Bolaindonesia

Profil Kim Pan-gon, Waketum Korea FA Calon Pelatih Baru Timnas Malaysia

Kim Pan-gon merupakan mantan pelatih Timnas Hong Kong. Ia saat ini menjabat sebagai wakil ketua umum Korea FA.

Irwan Febri Rialdi

Mantan Pelatih Hong Kong, Kim Pan-gon. (AFP/Jung Yeon-je)
Mantan Pelatih Hong Kong, Kim Pan-gon. (AFP/Jung Yeon-je)

Bolatimes.com - Kim Pan-gon menjadi sosok yang sedang disorot belakangan ini setelah dikabarkan bakal ditunjuk sebagai pelatih baru Timnas Malaysia.

Kursi pelatih Malaysia memang sedang kosong setelah Tan Cheng Hoe mundur usai gagal membawa tim 'Harimau Malaya' berprestasi di Piala AFF 2020.

Federasi sepak bola Malaysia (FAM) dikaitkan dengan 4 nama yaitu  Kim Pan-gon, Kim Byung-soo, Park Jin-sub dan Kim Hak-bum. Namun, dikabarkan bahwa FAM mengerucutkan nama pada Kim Pan-gon.

Saat ini, ia menjabat sebagai wakil ketua Federasi Sepak Bola Korea (KFA). Tak hanya itu, ia juga memiliki cerita dengan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Berikut profil dari sosok yang kini berusia 52 tahun tersebut yang sudah Bolatimes rangkum dari berbagai sumber.

Profil Kim Pan-gon

Kim lahir di Jinju, Korea Selatan, pada 1 Mei 1969. Dia juga dikenal sebagai salah satu pelatih Korea Selatan yang punya karier cukup impresif sebagai pemain.

Karier profesional Kim Pan-gon sebagai pesepak bola dimulai pada 1992 dengan bergabung bersama klub K-League, Ulsan Hyundai.

Saat masih aktif bermain, Kim biasa berposisi sebagai winger dan dikenal punya kemampuan free kick yang mumpuni dengan kaki kirinya.

Kim lantas pindah ke tim Korea Selatan lainnya, Jeonbuk Hyundai Motors pada 1997. Namun, dia tak banyak mendapat kesempatan bermain disana.

Lulusan kampus Honam University tersebut kemudian melanjutkan kariernya ke Hong Kong dengan bergabung bersama klub Instant-Dict pada tahun 2000.

Setelah hanya satu tahun berada di sana, Kim Pan-gon akhirnya pindah ke klub Hong Kong lainnya yaitu Double Flower pada tahun 2001.

Hanya dua musim di sana, Kim kemudian pindah ke klub asal Hong Kong lainnya, Buler Rangers. Di sana, dia juga menjabat sebagai pemain-pelatih.

Setelah satu tahun menjadi pemain sekaligus pelatih, Kim kembali ke Korea Selatan untuk mengambil lisensi kepelatihan. Dia lalu menjadi asisten pelatih di klub Busan I'Park pada 2005 hingga 2008.

Karier sebagai pelatih kepala dimulai Kim Pan-gon benar-benar dimulai ketika ditunjuk sebagai pelatih kepala dari klub asal Hong Kong, South China.

Kim juga ditunjuk sebagai pelatih Hong Kong U-23 dan timnas senior Hong Kong dari 2009 hingga 2010. Dia lalu melepas jabatannya dan kembali ke Korea Selatan karena alasan kesehatan.

Pada 2011, Kim Pan-gon lalu kembali melatih dengan menjadi asisten pelatih di tim Gyeongnam FC. Dia lalu kembali ke Hong Kong pada 2012 dengan menjadi pelatih Hong Kong U-23 dan Timnas Hong Kong hingga akhirnya mundur pada 2017.

Tak butuh waktu lama, Kim Pan-gon kembali ke Korea Selatan, namun kali ini tak bergelut di dunia kepelatihan tetapi ditunjuk sebagai wakil ketua asosiasi sepak bola Korea Selatan pada 2017 hingga sekarang.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini