Bolaindonesia

Prestasi Terbaik Timnas Putri Indonesia di Piala Asia Wanita

Timnas Putri Indonesia akan tampil di Piala Asia Wanita 2022 setelah terakhir kali pada edisi 1989.

Rauhanda Riyantama

Pemain Timnas Putri Indonesia, Zahra Muzdalifah (dok. the-afc.com)
Pemain Timnas Putri Indonesia, Zahra Muzdalifah (dok. the-afc.com)

Bolatimes.com - Timnas Putri Indonesia dalam waktu dekat akan unjuk gigi dalam ajang Piala Asia Wanita 2022 di India pada 20 Januari hingga 6 Februari 2022 mendatang. Sebelum menyambut event ini, ada baiknya mengintip kiprah Srikandi Garuda di ajang tersebut.

Timnas Putri Indonesia akan mengawali kiprahnya di Piala Asia Wanita 2022 dari babak grup. Di fase ini, Srikandi Garuda berada di grup B bersama Australia, Thailand dan Filipina.

Di atas kertas, lawan-lawan Timnas Putri Indonesia punya kekuatan di atas rata-rata karena punya sejarah panjang di Piala Asia Wanita.

Untuk itu, Timnas Putri Wanita akan membawa para pemain terbaiknya. Dilansir dari laman Instagram PSSI, total 23 pemain akan dibawa Srikandi Garuda untuk ajang ini.

23 pemain itu pun bukanlah nama-nama asing, melainkan para pemain wanita yang dinilai berbakat seperti Shalika Aurelia yang baru bergabung klub Italia, dan ada pula Zahra Muzdalifah.

Timnas Putri Indonesia sendiri akan menjalani partai perdananya di Piala Asia Wanita 2022 dengan menghadapi Australia pada 21 Januari 2022.

Tiga hari berselang, Srikandi Garuda akan bersua Thailand yang belum lama ini tampil di Piala Dunia Wanita 2019 sebelum laga terakhir melawan Filipina pada tanggal 27 Januari 2022.

Sebelum melihat kiprah Timnas Putri Indonesia di Piala Asia Wanita 2022 nanti, ada baiknya kembali melihat ke belakang bagaimana prestasi Srikandi Garuda di ajang tersebut.

Penggawa Timnas Putri Indonesia untuk SEA Games 2019, Sabrina Mutiara Firdaus Wibowo. (Dok. PSSI)
Penggawa Timnas Putri Indonesia untuk SEA Games 2019, Sabrina Mutiara Firdaus Wibowo. (Dok. PSSI)

Menembus 4 Besar Piala Asia Wanita

Sebelum tahun 2022 ini, Timnas Putri Indonesia telah berpartisipasi di Piala Asia Wanita sebanyak empat kali. Srikandi Garuda pertama kali berpartisipasi pada Piala Asia Wanita 1979. Saat itu, gelaran ini dihelat di Taiwan atau Republik Tiongkok.

Dalam kesertaan perdananya itu, Srikandi Garuda menutup ajang ini dengan berada di tempat keempat dengan rincian satu kemenangan dan tiga kekalahan.

Dua tahun berselang atau di Piala Asia Wanita 1979, Timnas Putri Indonesia tak berpartisipasi tanpa diketahui apa alasan absennya tersebut.

Barulah pada 1981, Timnas Putri Indonesia kembali ambil bagian di ajang Piala Asia Wanita yang digelar di Hong Kong. Saat itu, langkah Srikandi Garuda terhenti di babak grup atau peringkat ke-8 dengan raihan tiga kekalahan dari tiga laga.

Sempat kembali absen di edisi 1983, Timnas Putri Indonesia kembali bermain di Piala Asia Wanita 1986 yang lagi-lagi bertempat di Hong Kong.

Di kesertaannya kali ini, Timnas Putri Indonesia meraih catatan lebih baik yakni mencapai tempat keempat berkat raihan dua kemenangan dan tiga kekalahan dari lima laga.

Tiga tahun kemudian, Srikandi Garuda beraksi di Piala Asia Wanita 1989. Di edisi ini, langkah Timnas Putri Indonesia terhenti di babak grup dengan raihan satu kemenangan, satu hasil seri dan satu kekalahan.

Tak disangka, Piala Asia Wanita edisi 1989 menjadi edisi terakhir Timnas Putri Indonesia berpartisipasi sebelum dipecahkan 31 tahun kemudian dengan menembus Piala Asia Wanita 2022.

Adapun Timnas Putri Indonesia lolos ke putaran final Piala Asia Wanita 2022 karena berhasil mengalahkan Singapura di babak Kualifikasi dengan format dua leg, menyusul mundurnya Irak dan Korea Utara.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya

Berita Terkait

Berita Terkini