Boladunia

Profil Abdullah Almutairi, Pelatih Timnas Nepal yang Penuh Kontroversi

Abdullah Almutairi diketahui terlibat pertikaian dengan sejumlah pemain Timnas Nepal.

Rauhanda Riyantama

Pelatih Timnas Nepal, Abdullah Almutairi. (Twitter/@RONBupdates)
Pelatih Timnas Nepal, Abdullah Almutairi. (Twitter/@RONBupdates)

Bolatimes.com - Abdullah Almutairi adalah sosok pelatih yang kontroversial. Hal ini terlihat dari kondisi terkini Timnas Nepal, calon lawan Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023.

Ya, Timnas Indonesia dijadwalkan melawat ke Kuwait untuk melakoni Kualifikasi Piala Asia 2023 Grup A. Indonesia satu grup dengan Kuwait, Yordania, dan Nepal.

Kondisi terkini Timnas Nepal disebut-sebut sedang tidak kondusif lantaran sejumlah pemain mogok bermain usai bermasalah dengan pelatih Abdullah Almutairi.

Sebanyak 11 pemain, termasuk eks Persija Jakarta, Rohit Chand, disebut-sebut berkonflik dengan Abdullah Almutairi sejak sebulan lalu.

Saat itu para pemain senior meninggalkan pemusatan latihan Timnas Nepal karena diusir oleh Abdullah Almutairi karena dianggap mengabaikan instruksi pelatih.

Belakangan pelatih Abdullah Almutairi menyebut bahwa para pemain yang memutuskan untuk pergi sendiri dari TC Timnas Nepal.

Konflik yang terjadi di antara pemain dan pelatih ini sampai harus diselesaikan oleh Federasi Sepak Bola Nepal (ANFA). Bahkan mereka dikabarkan membuat Satuan Tugas (Satgas) khusus untuk menyelesaikan masalah ini.

Dari temua Satgas bentukan ANFA ini, disebutkan bahwa mereka membuat rekomendasi untuk memecat Abdullah Almutairi dari kursi kepelatihan.

Bukan tanpa alasan rekomendasi ini dibuat, ANFA menilai bahwa Abdullah Almutairi yang justru membuat kondisi tim menjadi tidak kondusif.

Sebelum konflik dengan para pemain, Abdullah Almutairi juga sempat melemparkan komentar kontroversial. Dia menyebut bahwa Nepal tidak akan lolos ke Piala Asia 2023.

Lantas, siapa sebetulnya Abdullah Almutairi ini? Berikut profilnya.

Pemain timnas Nepal Rohit Chand (kiri) memberikan salam pada pendukungnya saat Babak Penyisihan Grup D melawan Jepang pada Asian Games 2018 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Jawa Barat, Senin (6/8). (ANTARA/INASGOC/Djuli Pamungkas)
Pemain timnas Nepal Rohit Chand (kiri) memberikan salam pada pendukungnya saat Babak Penyisihan Grup D melawan Jepang pada Asian Games 2018 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Jawa Barat, Senin (6/8). (ANTARA/INASGOC/Djuli Pamungkas)

Profil Abdullah Almutairi

Almutairi merupakan sosok kelahiran Kuwait pada 18 Desember 1981. Tidak banyak informasi yang bisa digali dari sosok yang kini berusia 40 tahun tersebut.

Dia diketahui mulai melatih secara profesional pada 2017 saat menangani tim bernama Radhwa. Selama dua tahun di sana, Abdullah Almutairi kemudian pindah ke Al-Shahania U-23.

Usai melatih di sana yang hanya berlangsung hitungan bulan, Abdullah Almutairi kemudian ditunjuk sebagai pelatih Kyrgyztan U-17.

Tercatat Abdullah Almutairi cuma satu tahun saja menjadi nahkoda dari Kyrgyzstan U-17.

Dia kemudian ditunjuk menjadi pelatih Timnas Nepal pada 2021. Sempat terjadi konflik di awal kepemimpinannya karena dia tiba-tiba meminta mengundurkan diri.

Hal ini dikarenakan Abdullah Almutairi menuduh telah terjadi kepentingan politik yang bikin sepak bola Nepal tidak maju. Hal ini membuat ANFA meminta diadakan investigasi untuk Kementerian Olahraga Nepal.

Meski begitu, Abdullah Almutairi sebetulnya cukup sukses membuat penampilan Nepal membaik. Ini dibuktikan dengan keberhasilannya membawa Nepal ke final Saff Championship untuk pertama kali dalam sejarah.

(Kontributor: Aditia Rizki)

Berita Terkait

Berita Terkini