Bolaindonesia

10 Perbedaan Sepak Bola dan Futsal yang Perlu Diketahui

Ada sejumlah perbedaan mencolok dari kedua jenis olahraga ini.

Husna Rahmayunita

Timnas Futsal Indonesia U-20 kalahkan Iran di matcday ketiga Turnamen CTFA U-20 Futsal Invitation 2019. Skuat Garuda Muda kalahkan peringkat tiga dunia futsal itu dengan skor 3-1. [@futsal_idn /Instagram]
Timnas Futsal Indonesia U-20 kalahkan Iran di matcday ketiga Turnamen CTFA U-20 Futsal Invitation 2019. Skuat Garuda Muda kalahkan peringkat tiga dunia futsal itu dengan skor 3-1. [@futsal_idn /Instagram]

Bolatimes.com - Olahraga futsal seringkali disebut sebagai bentuk lain dari sepak bola karena cara memainkannya yang tak jauh berbeda. Berikut perbedaan sepak bola dan futsal yang perlu diketahui.

Tujuan sepak bola dan futsal sebenarnya sama yaitu memasukkan bola ke gawang lawan untuk mencetak angka. Namun, ada perbedaan mencolok dari kedua jenis olahraga ini.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), futsal memiliki arti jenis permainan sepak bola dalam ruangan dengan ukuran lapangan serta gawang lebih kecil.

Adapun, pengertian sepak bola adalah permainan bola melibatkan dua regu berisikan masing-masing 11 pemain dan berjalan selama 2x45 menit yang ditentukan dari selisih gol antar tim.

Perbedaaan mencolok tentu saja dari luas lapangan pertandingan. Untuk sepak bola umumnya memiliki ukuran panjang 90-120 meter dengan lebar 45-90 meter.

Timnas Futsal Indonesia U-20 saat berhadapan dengan Malaysia di babak kualifikasi zona ASEAN AFC Futsal U-20 di Bangkok, kemarin. [www.the-afc.com]
Timnas Futsal Indonesia U-20 saat berhadapan dengan Malaysia di babak kualifikasi zona ASEAN AFC Futsal U-20 di Bangkok, kemarin. [www.the-afc.com]

Sementara itu, luas ukuran lapangan futsal umumnya memiliki panjang 38-42 meter dan lebar 18-25 meter.

Berikut perbedaan sepak bola dan futsal yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Jumlah Pemain

Sebuah tim sepak bola mengharuskan tim terdiri dari 11 pemain, termasuk penjaga gawang. Sementara untuk futsal, satu tim terdiri dari 5 pemain termasuk penjaga gawang.

2. Waktu Permainan

Sepak bola dan futsal memang sama-sama dimainkan dalam dua babak. Namun, untuk futsal satu babak berdurasi selama 20 menit dan setiap bola offplay, maka waktu pertandingan juga berhenti, sementara di sepak bola bergulir selama 45 menit di satu babak.

3. Ukuran Bola

Bola yang digunakan dalam sepak bola memiliki ukuran lebih besar (lingkar 68-70 cm dan berat maksimal 450 gram), dibandingkan dengan bola yang digunakan dalam futsal (lingkar 63,5-66 cm dan berat maksimal 390 gram).

4. Penjaga Gawang

Di dalam permainan futsal, mengharuskan penjaga gawang memulai permainan kembali dengan melempar bola. Sementara di sepak bola, terjadi tendangan gawang untuk memulai kembali permainan.

5. Bola Keluar Lapangan

Dalam aturan permainan futsal, ketika bola meninggalkan lapangan maka dilakukan tendangan ke dalam dari garis pinggir lapangan. Sementara itu, di sepak bola seorang pemain harus melakukan lemparan ke dalam ketika bola keluar lapangan.

6. Wasit

Di sepak bola perangkat pertandingan terdiri dari 1 wasit utama dan 2 asisten wasit. Jika di futsal ada dua wasit utama.

Di sepak bola, jalur wasit utama harus lari menyilang dari sisi kanan gawang utara ke sisi kanan gawang selatan. Untuk futsal dua wasit daerah operasinya adalah tepi lapangan timur dan barat.

7. Akumulasi Pelanggaran

Di dalam permainan futsal terdapat aturan akumulasi pelanggaran. Jika satu tim melakukan enam kali pelanggaran di setiap babak, maka wasit akan menjatuhkan penalti dari titik kedua.

Momen penalti dari titik kedua ini biasa juga dikenal dengan tendangan bebas langsung. Pemain harus menembak ke arah gawang dan kiper boleh maju sampai bola ditendang.

Sementara di sepak bola tidak ada batasan jumlah pelanggaran. Sehingga dalam satu pertandingan bisa ditemui satu tim melakukan belasan atau puluhan kali pelanggaran.

8. Offside

Peraturan offside hanya berlaku di sepak bola. Jenis pelanggaran ini terjadi saat posisi pemain  menyerang melebihi pemain bertahan terakhir.

Di dalam futsal sama sekali tidak ada aturan offside. Jadi posisi pemain menyerang bisa menggantung di depan.

9. Pergantian Pemain

Di futsal jumlah pergantian pemain tidak terbatas. Pemain yang keluar juga boleh kembali masuk ke lapangan. Momen masuk dan keluar juga bisa dilakukan bersamaan.

Di sepak bola, jumlah pergantian pemain dibatasi. Pada umumnya adalah tiga pergantian pemain. Walaupun di masa pandemi ini ditambah menjadi lima. Di sepak bola pemain yang sudah keluar, tidak boleh masuk lagi.

10. Time Out

Perbedaan mencolok lainnya dari futsal dan sepak bola adalah keberadaan time out. Di futsal, sebuah tim berhak meminta satu kali time out setiap babak, sehingga dalam satu pertandingan satu tim memiliki dua kali kesempatan meminta time out.

Di sepak bola tidak berlaku aturan ini. Meski pada perkembangannya terdapat water break yang diberlakukan ketika pertandingan digelar di cuaca yang sangat panas.

Itulah perbedaan sepak bola dan futsal.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini