Ini Alasan Kenapa Naskah Akademik Hari Jadi Persib Bisa Diakses Publik

Persib Bandung merilis link unduhan Naskah Akademik Hari Jadi Persib kepada publik. Itu artinya, semua orang bisa membaca hasil riset hari jadi Persib yang baru, yang ditetapkan menjadi 5 Januari 1919.

H.M Permana | BolaTimes.com
Sabtu, 30 Desember 2023 | 06:49 WIB
Ilustrasi Persib. (MO Persib)

Ilustrasi Persib. (MO Persib)

Bolatimes.com - Persib Bandung merilis dan membagikan link unduhan Naskah Hari Jadi Persib yang baru saja diserahkan oleh ketua tim penelitian, Prof. Kunto Sofianto, Ph.D kepada CEO PT Persib Bandung Bermartabat (PT PBB), Glenn Sugita pada 17 Desember 2023.

Persib dan tim peneliti mempunyai alasan mengapa Naskah Hari Jadi Persib tersebut bisa diakses dan dibaca oleh masyarakat luas.

Dalam keterangan resminya Persib menjelaskan bahwa hal tersebut menjadi bagian dari keterbukaan informasi soal Hari Jadi Persib yang baru.

Baca Juga: Persib dan Bali United 'Kompak' Soal Program Setelah Libur

"Sebagai bentuk pertangunggungjawaban tim peneliti kepada publik dan keterbukaan informasi Persib, Naskah Akademik Hari Jadi Persib ini sudah bisa diakses oleh masyarakat melalui laman resmi Persib," demikian keterangan yang disampaikan Persib dalam websitenya.

Naskah Hari Jadi Persib yang berwarna biru tersebut merupakan hasil kerja sama PT PBB dengan Program Studi Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Padjajaran.

Naskah Hari Jadi Persib tersebut berisikan 97 halaman yang terdiri dari 4 Bab, meliputi Pendahuluan, Kajian Historis Hari Jadi Persib, Analisis dan Rekomendasi Hari Jadi Persib, dan Landasan Filosofis dan Sosiologis Hari Jadi Persib.

Baca Juga: Dihina Cristiano Ronaldo dengan Kekalahan telak, Benzema Hapus Akun Instagram

Dengan selesainya penelitian tersebut, Persib memastikan bahwa hari jadinya kini berubah menjadi 5 Januari 1919 dari 14 Maret 1933.

"Setelah hasil riset ini ditetapkan, mulai tahun depan, Persib akan memperingati hari jadinya setiap tanggal 5 Januari," ujar Glenn Sugita.

Tuai Polemik

Baca Juga: Kapten Persib: Banyak Opini, Ada Sentimen Negatif, dan Kerap ada Keluhan

Ketua Asosiasi PSSI Kota Bandung, Yoko Anggasurya. (Istimewa)
Ketua Asosiasi PSSI Kota Bandung, Yoko Anggasurya. (Istimewa)

Perubahan hari jadi Persib memunculkan polemik di masyarakat khususnya 36 Perkumpulan Sepak Bola (PS) eks anggota Persib.

Mereka meminta Persib untuk menangguhkan hari jadi yang barunya tersebut hingga menyiapkan langkah hukum.

"Kalau tetap hari lahir tanggal 5 Januari 1919 tetap dilaksanakan otomatis akan kami tuntut dipengadilan," ujar Ketua Asosiasi PSSI Kota Bandung, Yoko Anggasurya.

"Iya. Kalo tetep hari jadinya tanggal itu (5 Januari 1919), itu bukan nama Persib lagi. Dan berarti Persib yang 1933-nya harus dikembalikan kepada kita," imbuhnya.

Link Unduh Naskah Akademik Hari Jadi Persib (LINK)

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Usai menjadi WNI, kiper Naturalisasi Timnas Indonesia, Maarten Paes beberkan impiannya bersama skuad Garuda asuhan Shin Tae Yong.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Ketua umum PSSI, Erick Thohir bakal protes ke FIFA setelah Wasit Thailand Sivakorn Pu-Udom Kembali Jadi Wasit VAR Laga Timnas Indonesia kontra Irak di perebutan posisi ketiga Piala Asia U-23 Qatar.

bolaindonesia | 13:45 WIB

Wasit asal Thailand, Sivakorn Pu-Udom Kembali akan menjadi Wasit VAR Laga Timnas Indonesia U-23 Kontra Irak, Erick Thohir Dituntut lakukan protes ke AFC, bakal digubris?

bolaindonesia | 13:11 WIB

Salah Sasaran! Bukan Sivakorn Puudom, Suporter Timnas Indonesia U-23 Malah Ancam Artis Thailand ini Usai Kalah di Piala Asia Qatar

bolaindonesia | 12:37 WIB

Resmi mendapatkan warga negara Indonesia, kasus Kiper FC Dallas, Maarten Paes di CAS sudah clear, bakal debut kontra Irak?

bolaindonesia | 12:07 WIB

Masyarakat Indonesia memiliki antusias dengan pelatih tim nasional Indonesia. Kiprahnya membawa timnas Indonesia bermain dengan gemilang dalam kancah internasional. Apakah Shin Tae Yong tetap berlanjut mengkomandoi para pemain andalan Indonesia?

bolaindonesia | 14:39 WIB

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB
Tampilkan lebih banyak