Liga

Ini Risiko Besar yang Ditanggung AC Milan Jika Tak Lolos Liga Champions

AC Milan butuh keajaiban untuk dapat satu tiket ke Liga Champions musim depan.

Galih Priatmojo

Selebrasi pemain AC Milan usai merayakan gol ke gawang Bologna. (Miguel Medina/AFP).
Selebrasi pemain AC Milan usai merayakan gol ke gawang Bologna. (Miguel Medina/AFP).

Bolatimes.com - AC Milan bakal menanggung risiko besar jika gagal lolos ke fase grup Liga Champions 2019-2020.

Jelang melakoni laga pamungkas Serie A, AC Milan dalam situasi deg-degan. Bagaimana tidak, mereka wajib menang atas SPAL.

Tak hanya menang, skuat asuhan Gennaro Gattuso juga wajib berdoa agar rivalnya Inter Milan tergelincir saat menghadapi Empoli, Senin (27/5/2019) dini hari besok.

Sebab, akan menjadi percuma jikalau menang menghadapi SPAL, namun di pertandingan lain Inter mampu mempecundangi Empoli.

Apabila ini terjadi, bisa dipastikan peluang AC Milan untuk tembus ke fase grup Liga Champions musim depan bakal pupus.

Seperti diketahui saat ini AC Milan berada di posisi kelima klasemen sementara Serie A dengan raihan 65 poin. Jumlah itu hanya selisih satu poin dari Inter Milan yang bertengger di posisi keempat klasemen.

Nah, gagal lolos ke Liga Champions bagi AC Milan bukanlah sesuatu yang mudah untuk diterima. Lantaran ada sejumlah konsekuensi besar yang bakal ditanggung.

Pelatih AC Milan, Gennaro Gattuso di bench saat timnya menjamu Lazio pada laga giornata ke-13 Liga Italia 2018/2019 di San Siro, Senin (26/11/2018) [Filippo MONTEFORTE / AFP]
Pelatih AC Milan, Gennaro Gattuso di bench saat timnya menjamu Lazio pada laga giornata ke-13 Liga Italia 2018/2019 di San Siro, Senin (26/11/2018) [Filippo MONTEFORTE / AFP]

 

Dilansir dari Calciomercato, kalau AC Milan tak mampu menembus empat besar Serie A atau dengan kata lain tak bisa melenggang ke fase grup Liga Champions, maka dapat dipastikan Rossoneri bakal kehilangan sumber dana yang cukup besar. Jika dihitung dari skala paling kecil, Milan bisa kehilangan dana mulai dari 50 juta euro atau sekitar Rp809 miliar.

Seandainya ini benar terjadi, Milan mau tak mau harus menjual sejumlah pemain bintangnya demi menyeimbangkan neraca keuangan klub. Mereka diyakini tak mampu menghindar dari aksi cuci gudang ini sebab kalau nekat maka Milan akan berurusan dengan pelanggaran Financial Fair Play (FFP) yang diterapkan UEFA.

Lantas siapakah pemain bintang yang bakal dikorbankan? rumor beredar bahwa Milan kemungkinan akan melego Gianluigi Donnarumma, Alessio Romagnoli, Suso hingga Krzysztof Piatek. Alasan keempatnya yang bakal jadi target cuci gudang terutama mempertimbangkan nilai jualnya yang tinggi.

Sebut saja seperti Donnarumma. Pemain yang masih memiliki kontrak hingga 2021 ini punya bandrol hingga 50 juta euro atau sekitar Rp800 miliar. Sedangkan Romagnoli memiliki nilai sebesar 60 juta euro atau setara dengan Rp 967 miliar.

Dan, jika pada akhirnya opsi cuci gudang ini harus diambil, Milan akan menanggung efek yang tak ringan. Penurunan kualitas tim bakal jadi momok di musim mendatang.

 

Berita Terkait

Berita Terkini