Kisah Jordon Ibe, Eks Liverpool Berjuang Mati-matian Mengatasi Depresi

Jordon Ibe mengalami depresi selama empat tahun.

Husna Rahmayunita | BolaTimes.com
Minggu, 14 November 2021 | 09:33 WIB
Jordon Ibe saat membela Liverpool pada 2015. (AFP/Adrian Dennis)

Jordon Ibe saat membela Liverpool pada 2015. (AFP/Adrian Dennis)

Bolatimes.com - Cerita menyentuh hati datang dari mantan pemain Liverpool, Jordon Ibe yang berjuang keras melawan depresi selama bertahun-tahun.

Jordon Ibe, yang digadang-gadang sebagai the Next Raheem Sterling milik Liverpool butuh empat tahun mengatasi depresi. Pengakuannya mengundang atensi publik.

Dia sempat mengalami peningkatan performa di bawah asuhan Juergen Klopp setelah Raheem Sterling dilego ke Manchester City. 

Baca Juga: Kualifikasi Piala Dunia 2022: Prancis Lolos usai Bantai Kazakhstan 8-0

Sempat digadang-gadang sebagai penerus Raheem Sterling di lini depan Liverpool, karier Jordon Ibe malah semakin mengalami penurunan.

Bergabung Liverpool sejak usia muda, Jordon Ibe sempat membela skuat utama The Reds selama lima tahun meskipun tak selalu jadi starter.

Naik turun performa Ibe membuat Klopp seolah menyerah dan memilih melepas sang pemain untuk pergi dari Anfield.

Baca Juga: Cari Pengganti Steven Gerrard, Rangers Incar Pelatih Keturunan Indonesia

Namun ternyata, Ibe memiliki masalah mental selama berkarier sebagai pesepak bola profesional dan hal ini baru diakuinya di awal tahun 2021.

Curhat Jordon Ibe. (Instagram/jordon_ibe)
Curhat Jordon Ibe. (Instagram/jordon_ibe)

Lewat sebuah tulisan yang diunggah pada akun Instagram pribadi, Ibe menjelaskan momen-momen yang membuat dirinya berada di bawah tekanan.

"Saya telah menemukan diri saya di tempat yang gelap karena menderita depresi," tulis Jordon Ibe.

Baca Juga: Hasil Kualifikasi Piala Dunia: Belgia Resmi Lolos, Wales Peluang Pay-off

"Saya menghargai semua cinta dan pesan dari semua orang. Masa-masa sulit secara umum disebabkan karena pandemi ini.

"Saya ingin memperbaiki diri saya sendiri dari situasi ini, saya yakin 100 persen. Tidak hanya untuk keluarga saya, teman dekat, dan anak perempuan saya.

"Akan tetapi ini untuk saya," imbuhnya.

Baca Juga: Jadi Andalan, Ini Deretan Pemain Liverpool yang Capai 300 Laga

Ibe mungkin jadi cemooh dari fan klub yang dibelanya tanpa mengetahui, dia menyembunyikan masalah kesehatan mentalnya selama bertahun-tahun.

Bahkan hal ini dirahasiakan Ibe dari orang-orang terdekat dan keluarganya, Ibe pun bersyukur keputusan yang diambil membuatnya nyawa dan masa depannya terselamatkan.

"Itu menjadi saat tergelap dalam hidup saya. Sejujurnya itu adalah teriakan minta tolong," ucap Ibe setelah sembilan bulan mengaku, dikutip dari Sportbible.

"Saya merasa perlu berbicara, karena jika tidak, saya tidak tahu apa yang bisa terjadi. Ini adalah hal baik yang saya lakukan.

"Saya tidak berusaha membuat orang merasa kasihan kepada saya. Saya merasa sangat penting untuk berbicara secara terbuka, terutama kepada keluarga saya.

"Karena Anda tak tahu apa yang bisa datang dari kesehatan mental. Saya telah mengalami depresi selama empat tahun terakhir," imbuhnya.

Ibe menjadi salah satu pemain Liga Inggris yang berani mengungkapkan keluhan terhadap kesehatan mental yang dialami.

Sebelumnya, Jack Wilshere dan Phil Jones juga sempat mengutarakan hal yang sama, salah satu faktor adalah sikap suporter yang mencemooh mereka lewat media sosial.

Padahal menurut Ibe, hal yang mungkin dianggap sepele oleh sejumlah kalangan dengan mencemooh pemain berdampak sangat fatal terhadap pemain tersebut.

"Anda tidak menyadari dampak yang Anda alami pada kehidupan orang itu dan bagaimana hal itu dapat memengaruhi kesehatan mental mereka," ujar Ibe.

"Itu bukan sesuatu yang pantas dijadikan lelucon," imbuhnya.

Kontributor: Eko
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Persib Bandung berbagi kebahagiaan di bulan Ramadan dengan mengunjungi Panti Sosial Tresna Werdha Budi Pertiwi di Jl. Sancang, Bandung, Selasa (26/3) .

bolatainment | 16:22 WIB

kegemaran Gen-Z berolahraga ini tampak dengan kehadiran mereka yang sangat antusias daat pembukaan toko JD Sport di Bandung. Acara di sana terlihat menjadi sorotan utama bagi generasi muda, khususnya Gen Z.

bolatainment | 15:47 WIB

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong balik ke kampung halamannya, Korea Selatan ketika tim Garuda memasuki masa libur.

bolatainment | 14:37 WIB

Bidadari voli Indonesia, Yolla Yuliana memperkenalkan sosok yang akan mengubahnya loging status baru. Janda cantik ini membuka sosok lelaki yang akan jadi imamnya.

bolatainment | 12:40 WIB

Pemain Israel, Sagiv Jehezkel yang membela klub Turki, Antalyaspor diamankan aparat setempat usai menunjukkan pesan diduga mengacu pada perang Israel-Hamas.

bolatainment | 06:47 WIB

Azizah Salsha, istri Pratama Arhan salah satu bek Timnas Indonesia blak-blakan alasan belum ingin punya momongan.

bolatainment | 10:24 WIB

Maria Vania, sosok yang familiar dalam acara olahraga di saluran televisi terkemuka Indonesia, terus mempertahankan penampilannya sebagai seorang presenter dan figur publik.

bolatainment | 09:55 WIB

Berikut adalah beberapa pevoli cantik Indonesia yang sebanding dengan kecantikan Yolla.

bolatainment | 22:38 WIB

Budi Sudarsono eks pemain Timnas dengan julukan "Si Piton" membeberkan perbedaan timnas pada zamanya dengan saat ini dibawah asuhan Shin tae-yong

bolatainment | 09:00 WIB

Witan Sulaiman rela meninggalkan istrinya yang tengah hamil tua demi bergabung bersama Timnas Indonesia untuk pemusatan latihan di Turki jelang Piala Asia

bolatainment | 21:17 WIB

Alasan Andre Rosiade Nikahkan Putrinya, Azizah Salsha dengan Pratama Arhan, Bek Timnas Indonesia

bolatainment | 17:00 WIB

Jawab cepat Pratama Arhan, gombalan Bek Timnas bikin Azizah Salsha meleyot hingga sebut coach Shin Tae-yong pelatih paling galak.

bolatainment | 15:58 WIB

Mengenal sosok Aislin Konig, tunangan Justin Hubner pemain Timnas Indonesia dengan nilai pasar tertinggi.

bolatainment | 14:41 WIB

Asnawi Mangkualam kapten Timnas Indonesia selain dirumorkan memiliki hubungan dengan Fuji kini jada sosok artis ini yang juga diisukan sedang dekatnya

bolatainment | 09:15 WIB

Ekspresi Asnawi Mangkualam, Kapten Timnas Indonesia jadi sorotan saat rayakan ulang tahun Steffi Zamora

bolatainment | 08:17 WIB

Tarif endorsment Azizah Salsha, istri Pratama Arhan bikin mata melongok

bolatainment | 15:56 WIB

Istri salah satu pemain Timnas Indonesia Azizah Salsha pakai hijab, Pratama Arhan berikan doa menyentuh untuk sang istri.

bolatainment | 10:43 WIB

Pemain PSIS Semarang sekaligus eks Persib Bandung, Gian Zola yang sempat berpacaran dengan Ghea Youbi kini telah melamar seorang perempuan bernama Putri.

bolatainment | 06:31 WIB
Tampilkan lebih banyak