10 Perbedaan Sepak Bola dan Futsal yang Perlu Diketahui

Ada sejumlah perbedaan mencolok dari kedua jenis olahraga ini.

Husna Rahmayunita | BolaTimes.com
Rabu, 29 September 2021 | 19:06 WIB
Timnas Futsal Indonesia U-20 kalahkan Iran di matcday ketiga Turnamen CTFA U-20 Futsal Invitation 2019. Skuat Garuda Muda kalahkan peringkat tiga dunia futsal itu dengan skor 3-1. [@futsal_idn /Instagram]

Timnas Futsal Indonesia U-20 kalahkan Iran di matcday ketiga Turnamen CTFA U-20 Futsal Invitation 2019. Skuat Garuda Muda kalahkan peringkat tiga dunia futsal itu dengan skor 3-1. [@futsal_idn /Instagram]

Bolatimes.com - Olahraga futsal seringkali disebut sebagai bentuk lain dari sepak bola karena cara memainkannya yang tak jauh berbeda. Berikut perbedaan sepak bola dan futsal yang perlu diketahui.

Tujuan sepak bola dan futsal sebenarnya sama yaitu memasukkan bola ke gawang lawan untuk mencetak angka. Namun, ada perbedaan mencolok dari kedua jenis olahraga ini.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), futsal memiliki arti jenis permainan sepak bola dalam ruangan dengan ukuran lapangan serta gawang lebih kecil.

Baca Juga: 5 Pesepak Bola Indonesia yang Mendunia, Salah Satunya Pernah Jebol AC Milan

Adapun, pengertian sepak bola adalah permainan bola melibatkan dua regu berisikan masing-masing 11 pemain dan berjalan selama 2x45 menit yang ditentukan dari selisih gol antar tim.

Perbedaaan mencolok tentu saja dari luas lapangan pertandingan. Untuk sepak bola umumnya memiliki ukuran panjang 90-120 meter dengan lebar 45-90 meter.

Timnas Futsal Indonesia U-20 saat berhadapan dengan Malaysia di babak kualifikasi zona ASEAN AFC Futsal U-20 di Bangkok, kemarin. [www.the-afc.com]
Timnas Futsal Indonesia U-20 saat berhadapan dengan Malaysia di babak kualifikasi zona ASEAN AFC Futsal U-20 di Bangkok, kemarin. [www.the-afc.com]

Sementara itu, luas ukuran lapangan futsal umumnya memiliki panjang 38-42 meter dan lebar 18-25 meter.

Baca Juga: Ilija Spasojevic Tak Dipanggil Timnas Indonesia, Netizen Keheranan

Berikut perbedaan sepak bola dan futsal yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Jumlah Pemain

Sebuah tim sepak bola mengharuskan tim terdiri dari 11 pemain, termasuk penjaga gawang. Sementara untuk futsal, satu tim terdiri dari 5 pemain termasuk penjaga gawang.

Baca Juga: Arema FC Raih Kemenangan Perdana, Berikut Klasemen Terbaru Liga 1

2. Waktu Permainan

Sepak bola dan futsal memang sama-sama dimainkan dalam dua babak. Namun, untuk futsal satu babak berdurasi selama 20 menit dan setiap bola offplay, maka waktu pertandingan juga berhenti, sementara di sepak bola bergulir selama 45 menit di satu babak.

3. Ukuran Bola

Baca Juga: Jelang Juventus vs Chelsea, Allegri Sebut Skuatnya Mungkin Kebobolan Banyak

Bola yang digunakan dalam sepak bola memiliki ukuran lebih besar (lingkar 68-70 cm dan berat maksimal 450 gram), dibandingkan dengan bola yang digunakan dalam futsal (lingkar 63,5-66 cm dan berat maksimal 390 gram).

4. Penjaga Gawang

Di dalam permainan futsal, mengharuskan penjaga gawang memulai permainan kembali dengan melempar bola. Sementara di sepak bola, terjadi tendangan gawang untuk memulai kembali permainan.

5. Bola Keluar Lapangan

Dalam aturan permainan futsal, ketika bola meninggalkan lapangan maka dilakukan tendangan ke dalam dari garis pinggir lapangan. Sementara itu, di sepak bola seorang pemain harus melakukan lemparan ke dalam ketika bola keluar lapangan.

6. Wasit

Di sepak bola perangkat pertandingan terdiri dari 1 wasit utama dan 2 asisten wasit. Jika di futsal ada dua wasit utama.

Di sepak bola, jalur wasit utama harus lari menyilang dari sisi kanan gawang utara ke sisi kanan gawang selatan. Untuk futsal dua wasit daerah operasinya adalah tepi lapangan timur dan barat.

7. Akumulasi Pelanggaran

Di dalam permainan futsal terdapat aturan akumulasi pelanggaran. Jika satu tim melakukan enam kali pelanggaran di setiap babak, maka wasit akan menjatuhkan penalti dari titik kedua.

Momen penalti dari titik kedua ini biasa juga dikenal dengan tendangan bebas langsung. Pemain harus menembak ke arah gawang dan kiper boleh maju sampai bola ditendang.

Sementara di sepak bola tidak ada batasan jumlah pelanggaran. Sehingga dalam satu pertandingan bisa ditemui satu tim melakukan belasan atau puluhan kali pelanggaran.

8. Offside

Peraturan offside hanya berlaku di sepak bola. Jenis pelanggaran ini terjadi saat posisi pemain  menyerang melebihi pemain bertahan terakhir.

Di dalam futsal sama sekali tidak ada aturan offside. Jadi posisi pemain menyerang bisa menggantung di depan.

9. Pergantian Pemain

Di futsal jumlah pergantian pemain tidak terbatas. Pemain yang keluar juga boleh kembali masuk ke lapangan. Momen masuk dan keluar juga bisa dilakukan bersamaan.

Di sepak bola, jumlah pergantian pemain dibatasi. Pada umumnya adalah tiga pergantian pemain. Walaupun di masa pandemi ini ditambah menjadi lima. Di sepak bola pemain yang sudah keluar, tidak boleh masuk lagi.

10. Time Out

Perbedaan mencolok lainnya dari futsal dan sepak bola adalah keberadaan time out. Di futsal, sebuah tim berhak meminta satu kali time out setiap babak, sehingga dalam satu pertandingan satu tim memiliki dua kali kesempatan meminta time out.

Di sepak bola tidak berlaku aturan ini. Meski pada perkembangannya terdapat water break yang diberlakukan ketika pertandingan digelar di cuaca yang sangat panas.

Itulah perbedaan sepak bola dan futsal.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak