5 Fakta Tentang Allegri yang Digadang Bakal Tukangi Manchester United

Kehebatan Allegri sementara ini baru teruji di Serie A.

Galih Priatmojo | BolaTimes.com
Kamis, 17 Oktober 2019 | 15:00 WIB
Mantan Pelatih Juventus, Massimiliano Allegri. (MARCO BERTORELLO / AFP)

Mantan Pelatih Juventus, Massimiliano Allegri. (MARCO BERTORELLO / AFP)

Bolatimes.com - Ole Gunnar Solskjaer santer dikabarkan bakal terdepak dari kursi manajer Manchester United. Sebagai gantinya, muncul nama eks juru taktik Juventus, Massimiliano Allegri.

Menjadi kandidat kuat menggantikan peran Solskjaer, Allegri nyatanya menyimpan sejumlah prestasi yang cukup oke. Faktor inilah yang diharapkan bisa menular pada skuat Setan Merah yang tengah dalam pesakitan. 

Solskjaer sendiri saat ini dalam situasi kritis. Dari delapan laga yang dilakoni di kompetisi Liga Inggris, Setan Merah hanya dua kali mengemas hasil manis.

Baca Juga: Kedapatan Bawa Sabu, Pelatih Balap Sepeda Ini Terancam Tak Ikut SEA Games

Dikutip dari Tuttosport, manajemen Manchester United telah melakukan negosiasi dengan Masimilliano Allegri yang kabarnya dipersiapkan untuk menggantikan Ole.

Berikut beberapa fakta dan prestasi Allegri yang digadang-gadang menjadi pelatih baru untuk Manchester United

1. Persembahkan gelar scudetto lima kali berturut-turut untuk Juventus

Baca Juga: Tak Gentar Hadapi Persebaya, Gelandang Persib Yakin Bisa Menang

Pelatih kelahiran Livorno, Italia ini dinilai sukses menukangi si Nyonya Tua. Resmi bergabung menjadi pelatih kepala pada 2014 silam, Allegri sukses memberikan gelar scudetto lima kali berturut-turut hingga musim 2018/19.

Pada musim yang sama, pelatih 52 tahun ini juga menyumbangkan trofi juara Piala Super Italia untuk kedua kalinya bagi Juventus.  

Pelatih Juventus, Massimiliano Allegri. [Marco Bertorello / AFP]
Pelatih Juventus, Massimiliano Allegri. [Marco Bertorello / AFP]

2. Pelatih pertama yang mampu meraih dua gelar sebanyak empat kali beruntun

Baca Juga: Persija Masuk Zona Degradasi, Ramdani Lestaluhu Salahkan Pemain

Tak hanya meraih scudetto, sejak debutnya bersama Juventus 2014 lalu, sang pelatih juga sukses menggondol trofi Coppa Italia musim 2014/15-2017/18. Artinya selama empat musim Allegri meraih juara Coppa Italia dan Serie A secara beruntun.

Atas prestasinya tersebut, Allegri disebut sebagai pelatih pertama yang sukses mempertahankan dua trofi domestik empat kali berturut-turut.

Pelatih Juventus, Massimiliano Allegri. (OSCAR DEL POZO / AFP)
Pelatih Juventus, Massimiliano Allegri. (OSCAR DEL POZO / AFP)

3. Sukses tukangi AC Milan

Baca Juga: Persebaya Dapat Dua Keuntungan Jelang Hadapi Persib Bandung di Bali

Bergabung pada 25 Juni 2010, Allegri langsung memberi angin segar dengan menjuarai Seria A musim 2010/11.

Namun, gelar juara tersebut hanya dia torehkan sekali. Pada musim 2011/12, I Rossoneri hanya mampu menjuarai satu trofi, yakni Piala Super Italia.

Pelatih Juventus, Massimiliano Allegri memberi instruksi pada laga lanjutan Liga Italia 2018/2019 kontra Udinese di Dacia Arena, Minggu (7/10/2018) dini hari WIB. [Miguel MEDINA / AFP]
Pelatih Juventus, Massimiliano Allegri memberi instruksi pada laga lanjutan Liga Italia 2018/2019 kontra Udinese di Dacia Arena, Minggu (7/10/2018) dini hari WIB. [Miguel MEDINA / AFP]

4. Memiliki hubungan yang buruk dengan suporter Bianconeri

Allegri memiliki hubungan yang kurang begitu baik terhadap suporter Juventus. Meski telah menyumbangkan banyak gelar kepada klub, tetap saja ketidaksukaan suporter terhadap Allegri tak menghilang.

Sebelumnya, awal kedatangan Allegri ke Allianz Arena, Turin sudah tak mendapat respon positif dari suporter. Hasilnya Allegri resmi mundur dari kursi kepelatihan akhir musim 2018/19.

Reaksi pelatih Juventus Massimiliano Allegri usai timnya dikalahkan Lazio di ajang Supercoppa Italia [AFP]
Reaksi pelatih Juventus Massimiliano Allegri usai timnya dikalahkan Lazio di ajang Supercoppa Italia [AFP]

4. Allegri Membatasi diri terhadap official dan para pemain Juventus

Rumor ini dinilai menjadi faktor lain yang menyebabkan Allegri hengkang dari Juventus. Sikapnya yang menjaga jarak dengan tim, menimbulkan krisis kepercayaan dari para pemain dan official.

Ia bahkan disebut mengunci akun jejaring sosial pribadinya.

Pelatih Juventus Massimiliano Allegri memimpin skuatnya di sesi latihan sebelum menghadapi Young Boys di Liga Champions. Marco BERTORELLO / AFP
Pelatih Juventus Massimiliano Allegri memimpin skuatnya di sesi latihan sebelum menghadapi Young Boys di Liga Champions. Marco BERTORELLO / AFP

5. Belum pernah menukangi klub selain di Italia

Rencana mendatangkan Allegri ke klub Inggris dianggap layaknya judi. Pasalnya, pelatih yang mendapatkan penghargaan sebagai juru racik terbaik Serie A tiga kali ini belum pernah menukangi klub selain di negara kelahirannya. Ia tercatat menjadi pelatih Aglianese, SPAL, Grosseto, Lecco, Sassuolo, Cagliari, AC Milan dan Juventus.

Pelatih Juventus Massimiliano Allegri [Shutterstock]
Pelatih Juventus Massimiliano Allegri 

 

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Sporting Director PT Persib Teddy Tjahjono membantah tudingan yang menyebutkan dirinya sebagai saksi yang memberatkan dalam persidangan kasus kericuhan yang melibatkan Bobotoh

liga | 17:40 WIB

Bek Persib Bandung Henhen Herdiana tidak pernah menyangka akan melakoni 100 pertandingan bersama Pangeran Biru. Sejak promosi dari Diklat Persib 2016 silam, Henhen tak pernah membayangkan bisa bermain hingga sejauh ini.

liga | 11:07 WIB

David da Silva akhirnya berdamai dengan Persib Bandung setelah proses administasi telah diselesaikan

liga | 16:08 WIB

Berbagai pertimbangan dilakukan oleh PT Liga Indonesia Baru sebelum memutuskan kembali menggulirkan Liga 1 2023/2024 pada 15 April 2024 mendatang

liga | 15:35 WIB

FIFA menjatuhkan sanksi untuk lima tim Indonesia, satu di antaranya Persija Jakarta. Macan Kemayoran tak bisa melakukan transfer pemain selama tiga musim.

liga | 13:04 WIB

Pelatih Persib Bojan Hodak memberikan waktu libur untuk anak asuhnya selama tiga hari. Jeda kompetisi Liga 1 2023/2024 selama Piala Asia U-23 2024 di Qatar membuat tim punya waktu luang dalam masa persiapan

liga | 16:08 WIB

Gelandang Persib Bandung Stefano Beltrame tak mau santai walau Liga 1 2023/2024 terjeda selama gelaran Piala Asia U-23 2024 di Qatar.

liga | 14:13 WIB

Pemain Persib Bandung Ryan Kurnia mengambil sisi positif dari jeda Liga 1 2023/2024 selama gelaran Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Ryan bisa menjalani pemulihan cedera selama jeda kompetisi.

liga | 13:57 WIB

Adapun jadwal Liga 1 pekan ke-31 hingga pekan ke-34, dan jadwal Championship Series dijadwalkan kembali oleh operator komisi, yakni PT Liga Indonesia Baru (LIB) dalam waktu dekat.

liga | 19:50 WIB

Pelatih Persib Bandung Bojan Hodak melihat sisi positif dari penundaan kompetisi Liga 1 2023/2024 selama Piala Asia 2023

liga | 16:04 WIB

Sementara dalam jadwal Liga 1 2023/2024 pekan ke-31, Persib akan melakukan lawatan ke markas Persita Tangerang, pada Selasa (2/4/2024).

liga | 14:04 WIB

Duel Bali United vs Persija akan berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, pada Sabtu, (30/3/2024) kick off pukul 20.00 WIB.

liga | 13:27 WIB

Pebalap Marc Marquez angkat bicara mengenai insiden yang menimpanya dengan Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) pada balapan di Sirkuit Algarve, Portimao, seri MotoGP Portugal, pada Minggu, (24/3/2024).

liga | 20:01 WIB

Beckham Putra akan bergabung dengan Timnas U-23 Indonesia yang akan berlaga di ajang Piala Asia U-23 2024 yang bertempat di Qatar.

liga | 17:02 WIB

Beckham Putra dan rekan-rekan Persib lainnya ingin menjaga ritme kemenangan karena tengah berada dalam tren positif di empat laga terakhir.

liga | 16:31 WIB

Waktu yang tersedia bagi Ten Hag bersama Man United disebut-sebut tidak banyak, terutama setelah kedatangan Sir Jim Ratcliffe.

liga | 08:00 WIB

Thomas Tuchel, pelatih saat ini dari Bayern Muenchen, juga mungkin tersedia setelah dia memutuskan untuk meninggalkan klub tersebut pada musim panas.

liga | 07:30 WIB

David da Silva tak jemawa meski berhasil mencetak brace dan membawa kemenangan Persib 1-3 atas Persikabo. Sebaliknya, ia mengucapkan selamat kepada rekan-rekannya usai pertandingan.

liga | 15:00 WIB
Tampilkan lebih banyak