3 Keuntungan yang Didapat jika VAR Benar Diterapkan di Liga Indonesia Musim Depan

Berikut deretan keuntungan jika VAR sudah diterapkan.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Jum'at, 26 Mei 2023 | 20:00 WIB
Wasit asal Jerman Aytekin melihat layar VAR (Video Assistant Referee) saat Inggris menghadapi Italia di laga persahabatan di Wembley. (AFP/Ian KINGTON)

Wasit asal Jerman Aytekin melihat layar VAR (Video Assistant Referee) saat Inggris menghadapi Italia di laga persahabatan di Wembley. (AFP/Ian KINGTON)

Bolatimes.com - Berikut deretan keuntungan yang didapat jika Video Assistant Referee (VAR) benar-benar diterapkan di Liga Indonesia pada musim depan.

Sebagaimana diketahui, Ketua Umum (Ketua Umum) PSSI, Erick Thohir, memastikan bahwa Liga Indonesia di musim 2023-2024 akan menggunakan VAR.

Kepastian itu ditandai oleh PSSI yang telah menyurati FIFA mengenai rencananya untuk menggunakan VAR pada musim depan.

Baca Juga: Bocoran Tiket Laga Timnas Indonesia vs Argentina, Dijual Berapa?

Pria yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN ini pun menyatakan bahwa dalam surat itu terdapat lampiran berupa tahapan awal yang harus dipenuhi seperti VAR Project Team, Timeline Program, sumber dana, dan provider teknologi yang dipakai.

Aksi Erick Thohir bersama PSSI ini pun mendapat sambutan dari PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) selaku operator kompetisi teratas sepak bola Tanah Air tersebut.

Adapun rencananya VAR dijadwalkan akan diaplikasikan pada pertengahan musim Liga Indonesia 2023-2024 nanti.

Baca Juga: Curhat ke Media Korea soal Masa Depannya di Timnas Indonesia, Shin Tae-yong Bawa-bawa Park Hang-seo

Hadirnya VAR di kompetisi sepak bola Indonesia pun diyakini akan membawa beberapa keuntungan bagi iklim sepak bola Tanah Air.

Apa saja keuntungan dari hadirnya VAR di Liga Indonesia musim depan? Berikut ulasannya.

1. Meminimalisir Mafia Bola atau Match Fixing

Baca Juga: Muncul Kabar Jepang Batal Lawan Argentina di FIFA Matchday Juni karena Match Fee Terlalu Mahal

Sepak bola Indonesia dalam beberapa tahun terakhir selaku identik dengan mafia bola, di mana ada dugaan banyak laga-laga yang digelar di Tanah Air telah diatur sedemikian rupa

Dugaan adanya mafia bola di sepak bola Indonesia ini pun turut menyeret banyak pihak, terutama para wasit, pemain dan juga klub.

Dengan hadirnya VAR, keputusan-keputusan kontroversial pun yang melahirkan dugaan adanya mafia bola atau Match Fixing tak hadir di kalangan pecinta sepak bola.

Baca Juga: Ke Media Korea, Shin Tae-yong Ungkap Piala Asia 2023 Bisa Jadi Kompetisi Terakhirnya Bersama Timnas Indonesia

2. Membantu Kinerja Wasit

Masalah keputusan wasit juga kerap menghantui sepak bola Indonesia, dengan adanya anggapan bahwa banyak wasit Tanah Air dianggap tak kompeten.

Hal ini tak lepas dari keputusan kontroversial seperti perihal Offside, bola yang melewati garis gawang, hingga penalti. Bahkan hal ini memaksa PT LIB menggunakan jasa wasit tambahan.

Dengan adanya VAR, maka kinerja wasit lokal akan lebih baik lagi, dan menghindarkan wasit dari lahirnya beragam keputusan kontroversial di atas lapangan.

3. Menaikkan Status Liga Indonesia

Setelah sempat berkuasa di Asia Tenggara dan jadi patokan bagi lahirnya Liga Jepang, Liga Indonesia mengalami kemunduran dalam hal statusnya.

Bahkan status Liga Indonesia sekarang menurun dan kalah pamor dibandingkan negara-negara Asia Tenggara lainnya yang jauh lebih modern setelah banyak berbenah.

Dengan hadirnya VAR, tak ayal status Liga Indonesia pun akan kembali terangkat dan membuat kompetisi teratas Tanah Air jauh lebih modern sehingga selevel dengan kompetisi top lainnya.

Kontributor: Felix Indrajaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Kiper Naturalisasi Timnas Indonesia yang saat ini bermain di klub FC Dallas, Maarten Paes sangat optimis bakal debut bersama skuad Garuda di bulan Juni mendatang.

bolaindonesia | 17:15 WIB

Usai menjadi WNI, kiper Naturalisasi Timnas Indonesia, Maarten Paes beberkan impiannya bersama skuad Garuda asuhan Shin Tae Yong.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Ketua umum PSSI, Erick Thohir bakal protes ke FIFA setelah Wasit Thailand Sivakorn Pu-Udom Kembali Jadi Wasit VAR Laga Timnas Indonesia kontra Irak di perebutan posisi ketiga Piala Asia U-23 Qatar.

bolaindonesia | 13:45 WIB

Wasit asal Thailand, Sivakorn Pu-Udom Kembali akan menjadi Wasit VAR Laga Timnas Indonesia U-23 Kontra Irak, Erick Thohir Dituntut lakukan protes ke AFC, bakal digubris?

bolaindonesia | 13:11 WIB

Salah Sasaran! Bukan Sivakorn Puudom, Suporter Timnas Indonesia U-23 Malah Ancam Artis Thailand ini Usai Kalah di Piala Asia Qatar

bolaindonesia | 12:37 WIB

Resmi mendapatkan warga negara Indonesia, kasus Kiper FC Dallas, Maarten Paes di CAS sudah clear, bakal debut kontra Irak?

bolaindonesia | 12:07 WIB

Masyarakat Indonesia memiliki antusias dengan pelatih tim nasional Indonesia. Kiprahnya membawa timnas Indonesia bermain dengan gemilang dalam kancah internasional. Apakah Shin Tae Yong tetap berlanjut mengkomandoi para pemain andalan Indonesia?

bolaindonesia | 14:39 WIB

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB
Tampilkan lebih banyak