Timespedia

Mengenal Teknik Dasar Melakukan Lompat Jauh

Berikut macam-macam teknis dasar lompat jauh.

Rauhanda Riyantama

Ilustrasi lompat jauh. (AFP)
Ilustrasi lompat jauh. (AFP)

Bolatimes.com - Lompat jauh merupakan salah satu olahraga yang cukup populer di dunia ini. Untuk melakukannya, ada beberapa teknik dasar yang harus dicermati agar menghasilkan jarak yang maksimal.

Teknik dasar dalam melakukan lompat jauh ini meliputi sejumlah tahap-tahapan serta gerakan yang harus dilakukan agar lompatan yang dihasilkan bisa menjangkau jarak yang jauh.

Hal ini karena lompat jauh adalah gerakan melompat untuk membawa titik berat badan selama mungkin di udara sehingga bisa mencapai jarak yang sejauh-jauhnya.

Teknik-teknik dasar dalam melakukan lompat jauh ini bisa memberikan keuntungan bagi seorang pelompat, terutama ketika mengikuti perlombaan.

Berikut Bolatimes.com menyajikan sejumlah teknik dasar dalam lompat jauh agar bisa menghasilkan jarak lompatan yang sejauh-jauhnya.

1. Teknik Awalan

Teknik pertama yang harus diperhatikan ketika melakukan lompat jauh adalah awalan. Sebab, ini menjadi tahap paling awal dan juga berfungsi sebagai ancang-ancang saat melakukan lompat jauh.

Untuk menghasilkan lompatan yang jauh, maka seorang atlet harus mengambil ancang-ancang dengan berlari sekencang mungkin untuk mendapatkan kecepatan yang maksimal.

Berlari dengan secepat mungkin ini berfungsi untuk memperoleh kecepatan horizontal secara maksimal yang nantinya akan diubah menjadi kecepatan vertikal saat melakukan lompatan.

2. Teknik Tolakan

Selanjutnya, teknik tolakan merupakan tahapan kedua yang juga sangat penting dalam lompat jauh. Tolakan merupakan momen berubahnya kecepatan horizontal yang diperoleh ketika berlari menjadi kecepatan vertikal.

Salah satu tekniknya yakni menggunakan kaki paling kuat dalam melakukan tolakan. Sehingga, seluruh tubuh akan terangkat ke atas dan melambung di udara.

Kunci penting dari teknik tolakan ini ialah mengkombinasikan kecepatan berlari dan kekuatan di kaki untuk menghasilkan tolakan yang maksimal.

3. Sikap Melayang

Teknik selanjutnya yang juga berpengaruh terhadap hasil lompatan ialah teknik melayang atau sikap badan ketika sudah berada di udara.

Gerakan ini harus dilakukan setelah kaki meninggalkan balok tumpuan. Seorang atlet harus menjaga keseimbangannya ketika sudah berada di udara.

Sebab, keseimbangan ini akan berpengaruh pada teknik selanjutnya, yakni pendaratan. Apabila tubuh tidak terjaga keseimbangannya di udara, maka seorang pelompat bisa gagal dalam melakukan pendaratan.

4. Teknik Pendaratan

Saat akan melakukan pendaratan, salah satu cara yang efektif ialah mengangkat kedua kaki menjulur ke depan dengan cara mengangkat paha ke atas.

Badan juga harus dibungkukkan, kedua tangan diletakkan ke depan. Lalu, saat momen pendaratan, bagian kaki pertama yang menginjak tanah ialah tumit terlebih dahulu.

Kedua kaki juga sebaiknya berhimpitan untuk mengurangi guncangan pada kaki dan lutut. Selain itu, tidak disarankan untuk mendarat menggunakan bokong karena bisa menyebabkan cedera.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini