Boladunia

5 Alasan Mengapa Timnas Brasil Pakai Jersi Warna Kuning, Dulunya Putih

Sejarah panjang mengapa Brasil kini mengenakan jersi berwarna kuning

Irwan Febri Rialdi

Timnas Brassil di Copa America 2021. (MAURO PIMENTEL / AFP)
Timnas Brassil di Copa America 2021. (MAURO PIMENTEL / AFP)

Bolatimes.com - Timnas Brasil identik dengan jersi warna kuning. Memang, negara-negara lain juga menggunakan warna serupa, tapi, kok, Tim Samba ini identik sekali dengan warna itu, ya?

Dirangkum dari sejumlah sumber, ada faktor yang membikin Brasil mengenakan warna tersebut. Mulanya, kuning bukan warna asli jersi mereka. 

1. Kekalahan di Piala Dunia

Kisah bermula saat Brasil mentas di final Piala Dunia 1950. Di partai puncak, mereka takluk 1-2 dari Uruguay. Sialnya, mereka tumbang di depan publik sendiri.

Kekalahan ini menjadi momen yang menyakitkan nyaris seluruh warga Brasil. Salah satu yang disorot adalah jersi yang ketika itu digunakan: putih berkerah biru.

Dalam kritikan yang dilontarkan, warna tersebut dianggap kurang patriotis. Sebab, warna bendera Brasil sendiri adalah kuning hijau.

2. Pembuatan Jersi Baru Lewat Kontes

Tiga tahun usia Piala Dunia dan menyongsong edisi Piala Dunia 1954, surat kabar Brasil, Correio da Manha, melakukan sebuah kontes. Adapun, mereka membuka kesempatan untuk mendesain jersi Brasil.

Dalam persyaratannya, mereka meminta agar jersi harus menyertakan 4 warna negara Brasil: Putih, Kuning, Hijau, dan Biru.

Salah satu ilustrator dari Correio bernama Aldyr Garcia Schlee ikut dalam kontes tersebut. Menariknya, Garcia merupakan fan dari Timnas Uruguay.

3. Akhirnya Kuning

Dalam penggarapannya, Garcia mendesain lebih dari 100 sketsa kombinasi. Pada akhirnya, kuning kemudian menjadi warna utama, dibalut biru, serta putih.

Garcia menuturkan bahwa desain itu senada dengan seluruh elemen bendera Brasil. Alhasil, dari 401 kontestan, dirinya sukses memikat hati juri dan mendapat hadiah $5000 dan dipakai di Piala Dunia 1954.

4. Desain Garcia Bantu Brasil Juara

Berkat karyanya, Brasil menjadi juara. Namun tidak di Piala Dunia 1954 tapi 4 tahun setelahnya yakni 1958.

Ada kejadian unik sebetulnya. Saat Swedia dan Brasil bertemu di partai puncak, Swedia mendapat keuntungan memakai jersi kebesaran mereka yang berwarna kuning. 

Brasil sendiri ketika itu nenggunakan jersi kedua mereka dengan dominan biru plus kuning sebagai kombinasi. Tapi, mereka akhirnya keluar sebagai pemenang.

5. Terus Membawa Juara

Padanan kuning biru akhirnya membuat Brasil berjaya di Piala Dunia. Usai menang di edisi 1958 kontra Swedia, Brasil menang lagi di edisi 1962 kontra Cekoslavia.

Berselang delapan tahun kemudian, Brasil sukses keluar sebagai kampiun usai menggasak Italia. Menang lagi di Piala Dunia 1994 kontra Italia via adu penalti, dan menang atas Jerman pada Piala Dunia 2002.

Kontributor: Kusuma Alan

Berita Terkait

Berita Terkini