Bolaindonesia

3 Alasan yang Membuat Shin Tae-yong Bisa Menetap di Indonesia

Shin Tae-yong bisa banget menetap di Indonesia. Berikut beberapa alasannya

Irwan Febri Rialdi

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (Dok. Bongda.vn)
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (Dok. Bongda.vn)

Bolatimes.com - 3 Alasan yang Membuat Shin Tae-yong Bisa Menetap di Indonesia

 

Bolatimes.com – Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, merasa cukup senang tinggal di Indonesia sejak pertama kali mendapat pekerjaan dari PSSI ada awal tahun 2020 yang lalu.

Selama menjalani pekerjaannya itu pula, Shin Tae-yong telah mengenal berbagai hal di Indonesia, utamanya terkait kebudayaan, wisata alam, dan kulinernya.

Hal-hal ini diakui pelatih asal Korea Selatan itu membuatnya betah tinggal di Indonesia untuk menjadi pelatih skuad Garuda.

Hal itu diungkapkan pelatih berusai 53 tahun itu saat menjalani sesi wawancara di kanal YouTube milik Dedi Corbuzier.

Beberapa alasan ini pula yang membuat Shin Tae-yong bisa menjadi pelatih timnas Indonesia dengan durasi kontrak yang cukup panjang.

Berikut Bolatimes.com menyajikan tiga alasan yang membuat Shin Tae-yong bisa menetap di Indonesia dalam jangka waktu yang lama.

1. Bawa Keluarga ke Indonesia

Sejak menjadi pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong jarang pulang ke negara asalnya untuk bertemu dengan keluarga.

Bahkan, dia hanya sempat memboyong keluarganya sekali ke Indonesia, yakni saat pertama kali menandatangani kontrak bersama PSSI.

Saat ini, ia memang kesulitan untuk membawa istri dan anak-anaknya ke Indonesia. Hal ini disebabkan oleh ketatnya perizinan selama pandemi Covid-19.

“Masalah izin (pindah dari Korsel ke Indonesia) saat ini susah karena Covid-19. Sebenarnya bisa saja ikut,” kata Shin Tae-yong.

2. Sup Iga

Berbicara soal makanan, pelatih asal Korea Selatan ini memang cenderung menghindari makanan-makanan yang bercita rasa pedas.

Namun, ada beberapa kuliner di Indonesia yang sangat disukai oleh Shin Tae-yong selama menjadi pelatih skuad Garuda.

Salah satunya ialah Sup Iga. Shin Tae-yong mengakui, makanan sejenis ini juga tersedia di Korea Selatan. Ia mengakui, Sup Iga menjadi salah satu santapan favoritnya.

“Mirip seperti makanan Korea Selatan, namanya Galbi-tang. Kalau di sini mungkin disebut Sop Iga,” katanya.

3. Ingin Tinggal di Bali

Salah satu alasan yang paling kuat mengapa Shin Tae-yong bisa menetap di Indonesia ialah karena dia kepincut tinggal di Bali.

Sebab, Pulau Dewata memang menjadi salah satu destinasi wisata dan sering diminati pelancong dari berbagai negara.

Hal ini tak terlepas dari eksotisme Pulau Dewata itu yang memiliki kebudayaan dan panorama alam yang memikat bagi siapa saja.

“Saya sering ke Bali untuk jalan-jalan. Jujur saja, sebenarnya saya ingin tinggal di Bali. Saya sangat senang berada di sana,” katanya.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini