Boladunia

Profil Luis Maximiano, Kiper Debutan Lazio yang Dikartu Merah dalam 6 Menit

Luis Maximiano dikartu merah menit ke-6 gara-gara lakukan blunder konyol.

Rauhanda Riyantama

Kiper Lazio, Luis Maximiano. (Twitter)
Kiper Lazio, Luis Maximiano. (Twitter)

Bolatimes.com - Debut kiper anyar Lazio, Luis Maximiano, tidak berjalan mulus di Serie A. Nasibnya apes betul karena langsung diusir wasit setelah melakukan pelanggaran konyol.

Kiper berusia 23 tahun tersebut baru sekitar sebulan lalu direkrut oleh Lazio dari klub asal Spanyol, Granada. Dia langsung dipilih jadi kiper utama oleh Maurizio Sarri di Serie A 2022/23.

Dia langsung diturunkan pada laga perdana melawan Bologna, Minggu (14/5/2022). Namun, bukannya mencatatkan debut manis, Maximiano malah bikin blunder yang merugikan tim.

Hal ini terjadi saat Bologna menyerang Lazio. Berawal dari umpan terobosan pemain Bologna yang diarahkan ke Marko Arnautovic, Maximiano berupaya memotong bola operan itu.

Namun disinilah letak blunder konyol yang dilakukan Maximiano. Dia malah menangkap bola di luar kotak penalti.

Posisinya memang tak terlalu mencolok, karena tak jauh dari garis tepi kotak penalti. Oleh sebab itu wasit Luca Massimi yang memimpin laga sampai harus mengecek tayangan ulang dari Video Assistant Referee (VAR). Benar saja, bola ditangkap di luar area yang seharusnya.

Maximiano langsung diganjar kartu merah akibat hal ini karena dinilai melakukannya dengan sengaja. Lazio harus bermain dengan 10 orang nyaris sepanjang laga.

Kondisi ini awalnya bikin Lazio kewalahan dan kebobolan lebih dulu di menit 38 lewat penalti Arnautovic. Beruntung, Bologna juga harus bermain dengan 10 orang di pengujung babak pertama.

Dengan kondisi 10 lawan 10, Lazio mampu bangkit di babak kedua. Mereka mencetak 2 gol balasan lewat Lorenzo De Silvestri dan Ciro Immobile yang bikin Lazio menang 2-1.

Kemenangan ini juga menyelamatkan wajah Maximiano. Lantas, siapa sebetulnya Luis Maximiano? Berikut ulasan profilnya!

Profil Luis Maximiano

Sosok dengan nama lengkap Luis Manuel Arantes Maximiano ini lahir di Celeiros, Portugal, pada 5 Januari 1999. Dia mengawali karier sepak bolanya di klub lokal, Celeiros pada 2008.

Dia berpindah-pindah SSB mulai dari Ferreirense, lalu ke Braga, hingga akhirnya bergabung dengan tim junior raksasa Portugal, Sporting CP.

Total lima tahun dia bermain di tim junior Sporting, dari 2012 hingga 2017. Dia lalu promosi ke tim Sporting CP B pada 2017 hingga 2018.

Maximiano kemudian melakoni debutnya buat tim utama Sporting pada September 2019. Total dia bermain 25 kali di Liga Portugal dari 2018 hingga 2021.

Meski lebih banyak menjadi kiper cadangan, Luis Maximiano turut berkontribusi membawa Sporting menjadi kampiun Liga Portugal, Taca da Liga, dan Supertaca Candido de Oliveira pada musim 2020/21.

Kiper Lazio, Luis Maximiano. (Twitter)
Kiper Lazio, Luis Maximiano. (Twitter)

Potensi yang dimiliki oleh Maximiano membuat klub asal Spanyol, Granada, tertarik merekrutnya dengan biaya 4,5 juta euro untuk kontrak 4 tahun.

Di musim perdana dan jadi satu-satunya bersama Granada, Luis Maximiano tampil apik dengan mencatatkan 127 penyelamatan dan menjadi yang terbanyak di Liga Spanyol 2021/22.

Sayangnya meski sudah tampil apik, Maximiano tidak bisa menyelamatkan Granada dari degradasi usai hanya finis di peringkat ke-18.

Maximiano kemudian direkrut oleh Lazio untuk musim 2022/23. Sayangnya debutnya berakhir apes karena diusir wasit setelah hanya bermain 6 menit.

Di level tim nasional, Luis Maximiano sudah pernah membela Timnas Portugal di berbagai level usia. Mulai dari Portugal U-16, U-17, U-20, hingga teranyar U-21.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini