Ada di Asia dan Terusir dari AFC, Israel Kini Berjuang untuk Tiket Euro 2024

ndian playoff EURO 2024 di jalur B kic, Timnas Bosnia Herzegovina akan menjamu Timnas Ukraina, sementara Timnas Israel akan berhadapan dengan Timnas Islandia.

Rizki Laelani | BolaTimes.com
Jum'at, 24 November 2023 | 09:53 WIB
Timnas Israel yang sedang bertarung di Euro 2024. (isr.fa)

Timnas Israel yang sedang bertarung di Euro 2024. (isr.fa)

Bolatimes.com - Undian playoff EURO 2024 baru-baru ini diadakan pada 23 November 2023 di markas besar UEFA di Nyon, Swiss. Sebanyak 12 negara bersaing untuk merebut tiga tiket terakhir menuju Jerman.

Tim yang berpartisipasi dalam playoff dipilih berdasarkan performa mereka di UEFA Nations League 2022/23. Dari 12 tim tersebut, hanya tiga tim yang akan berhasil melangkah ke Jerman.

Seluruh tim dibagi menjadi tiga jalur, masing-masing menjalani pertandingan semifinal dan final. Proses ini bertujuan untuk menentukan tiga tim terbaik yang akan melaju ke Jerman. Semua pertandingan semifinal dan final hanya akan dimainkan satu kali, dengan tuan rumah ditentukan melalui undian.

Baca Juga: Bukti CR7 Habis? Romelu Lukaku Paling Garang, Kylian Mbappe Intai Cristiano Ronaldo

Jalur A melibatkan pertandingan antara Timnas Wales dan Timnas Finlandia, serta pertemuan antara Timnas Polandia dan Estonia.

Di jalur B, Timnas Bosnia Herzegovina akan menjamu Timnas Ukraina, sementara Timnas Israel akan berhadapan dengan Timnas Islandia.

Jalur C menampilkan laga antara Timnas Georgia dan Timnas Luksemburg, serta bentrok antara Timnas Yunani dan Timnas Kazakhstan.

Baca Juga: Timnas Indonesia U-17 Terbang Tinggi di Tangan Pelatih Asing? Coach Justin: Lu Ambil Pep Guardiola Juga Engga Berhasil

Pertandingan semifinal playoff dijadwalkan berlangsung pada 21 Maret 2024, diikuti oleh final playoff pada 26 Maret 2024.

Israel kok bisa masuk Euro?

Israel masuk Euro karena pada tahun 1994, telah mengajukan permohonan untuk bergabung dengan UEFA. Permohonan tersebut disetujui oleh UEFA dengan pertimbangan,
Israel memiliki hubungan historis dan budaya yang kuat dengan Eropa.

Baca Juga: Persib Perkenalkan Pemain Baru Setelah Hadapi Dewa United?

Kemudian Israel memiliki iklim yang mirip dengan iklim Eropa, sehingga cocok untuk bermain sepakbola. Lalu Israel memiliki infrastruktur sepak bola yang memadai.

Ketika Israel mengajukan permohonan untuk bergabung dengan UEFA, Israel masih menjadi anggota AFC.

Namun, Israel mengalami boikot oleh negara-negara anggota AFC karena masalah politik. Boikot tersebut membuat Israel kesulitan untuk mengembangkan sepak bolanya.

Baca Juga: Hasil dan Jadwal Liga 1: Madura United Kalah Lagi, Persib Disalip

Israel bergabung dengan UEFA pada tahun 1994, setelah sebelumnya menjadi anggota dari Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) sejak tahun 1954.

Dengan bergabung dengan UEFA, Israel dapat bersaing dengan negara-negara yang lebih kuat secara sepak bola. Hal ini juga dapat membantu Israel untuk meningkatkan reputasinya di dunia sepak bola.

Sejak bergabung dengan UEFA, Israel telah berpartisipasi dalam berbagai kompetisi sepak bola Eropa, termasuk Euro, Piala Dunia, dan Liga Champions. Israel juga telah berhasil meraih beberapa prestasi, seperti mencapai babak perempat final Euro 2004.

Meskipun Israel secara geografis terletak di Asia, namun secara sepak bola mereka tergabung di UEFA.

Hal ini dikarenakan Israel memiliki hubungan yang lebih kuat dengan Eropa, baik secara historis, budaya, iklim, maupun infrastruktur.

Pada tahun 2024, Israel berhasil lolos ke Euro 2024 setelah finis di posisi ketiga Grup B babak kualifikasi, di belakang Denmark dan Austria. Israel lolos ke babak play-off dan mengalahkan Wales untuk memastikan tempat mereka di turnamen final.

Berikut adalah beberapa faktor yang berkontribusi terhadap keberhasilan Israel lolos ke Euro 2024:

Kehadiran sejumlah pemain berkualitas, seperti Eran Zahavi, Munas Dabbur, dan Dor Peretz.
Pelatihan yang baik dari manajer baru, Gadi Kinda.

Lolosnya Israel ke Euro 2024 merupakan pencapaian yang penting bagi sepak bola Israel. Ini merupakan kali pertama bagi Israel lolos ke salah satu turnamen besar sepak bola Eropa. (*)

 

 

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB

Adapun jadwal siaran langsung Yordania vs Qatar akan dimulai pukul 22.00 WIB. Pertandingan ini dapat disaksikan melalui stasiun televisi RCTI.

boladunia | 10:57 WIB

UEFA dilaporkan akan menggunakan teknologi microchip, yang disematkan dalam bola terbaru keluaran Adidas bernama Fussballliebe.

boladunia | 12:30 WIB

Adapun jadwal playoff Euro 2024 akan dilaksanakan pada Maret mendatang, tiga di antara 12 tim nantinya akan lolos ke turnamen final di Jerman.

boladunia | 10:24 WIB

Laga timnas Indonesia vs Vietnam merupakan matchday ketiga Grup F kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia yang berlangsung di SUGBK, Kamis (21/3/2024) kickoff 20.30 WIB.

boladunia | 14:04 WIB

Berikut 5 negara yang diprediksi sebagai calon kuat juara Euro 2024, satu di antaranya sukses tampil bagus di babak kualifikasi Piala Eropa ini.

boladunia | 13:24 WIB

Pertandingan babak semifinal Piala Asia antara Yordania vs Korea Selatan di Stadion Ahmed bin Ali, Ar Rayyan itu berakhir dengan skor 2-0.

boladunia | 08:47 WIB

Ajang UEFA Euro 2024 atau Piala Eropa akan segera bergulir, dan Jerman terpilih menjadi tuan rumah penyelenggara mulai dari 14 Juni sampai 14 Juli.

boladunia | 11:58 WIB

Jerman akan menjadi tuan rumah Euro 2024, usai terpilih menjadi penyelenggara Kejuaraan Eropa UEFA edisi ke-17 dalam pertemuan Komite Eksekutif UEFA di Nyon, pada 27 September 2018.

boladunia | 11:37 WIB

UEFA Euro 2024 akan berlangsung di 10 kota di Jerman, dengan pertandingan babak penyisihan grup dilaksanakan dalam tiga kelompok tempat regional.

boladunia | 10:42 WIB

Terdapat 5 negara kandidat kuat juara Euro 2024, dari 24 peserta akan bersaing untuk menjadi tim terbaik di Benua Biru.

boladunia | 10:29 WIB

Menurut pihak UEFA akan ada banyak pertemuan menarik antara kedua negara yang patut disaksikan sebelum kickoff Euro 2024 dimulai 14 Juni nanti.

boladunia | 09:48 WIB
Tampilkan lebih banyak