Boladunia

Kisah Unik Manchester United dan Timnas Belgia Memiliki Julukan Setan Merah

Keduanya sama-sama dijuluki Setan Merah.

Husna Rahmayunita

Manchester United menang dramatis 2-1 lawan Villarreal di Liga Champions. (ANTHONY DEVLIN / AFP)
Manchester United menang dramatis 2-1 lawan Villarreal di Liga Champions. (ANTHONY DEVLIN / AFP)

Bolatimes.com - Setiap tim punya julukan unik yang berbeda-beda. Tapi bagaimana bisa Manchester United dan Timnas Belgia punya julukan yang sama yakni 'Setan Merah’?

Julukan yang dimiliki suatu tim sepak bola biasanya identik dengan warna kebesaran tim atau bahkan logo dari tim itu sendiri.

Sebagai contoh ada Chelsea yang menggunakan julukan The Blues yang mengacu pada warna jerseynya. Hal serupa juga dimiliki timnas Prancis yang punya julukan Les Bleus atau Si Biru.

Selain itu, ada pula julukan yang disesuaikan dengan logo tim, seperti Leicester City yang memiliki julukan The Foxes atau Si Rubah yang ada pada logo klubnya. Julukan-julukan ini menjadi sapaan khas dari tim-tim tersebut.

Lantas bagaimana jika julukan sebuah tim punya kemiripan dengan suatu tim nasional secara arti maupun istilahnya seperti halnya Manchester United dan Belgia yang sama-sama punya julukan Red Devils?

Kira-kira, siapakah yang terlebih dahulu menggunakan julukan Red Devils atau Setan Merah tersebut?

Kisah Julukan The Red Devils di Man United dan Timnas Belgia

Para pemain Timnas Belgia merayakan goal yang diciptakan Romelu Lukaku
Para pemain Timnas Belgia merayakan goal yang diciptakan Romelu Lukaku

Untuk mengetahui siapakah yang terlebih dahulu menggunakan julukan Red Devils antara Manchester United dan Belgia, dibutuhkan penyelaman akan sebab musabab lahirnya julukan ini bagi kedua tim.

Pertama-tama untuk Man United. Julukan Red Devils atau Setan Merah pertama kali dicetus oleh pelatih legendaris mereka, yakni Sir Matt Busby pada tahun 1945.

Sebelumnya, Man United memiliki julukan The Busby Babes yang mengacu pada skuad muda mereka yang berjaya di kancah domestik.

Nama The Busby Babes sendiri mulai dihilangkan dan dianggap tak pantas seiring tragedi Munich yang menewaskan 23 nyawa di mana 8 di antaranya adalah pemain Man United.

Karena hal tersebut, Sir Matt Busby pun mulai membangun ulang tim dan kemudian mencoba mengubah citra Man United lewat julukan baru.

Pada saat itu, di kota Manchester ada klub Rugbi bernama Salford yang menjalani tur ke Prancis. Klub Rugbi ini mampu tampil apik dan selalu memenangkan pertandingan.

Hal ini membuat jurnalis Prancis memberikan julukan kepada Salford yakni Les Diables Rouges atau The Red Devils. Tak disangka, hal ini menginspirasi Busby untuk memberikan julukan baru ke Man United.

Kata 'Devil' dianggap lebih mengintimidasi lawan ketimbang kata 'Babes'. Sejak saat itu, Man United mulai dikenal dengan sebutan The Red Devils atau Setan Merah.

Lalu, bagaimana dengan Belgia yang punya julukan sama yakni Setan Merah? Ternyata, Belgia lebih dulu menggunakan julukan ini, yakni pada tahun 1905.

Julukan itu lahir saat Timnas Belgia menghadapi Belanda. Karena pertandingan ini kental akan aroma Derby, Belgia pun mempersiapkan diri dengan baik.

Hal ini diketahui media Belanda yang mengabarkan bahwa Belgia berlatih serius dan bekerja bak iblis aau Work Like Devils.

Akibat istilah itu dan perpaduan warna merah yang jadi kebanggaan Belgia, sejak saat itu negara yang kini menduduki peringkat pertama FIFA itu memiliki julukan Rode Duivels atau The Red Devils dalam bahasa Inggris.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya

Berita Terkait

Berita Terkini