4 Pemain Top Ini Pernah Kena Perlakuan Rasial Parah

Kasus rasial yang menimpa pemain top Mesut Ozil menjadi gunung es yang hingga kini urung mampu ditindak oleh FIFA sebagai otoritas tertinggi di sepak bola dunia.

Galih Priatmojo | BolaTimes.com
Rabu, 25 Juli 2018 | 12:00 WIB
Dani Alves/Instagram

Dani Alves/Instagram

Bolatimes.com - Isu mengenai rasial nyatanya masih saja bergentayangan seperti hantu. Tak hanya di kehidupan sehari-hari tetapi hampir di semua sektor termasuk juga di dunia sepak bola.

Meski hampir setiap pembukaan pertandingan sepak bola kampanye rasial didengungkan, sepertinya isu ini tetap saja bergulir bagai bola panas yang bisa menimpa siapa saja termasuk pemain dengan predikat top sekalipun.

Mesut Ozil adalah contohnya. Ia menjadi salah satu korban rasial yang baru-baru ini dengan terang berani melawannya. Salah satu pemain top Jerman ini bahkan rela keluar dari skuat Der Panzer, lantaran mendapat perlakuan rasial yang tak bertanggungjawab dari para fan usai Jerman tersingkir di Piala Dunia 2018.

Baca Juga: Pensiun Dari Timnas Jerman, Ozil Dapat Dukungan Presiden Turki

Tetapi Ozil tak sendiri, bahkan ada puluhan pemain sepak bola yang berlabel top pun pernah mengalami perlakuan rasial.

Berikut 4 pemain berlabel top yang pernah mendapat perlakukan rasial parah.

Sulley Muntari

Baca Juga: Resmi Datangkan Renan Silva, Persija Lepaskan Ivan Carlos

Gelandang senior asal Ghana ini mendapat perlakukan memalukan di Serie A.

Muntari menjadi korban pelecehan rasis oleh suporter Cagliari ketika timnya, Pescara bertandang ke Sant'Elia pada Mei 2017 lalu.

Sulley Muntari pemain Ghana/Instagram
Sulley Muntari pemain Ghana/Instagram

Karena kejadian ini, Muntari pun memilih tak melanjutkan laga setelah wasit dan ofisial pertandingan memilih tidak melakukan apa-apa untuk menghentikan pelecehan tersebut.

Baca Juga: Ini Hasil Evaluasi PT LIB Seusai Putaran Pertama Liga 1 Berjalan

Tetapi setelah mendekati sang wasit untuk mengajukan komplain terkait pelecehan ini, mantan penggawa AC Milan ini malah diganjar kartu kuning oleh sang pengadil laga, Daniele Minelli.

Secara mengejutkan, baru-baru ini komisi disiplin Serie A malah menjatuhkan sanksi larangan bermain dalam satu laga kepada Muntari karena permasalahan ini.

Dilansir BBC, Komisi disiplin Serie A beralasan bahwa jumlah suporter yang melakukan pelecehan terhadap Muntari tak cukup banyak alias kurang lebih hanya 10 orang. Karena itu tindakan dari ofisial pertandingan tak perlu dilakukan.

Baca Juga: Video - Pemain Persija Ini Ternyata Pernah Kolongi Ronaldinho

Kabar pemberian sanksi kepada Muntari ini dikecam keras oleh persatuan pemain FIFPro. Mereka pun mendesak badan sepakbola Italia untuk mendengarkan keluhan Muntari serta melakukan investigasi terhadap kasus ini.

Mario Balotelli

Pemain top asal Italia itu memiliki karier yang tidak menentu dan lebih dikenal karena kejenakaan di luar lapangan dibanding bakatnya sebagai pesepak bola.

Namun, dia sering jadi sasaran rasialisme karena warna kulitnya. Bagi orang Italia, menjadi subjek pelecehan rasisme bukanlah hal baru karena dia menghadapi hal itu nyaris setiap waktu selama berada di Italia.

Mario Balotelli/Instagram
Mario Balotelli/Instagram

Akan tetapi, saat menghadapi pelecehan serupa di Prancis saat bermain imbang 1-1 melawan Bastia, dia mendapat beberapa pertanyaan dari wartawan setempat

"Apakah normal pendukung Bastia membuat suara monyet dan 'eh eh' selama pertandingan dan tidak ada satu pun dari 'komisi disiplin' berbicara?"

Balotelli kemudian menjawabnya, "Jadi apakah rasisme legal di Prancis? Atau hanya di Bastia? Sepak bola adalah olahraga yang luar biasa. Orang-orang seperti pendukung Bastia membuatnya mengerikan," ungkapnya.

Ia bahkan pernah memberikan pernyataan menyentuh kala perlakuan rasial tak henti-henti menerjangnya. Ia pernah berandai-andai jika dirinya berkulit putih, ia meyakini tak akan mendapat banyak masalah seperti sekarang ini.

"Di beberapa stadion, orang-orang meneriakkan Tidak ada orang Italia yang hitam kepada saya. Namun, saya adalah bukti bahwa itu ada. Bahkan jika saya orang Italia, lahir dan tumbuh di Italia, undang-undang menyatakan bahwa saya hanya menjadi orang Italia begitu saya berusia 18 tahun," ucap Balotelli, menukil dari Football Italia.

Samuel Eto'o

Striker top nan legendaris asal Kamerun ini bisa disebut sebagai pemain paling sukses yang dihasilkan oleh Afrika.

Mantan penyerang Barcelona ini memiliki sejumlah penghargaan dalam lemarinya, seperti tiga gelar Liga Champions dan medali Emas Olimpiade. Namun, mantan pemain Inter itu juga selalu jadi bahan ejekan dengan isu pelecehan rasisme.

Samuel Eto'o/Instagram
Samuel Eto'o/Instagram

Setelah terus dilecehkan oleh sebagian kecil penggemar Zaragoza pada 2006, Eto'o memutuskan untuk menjauh dari lapangan sebagai tindakan protes. Namun, dia kembali merumput setelah ditenangkan oleh para pemain di kedua tim.

"Saya adalah orang yang berkulit hitam, dan jika seseorang membayar tiket cuma untuk mengejek saya seperti monyet, maka saya akan bertindak seperti monyet," katanya usai pertandingan.

"Dulu saya berpikir bahwa teriakan rasialis ini hanyalah sebuah fase, tapi semakin banyak orang yang terlibat dan itu disesalkan. Kadang saya berpikir, apakah sesuatu akan terjadi pada anak perempuan saya di sekolah? Kita harus menghentikan ini karena suatu hari Anda tidak tahu apa yang mungkin terjadi jauh dari lapangan," kata dia.

Dani Alves

Penggawa Timnas Brasil ini pernah mendapat perlakuan rasial yang sangat parah. Ia dilempar pisang saat tengah melakoni pertandingan.

Saat Alves memperkuat Barcelona dan bersiap mengambil tendangan sudut melawan Villarreal, seseorang di antara sekelompok penggemar tuan rumah melempar pisang ke arahnya. Apa yang dia lakukan selanjutnya adalah pemandangan yang mengejutkan.

Dani Alves/Instagram
Dani Alves/Instagram

Alves hanya mengambil pisang itu, mengupasnya dan memakannya. Dia juga dengan sinis mengucapkan terima kasih kepada penggemar yang melemparkan pisang ke arahnya, mengklaim bahwa memakan pisang itu memberinya kekuatan. Dia juga berpendapat bahwa humor adalah cara paling efisien untuk mengatasi rasisme.

"Kami telah menderita soal ini di Spanyol untuk beberapa lama. Anda harus menyikapinya dengan bercanda, tak usah dibawa serius. Sebab, sulit mengubah perilaku seperti ini kalau bukan orangnya itu yang sadar," ungkap Alves usai laga.

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Sporting Director PT Persib Teddy Tjahjono membantah tudingan yang menyebutkan dirinya sebagai saksi yang memberatkan dalam persidangan kasus kericuhan yang melibatkan Bobotoh

liga | 17:40 WIB

Bek Persib Bandung Henhen Herdiana tidak pernah menyangka akan melakoni 100 pertandingan bersama Pangeran Biru. Sejak promosi dari Diklat Persib 2016 silam, Henhen tak pernah membayangkan bisa bermain hingga sejauh ini.

liga | 11:07 WIB

David da Silva akhirnya berdamai dengan Persib Bandung setelah proses administasi telah diselesaikan

liga | 16:08 WIB

Berbagai pertimbangan dilakukan oleh PT Liga Indonesia Baru sebelum memutuskan kembali menggulirkan Liga 1 2023/2024 pada 15 April 2024 mendatang

liga | 15:35 WIB

FIFA menjatuhkan sanksi untuk lima tim Indonesia, satu di antaranya Persija Jakarta. Macan Kemayoran tak bisa melakukan transfer pemain selama tiga musim.

liga | 13:04 WIB

Pelatih Persib Bojan Hodak memberikan waktu libur untuk anak asuhnya selama tiga hari. Jeda kompetisi Liga 1 2023/2024 selama Piala Asia U-23 2024 di Qatar membuat tim punya waktu luang dalam masa persiapan

liga | 16:08 WIB

Gelandang Persib Bandung Stefano Beltrame tak mau santai walau Liga 1 2023/2024 terjeda selama gelaran Piala Asia U-23 2024 di Qatar.

liga | 14:13 WIB

Pemain Persib Bandung Ryan Kurnia mengambil sisi positif dari jeda Liga 1 2023/2024 selama gelaran Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Ryan bisa menjalani pemulihan cedera selama jeda kompetisi.

liga | 13:57 WIB

Adapun jadwal Liga 1 pekan ke-31 hingga pekan ke-34, dan jadwal Championship Series dijadwalkan kembali oleh operator komisi, yakni PT Liga Indonesia Baru (LIB) dalam waktu dekat.

liga | 19:50 WIB

Pelatih Persib Bandung Bojan Hodak melihat sisi positif dari penundaan kompetisi Liga 1 2023/2024 selama Piala Asia 2023

liga | 16:04 WIB

Sementara dalam jadwal Liga 1 2023/2024 pekan ke-31, Persib akan melakukan lawatan ke markas Persita Tangerang, pada Selasa (2/4/2024).

liga | 14:04 WIB

Duel Bali United vs Persija akan berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, pada Sabtu, (30/3/2024) kick off pukul 20.00 WIB.

liga | 13:27 WIB

Pebalap Marc Marquez angkat bicara mengenai insiden yang menimpanya dengan Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) pada balapan di Sirkuit Algarve, Portimao, seri MotoGP Portugal, pada Minggu, (24/3/2024).

liga | 20:01 WIB

Beckham Putra akan bergabung dengan Timnas U-23 Indonesia yang akan berlaga di ajang Piala Asia U-23 2024 yang bertempat di Qatar.

liga | 17:02 WIB

Beckham Putra dan rekan-rekan Persib lainnya ingin menjaga ritme kemenangan karena tengah berada dalam tren positif di empat laga terakhir.

liga | 16:31 WIB

Waktu yang tersedia bagi Ten Hag bersama Man United disebut-sebut tidak banyak, terutama setelah kedatangan Sir Jim Ratcliffe.

liga | 08:00 WIB

Thomas Tuchel, pelatih saat ini dari Bayern Muenchen, juga mungkin tersedia setelah dia memutuskan untuk meninggalkan klub tersebut pada musim panas.

liga | 07:30 WIB

David da Silva tak jemawa meski berhasil mencetak brace dan membawa kemenangan Persib 1-3 atas Persikabo. Sebaliknya, ia mengucapkan selamat kepada rekan-rekannya usai pertandingan.

liga | 15:00 WIB
Tampilkan lebih banyak