Selain Suzuki, Ini 4 Pabrikan Legendaris MotoGP yang Kini Lenyap

Suzuki resmi mundur dari MotoGP, inilah pabrikan-pabrikan pendahulu Suzuki yang mundur lebih dulu

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Minggu, 15 Mei 2022 | 21:00 WIB
Rider andalan Suzuki Ecstar tampil dalam MotoGP Prancis yang digelar di Sirkuit Le Mans, Minggu (16/5/2021) malam WIB. [JEAN-FRANCOIS MONIER / AFP]

Rider andalan Suzuki Ecstar tampil dalam MotoGP Prancis yang digelar di Sirkuit Le Mans, Minggu (16/5/2021) malam WIB. [JEAN-FRANCOIS MONIER / AFP]

Bolatimes.com - Suzuki memastikan diri tidak akan lagi menjadi bagian dari balapan motor paling bergengsi di dunia, MotoGP. Musim 2022 akan menjadi musim terakhir buat pabrikan asal Jepang ini.

Alasan Suzuki memutuskan untuk tak lagi ambil bagian di balapan MotoGP adalah masalah finansial dan keinginan mereka untuk fokus pada pengembangan teknologi.

"Kami ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Tim Suzuki Ecstar kami, kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan balap motor Suzuki selama bertahun-tahun dan kepada semua penggemar Suzuki yang telah memberikan dukungan antusiasnya kepada kami," tulis Suzuki dikutip dari laman Suzuki Global yang disitat Jumat (13/5/2022).

Baca Juga: Hasil SEA Games 2021: Timnas Voli Putri Indonesia Menang Telak atas Malaysia

Kabar menyoal hengkangnya Suzuki dari MotoGP sebetulnya sudah terdengar sejak lama. Dorna Sports selaku operator MotoGP disebut-sebut kini punya 2 tim kandidat pengganti Suzuki.

Adapun, hengkangnya Suzuki dari MotoGP sangat disayangkan karena mereka adalah salah satu pabrikan terlama di dunia balapan motor.

Total ada 16 gelar yang diraih Suzuki selama bergulirnya grand prix. Terbaru, Suzuki menjadi kampiun MotoGP 2020 melalui pebalap asal Spanyol, Joan Mir.

Baca Juga: Kalah dari Lakshya Sen di Final Piala Thomas, Ginting: Lapangannya Benar-benar Sulit!

Selain Suzuki, ternyata ada tim-tim MotoGP lain yang legendaris, namun kini sudah tinggal sejarah. Siapa saja mereka?

1. AJS

Pabrikan motor asal Inggris, AJS atau A.J. Stevens & Co. Ltd menjadi pabrikan yang pebalapnya pertama kali menjadi juara di kelas MotoGP atau saat itu di kelas 500cc.

Baca Juga: Arema FC akan Uji Coba Lawan PSIS Semarang, Home-Away

Saat itu, pebalap asal Inggris, Harold Daniell, menjadi pebalap pertama yang memenangi balapan 500 cc di tahun 1949. Lalu Leslie Graham yang juga asal Inggris, meraih gelar juara di akhir musim 1949.

Ini menjadi gelar satu-satunya yang dimiliki oleh AJS sebelum akhirnya keluar pada 1954. Mereka sempat kembali pada 1966, namun tak bisa bersaing dengan tim lain.

2. Norton

Baca Juga: Link Live Streaming Timnas Indonesia U-23 vs Myanmar, Ayo Lolos Semifinal!

Sudah sejak tahun 1949, pabrikan motor asal Inggris ini ikut balapan di MotoGP. Namun, mereka tak mampu bersaing dengan pabrikan lainnya.

Meski begitu, satu gelar sempat diraih oleh tim Norton melalui Geoff Duke pada musim 1951. Norton kemudian keluar dari dunia MotoGP pada 1971.

3. Gilera

Gilera yang merupakan pabrikan motor asal Italia, mengantongi enam gelar juara dunia MotoGP di kabinet trofi mereka.

Umberto Masetti menjadi pebalap Gilera yang memberikan gelar pada 1950 dan 1952. Pembalap lain yang memberikan gelar juara adalah Geoff Duke dengan tiga gelar, dan Libero Liberati dengan satu gelar.

Setelah kalah bersaing dengan pabrikan lain, khususnya yang berasal dari Jepang, Gilera meninggalkan MotoGP pada 1967.

4. MV Agusta

Satu lagi pabrikan legendaris asal Italia, MV Agusta, yang punya sejarah panjang di MotoGP. Terbentuk pada 1945, mereka sudah mentas di MotoGP sejak 1950

Tercatat ada 18 gelar juara dunia yang berhasil dikoleksi oleh MV Agusta. 17 gelar di antaranya bahkan didapatkan secara beruntun dari tahun 1958 hingga 1974.

Sayangnya, MV Agusta berhenti membalap di MotoGP pada 1976. Motor 4-tak andalan mereka, tidak mampu bersaing dengan motor pabrikan Jepang yang bermesin 2-tak.

Kontributor: Aditia Rizki

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Pebalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia langsung menatap balapan MotoGP 2024 seri selanjutnya di Sirkuit Amerika pada 12-14 April mendatang.

arena | 19:37 WIB

Meskipun tidak meraih kemenangan dalam sprint MotoGP Portugal 2024, Francesco Bagnaia dari tim Ducati tetap kokoh di puncak klasemen sementara. Di hari kedua di Sirkuit Internasional Algarve, Portimao, dia bersaing dalam latihan bebas 2, kualifikasi

arena | 06:22 WIB

Marc Marquez mengakui, jika pebalap muda tim Red Bull GASGAS Tech3, Pedro Acosta menjadi satu di antara pesaing yang harus diwaspadai di MotoGP 2024.

arena | 13:01 WIB

Adapun jadwal siaran langsung MotoGP Portugal 2024, pada Sabtu (23/3/2024) akan memulai ajang Sprint Race pukul 22.00 WIB.

arena | 09:29 WIB

Pebalap Marco Bezzecchi berhasil menumbuhkan kepercayaan dirinya menjelang babak kualifikasi, balapan Sprint, dan balapan utama MotoGP Portugal, yang berlangsung di Sirkuit Algarve Portimao, akhir pekan ini.

arena | 09:04 WIB

Bagnaia menjadi bagian sukses baru Ducati, dan Marquez baru menjalani debut yang tergolong gemilang dengan motor dari pabrikan asal Italia itu.

arena | 11:21 WIB

Pebalap Jorge Martin bereaksi setelah hanya memimpin klasemen MotoGP 2024 dalam waktu singkat, pasca Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) keluar sebagai juara MotoGP Qatar.

arena | 11:06 WIB

Manajer tim Ducati Lenovo, Luigi Dall'Igna menilai strategi Francesco Bagnaia demi meraih kemenangan dalam seri pembuka MotoGP 2024 karena berani mengambil risiko yang besar.

arena | 19:20 WIB

Mereka masing-masing finis di posisi kelima dan tujuh dalam Sprint Race MotoGP Qatar yang berlangsung di Sirkuit Internasional Lusail, pada Sabtu (9/3/2024).

arena | 11:49 WIB

Berstatus sebagai polesitter, Jorge Martin tampil dengan apik sejak lampu hijau dinyalakan pada balapan 11 lap di Sirkuit Internasional Lusai, Sabtu (10/3/2024).

arena | 11:29 WIB

Pebalap tim Prima Pramac, Jorge Martin merebut pole position perdana pada MotoGP 2024, usai menjadi yang tercepat dalam sesi kualifikasi MotoGP Qatar.

arena | 09:46 WIB

Pebalap Alex Rins dan Fabio Quartararo mengakui, bahwa mereka kesulitan ketika berpacu di trek basah, pada sesi latihan bebas (FP) MotoGP Qatar, Jumat (8/3/2024).

arena | 09:29 WIB

Pebalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia mengaku kecewa karena tak bisa tampil maksimal pada sesi latihan bebas MotoGP Qatar, yang digelar di Sirkuit Internasional Lusail, pada Jumat, (8/3/2024).

arena | 13:02 WIB

Sejumlah pebalap MotoGP, mulai dari sang juara dunia dua kali Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) hingga Marc Marquez (Gresini Racing) optimistis memulai musim 2024.

arena | 08:43 WIB

Pengumuman tersebut, disampaikan langsung tim Ducati Corse melalui media sosial X (Twitter) beberapa hari jelang gelaran MotoGP 2024 di Sirkuit Internasional Lusail, Qatar akhir pekan ini.

arena | 09:39 WIB

Hal tersebut, jelas menjadi kabar baik bagi tim pabrikan asal Jepang itu menjelang balapan perdana MotoGP 2024 di Sirkuit Internasional Lusail, Qatar pada Maret mendatang.

arena | 10:51 WIB

Pebalap Jorge Martin mengaku siap tancap gas untuk menjadi penantang sang juara bertahan Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) di MotoGP 2024.

arena | 10:26 WIB

Dua pebalap tim Aprilia Racing, Aleix Espargaro dan Maverick Vinales mengaku tak sabar untuk memulai balapan di MotoGP 2024. Adapun balapan perdana akan digelar di Sirkuit Internasional Lusail, dalam jadwal MotoGP Qatar 2024 dimulai pada 8-10 Maret.

arena | 08:32 WIB
Tampilkan lebih banyak