Boladunia

Ini Alasan Sepak Bola Disebut Football dan Soccer

Amerika Serikat mengenal sepak bola dengan istilah 'soccer'.

Rauhanda Riyantama

Ilustrasi sepak bola. (Suara.com)
Ilustrasi sepak bola. (Suara.com)

Bolatimes.com - Jika ada pertanyaan, “Apa perbedaan Football dan Soccer”, maka jawabannya tergantung pada apakah Anda bertanya dari sudut pandang Amerika atau dari tempat lain di belahan dunia ini.

Sebab, bagi orang Amerika, pertanyaan ini juga bisa bermakna, “Apa perbedaan antara soccer dan American football?”.

Jawabannya memang cukup jelas karena soccer dan American football merujuk pada dua permainan yang sangat berbeda.

Di Amerika, soccer dimainkan dengan bola bundar yang bisa ditendang dan disundul. Sementara American football lebih mengarah pada permainan jenis rugby.

Permainan ini menggunakan bola berbentuk lonjong yang dilemparkan, dioper, lalu ditendang.

Namun, di belahan dunia lain, kata football tidak berarti American football. Sebab, maknanya justru mengarah pada Association Football atau asosiasi sepak bola, yang mana di Amerika dikenal sebagai soccer.

Dengan demikian, pertanyaan awal sebenarnya tidak masuk akal dengan football dan soccer merujuk pada permainan yang sama.

Sebab, pertanyaan yang lebih tepat ialah, ‘Mengapa beberapa negara menyebut sepak bola sebagai football, sementara Amerika Serikat mengenalnya sebagai soccer?

Saat orang Amerika menyebut olahraga ini sebagai soccer, tetapi mayoritas orang di dunia ini tetap menyebutnya sebagai football.

Untuk memahami mengapa orang Amerika menyebut sepak bola sebagai soccer, sementara seluruh dunia menyebutnya sebagai football, penting untuk memahami asal usul kedua istilah tersebut.

Football

Istilah football merupakan versi singkat dari nama resmi permainan atau olahraga ini, yaitu association football. 

Association football merupakan istilah yang diciptakan pada tahun 1963 ketika Football Association (asosiasi sepak bola) mengkodifikasikan aturan permainan ini.

Kata asosiasi ditambahkan untuk membedakannya dari permainan lain, seperti, misalnya, rugby football.

Soccer

Kata soccer diyakini berasal dari istilah association football. Dengan rugby football yang dipersingkat menjadi ‘rugger’, hal serupa juga terjadi dalam association football atau asosiasi sepak bola.

Sementara di seluruh dunia, istilah soccer mulai digunakan bersama dengan football. Di Amerika, kata soccer menjadi istilah yang berlaku untuk association football.

Alasan untuk hal ini adalah bahwa perlunya membedakan dari bentuk sepak bola yang lain di Amerika Serikat, yakni American Football.

Meskipun demikian, soccer tetap menjadi istilah populer, tetapi bersifat sekunder, untuk menyebut sepak bola di dunia ini.

Namun, di Inggris, penggunaannya mengalami penurunan dramatis pada tahun 1980-an. Dalam makalahnya,It’s Football not Soccer, yang ditulis oleh Stefan Szymanski dari University of Michigan, menyebut bahwa:

“Sejak tahun 1980, penggunaan kata soccer telah menurun dalam publikasi Inggris. Saat digunakan, biasanya mengacu pada konteks Amerika,” tulisnya.

“Penurunan ini tampaknya merupakan reaksi terhadap peningkatan penggunaan di Amerika Serikat yang terkait dengan puncak NASL (North American Soccer League) tahun 1980.”

Saat ini, istilah soccer memang sebagian besar hanya digunakan di Amerika Serikat. Namun, istilah ini tetap dipahami secara luas di seluruh dunia sebagai sepak bola.

Meskipun demikian, khusus di Inggris, penggunaan istilah soccer bisa bermasalah dengan beberapa fans yang bersikeras bahwa istilah itu tidak boleh digunakan.

Mereka mempercayai bahwa orang Amerika mengganti nama olahraga mereka untuk membedakannya dari sepak bola Amerika atau American Football.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini