Boladunia

Quique Setien Beri Lampu Hijau bagi Philippe Coutinho untuk Pulang ke Barce

Kini terbuka peluang bagi Coutinho untuk tetap membela panji Barcelona pada musim 2020/2021 mendatang.

Rauhanda Riyantama

Philippe Coutinho menendang penalti saat melawan Sevilla pada 30 Januari 2019 (Lluis Gene/AFP)
Philippe Coutinho menendang penalti saat melawan Sevilla pada 30 Januari 2019 (Lluis Gene/AFP)

Bolatimes.com - Pelatih Barcelona, Quique Setien menyiratkan untuk memberikan kesempatan kedua bagi Philippe Coutinho guna kembali ke Camp Nou. Menurutnya, gelandang serang Brasil itu tetaplah pemain yang hebat.

Coutinho pindah ke Barcelona dengan harga tinggi mencapai 142 juta pounds dari Liverpool pada Januari 2018 setelah menghabiskan lima musim di Liga Inggris.

Pemain berusia 27 tahun itu menasbihkan dirinya sebagai salah satu gelandang top Eropa selama bermain di Anfield.

Namun, Coutinho tidak mampu mencapai level yang sama bersama Barcelona.

Mantan wonderkid Inter Milan itu memang mencatatkan total 54 penampilan di semua kompetisi untuk raksasa Katalunya itu di musim 2018/2019 lalu, seraya mencetak 11 gol dan mencatatkan lima assist.

Namun, level permainan Coutinho dinilai jauh di bawah standar musim lalu. Ini juga membuatnya jarang tampil penuh selama 90 penuh dalam satu pertandingan.

Entrenador Barca musim lalu, Ernesto Valverde pun kerap memainkan Coutinho di posisi sayap ketimbang posisi favorit sang playmaker di tengah lapangan.

Kubu Barca pun akhirnya memutuskan untuk meminjamkan Coutinho semusim penuh ke Bayern Munich pada musim 2019/2020 ini.

Meski Coutinho masih terikat kontrak di Barca hingga 2023, namun Bayern memiliki opsi untuk mengontrak Coutinho secara permanen pada bursa transfer mendatang.

Masalahnya, kabar terakhir menyebutkan jika Bayern enggan membeli Coutinho secara permanen, sementara di sisi lain Barca juga sudah tak membutuhkan lagi jasa bintang Timnas Brasil itu.

Update terkini, klub Premier League, Chelsea disebut siap menampung Coutinho dan siap melakukan manuver ketika bursa transfer kembali dibuka nanti.

Akan tetapi, komentar dari Setien, sosok yang menggantikan posisi Valverde sebagai pelatih Barca pada Januari 2020 lalu, seakan membantah kabar-kabar yang simpang siur tersebut.

Setien mengisyaratkan adanya kesempatan kedua bagi Coutinho di skuat Blaugrana.

"Coutinho? Saya sangat menyukainya," ucap pelatih berambut abu-abu berusia 61 tahun itu kepada RAC 1.

"Coutinho tetaplah pemain hebat. Ia masih pemain Barcelona. Anda harus membayar klausul atau biaya transfer ke Barca (bila menginginkannya)," sambung eks entrenador Real Betis itu.

"Saya pikir ia bisa berada di sini (Barca) pada awal musim depan. Saya tidak tahu apakah ia ingin kembali atau pergi lagi, saya harus berbicara dengannya untuk menanyakan hal itu. Ia adalah pemain hebat, tidak diragukan lagi," tukas Setien.

Progres Coutinho di Bayern sendiri saat ini harus terhenti akibat pandemi Virus Corona, yang membuat seluruh kompetisi sepakbola di Eropa ditangguhkan tanpa batas waktu yang ditentukan.

Berita Terkait

Berita Terkini