Boladunia

3 Negara yang Batal Tampil di Piala Dunia Meski Sudah Lolos, Timnas Iran Menyusul

Timnas Iran dikabarkan menjadi negara terbaru yang bakal batal tampil

Irwan Febri Rialdi

Para pemain Timnas Iran melakukan selebrasi usai lolos ke Piala Dunia 2022. (ATTA KENARE / AFP)
Para pemain Timnas Iran melakukan selebrasi usai lolos ke Piala Dunia 2022. (ATTA KENARE / AFP)

Bolatimes.com - Lolos dari babak kualifikasi ternyata bukan jaminan suatu negara bisa tampil di ajang Piala Dunia, Iran dalam bayang-bayang terdepak meski sudah mengamankan tiket ke putaran final Piala Dunia 2022.

Dunia sepak bola tengah dihebohkan insiden di Iran, di mana para penonton wanita yang sudah membeli tiker pertandingan dilarang memasuki stadion dalam Kualifikasi Piala Dunia Qatar 2022.

Akibat insiden itu, Iran saat ini tengah dihantui dampak buruk dalam kelanjutan perjuangan mereka di Piala Dunia 2022 meski sudah memastikan satu tiket ke Qatar.

Usut punya usut, kejadian seperti bukanlah hal baru dalam dunia sepak bola, beberapa kasus berikut ini bahkan membuat negara peserta ditolak tampil di Piala Dunia meski sudah punya tiket.

1. Skotlandia

Skotlandia gagal mentas di Piala Dunia 1950 setelah gagal menjadi juara di ajang Home Championship, kondisi ini sebenarnya sudah diungkap Ketua Asosiasi Sepak Bola Skotlandia (SFA), George Abrham.

Ia menegaskan Skotlandia tidak akan ke Brasil jika negaranya gagal menjadi pemenang pertama di turnamen tersebut, Skotlandia berada di urutan kedua.

Tepat di belakang Inggris, George Young yang saat itu menjadi kapten Skotlandia sebenarnya sudah meminta SFA untuk tetap pergi ke Piala Dunia 1950.

Namun SFA tetap pada pendirian, menolak permintaan itu dan tak mau berlaga d Piala Dunia 1950 meskii sudah dipastikan lolos ke putaran final.

2. Turki

Berbeda dengan Skotlandia yang ogah berangkat ke Brasil karena gagal juara di kompetisi tertentu, Turki memiliki alasan cukup konyol tetapi bisa dimaklumi.

Turki menolak bermain di Piala Dunia 1950 Brasil dengan alasan biaya perjalanan ke Amerika Selatan sangat mahal, karena itulah mereka memutuskan mundur dari turnamen.

Gara-gara Skotlandia dan Turki yang menarik diri dari turnamen empat tahunan itu, Piala Dunia 1950 hanya diikuti 13 tim.

3. India

Kejadian unik pernah terjadi di Piala Dunia 1950 dari salah satu kontestan asal Asia, yakni India yang dilarang tampil bermain di ajang tersebut.

FIFA melarang India tampil di Piala Dunia 1950 setelah para pemain negara tersebut nekat bermain tanpa menggunakan sepatu alias nyeker.

Meskipun penampilan India saat itu luar biasa hingga memastikan langkah ke putaran final Piala Dunia 1950, meski kabar lain menyebutkan jika gagalnya India di ajang tersebut karena dana.

India memiliki masalah ekonomi, lantaran biaya transportasi ke Brasil tidak murah dan hal itu membuat tak ada satu pun wakil Asia yang bermain di Piala Dunia 1950 Brasil.

Berita Terkait

Berita Terkini