran tak bisa melakukan transfer pemain selama tiga musim.

liga | 13:04 WIB

Pelatih Persib Bojan Hodak memberikan waktu libur untuk anak asuhnya selama tiga hari. Jeda kompetisi Liga 1 2023/2024 selama Piala Asia U-23 2024 di Qatar membuat tim punya waktu luang dalam masa persiapan

liga | 16:08 WIB

Gelandang Persib Bandung Stefano Beltrame tak mau santai walau Liga 1 2023/2024 terjeda selama gelaran Piala Asia U-23 2024 di Qatar.

liga | 14:13 WIB

Pemain Persib Bandung Ryan Kurnia mengambil sisi positif dari jeda Liga 1 2023/2024 selama gelaran Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Ryan bisa menjalani pemulihan cedera selama jeda kompetisi.

liga | 13:57 WIB

Adapun jadwal Liga 1 pekan ke-31 hingga pekan ke-34, dan jadwal Championship Series dijadwalkan kembali oleh operator komisi, yakni PT Liga Indonesia Baru (LIB) dalam waktu dekat.

liga | 19:50 WIB

Pelatih Persib Bandung Bojan Hodak melihat sisi positif dari penundaan kompetisi Liga 1 2023/2024 selama Piala Asia 2023

liga | 16:04 WIB

Sementara dalam jadwal Liga 1 2023/2024 pekan ke-31, Persib akan melakukan lawatan ke markas Persita Tangerang, pada Selasa (2/4/2024).

liga | 14:04 WIB

Duel Bali United vs Persija akan berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, pada Sabtu, (30/3/2024) kick off pukul 20.00 WIB.

liga | 13:27 WIB

Pebalap Marc Marquez angkat bicara mengenai insiden yang menimpanya dengan Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) pada balapan di Sirkuit Algarve, Portimao, seri MotoGP Portugal, pada Minggu, (24/3/2024).

liga | 20:01 WIB

Beckham Putra akan bergabung dengan Timnas U-23 Indonesia yang akan berlaga di ajang Piala Asia U-23 2024 yang bertempat di Qatar.

liga | 17:02 WIB

Beckham Putra dan rekan-rekan Persib lainnya ingin menjaga ritme kemenangan karena tengah berada dalam tren positif di empat laga terakhir.

liga | 16:31 WIB

Waktu yang tersedia bagi Ten Hag bersama Man United disebut-sebut tidak banyak, terutama setelah kedatangan Sir Jim Ratcliffe.

liga | 08:00 WIB

Thomas Tuchel, pelatih saat ini dari Bayern Muenchen, juga mungkin tersedia setelah dia memutuskan untuk meninggalkan klub tersebut pada musim panas.

liga | 07:30 WIB

David da Silva tak jemawa meski berhasil mencetak brace dan membawa kemenangan Persib 1-3 atas Persikabo. Sebaliknya, ia mengucapkan selamat kepada rekan-rekannya usai pertandingan.

liga | 15:00 WIB

Persikabo harus mengakui keunggulan tamunya, Persib Bandung pada pekan 29 Liga 1 2023/2024. Persikabo takluk 1-3 dari Persib. Kekalahan tersebut menodai debut pelatih baru Persikabo, Djajang Nurdjaman.

liga | 13:45 WIB
Tampilkan lebih banyak