Boladunia

Profil Al Hilal, Rival Klub yang Diperkuat Cristiano Ronaldo di Liga Arab Saudi

Al Hilal adalah klub raksasa di Arab Saudi. Ronaldo memiliki PR supaya klubnya bisa mengalahkan mereka

Irwan Febri Rialdi

Al Hilal saat juara Liga Champions Asia 2021. (FAYEZ NURELDINE / AFP)
Al Hilal saat juara Liga Champions Asia 2021. (FAYEZ NURELDINE / AFP)

Bolatimes.com - Setelah resmi bergabung dengan klub Liga Arab Saudi, Al Nassr, Cristiano Ronaldo tentu bakal mengalami satu pertandingan derby yang sangat ketat melawan Al Hilal.

Bagi Cristiano Ronaldo, ini akan menjadi pengalaman baru ketika terlibat dalam perseteruan antara Al Nassr dengan Al Hilal yang berbasis di kota yang sama, Riyadh.

Karena basis kedua tim yang berada di kota yang sama itulah, duel antara Al Nassr dengan Al Hilal sering kali disebut dengan Derby Riyadh.

Sejauh ini, keduanya sudah berjumpa sebanyak 148 kali. Al Hilal sukses menang 59 kali, sedangkan Al Nassr unggul 48 kali. Adapun 41 laga lainnya berakhir imbang.

Kemenangan terbesar Al Hilal terjadi pada musim 2016/2017 ketika menang 5-1 atas Al Nassr.

Rivalitas yang sengit ini salah satunya terbukti ketika Al Hilal sukses mencapai partai final Liga Champions Asia 2014. 

Pada pertandingan leg kedua, suporter Al Nassr menunggu kedatangan Western Sydney Wanderers di bandara untuk mendukung mereka melawan Al Hilal.

Bahkan, suporter Al Nassr saat itu juga berusaha untuk menyabotase rencana tiket Al Hilal jelang final Liga Champions Asia 2014 tersebut.

Profil Al Hilal

Al Hilal Saudi Football Club, atau yang lebih biasa dikenal sebagai Al Hilal, merupakan sebuah klub sepak bola yang berbasis di Riyadh, Arab Saudi. Mereka berkompetisi di Saudi Professional League.

Klub ini dibentuk pertama kali pada 16 Oktober 1957. Al Hilal merupakan salah satu dari empat tim yang selalu berpartisipasi di Saudi Professional League sejak pertama kali digelar pada 1976.

Klub yang menggunakan King Fahd Internasional Stadium sebagai homebase-nya ini menjadi salah satu klub sepak bola yang paling banyak meraih trofi di Asia. 

Sebab, mereka mampu mencatatkan 18 kali gelar juara Saudi Professional League. Sejauh ini, Al Hilal sudah 65 kali meraih gelar resmi, lalu ada 100 gelar tidak resmi yang juga berhasil dikumpulkan.

Selain 18 gelar juara kompetisi, mereka sukses memenangkan 13 Piala Mahkota Raja, tujuh gelar Piala Federasi Arab Saudi, sembilan gelar Piala Raja, dan tiga gelar Super Cup.

Jika berbicara soal rekam jejaknya di level internasional, Al Hilal sampai saat ini sudah mencatatkan delapan gelar juara di konfederasi Asia.

Empat di antaranya ialah Liga Champions Asia pada 1991, 2000, 2019, dan 2021. Lalu ada dua gelar Asian Cup Winners Cup pada 1997 dan 2002.

Selanjutnya, mereka juga memenangkan gelar Asian Super Cup pada 1997 dan 2000. Pada September 2009, Al Hilal dinobatkan sebagai Best Asian Club di Abad 20 oleh IFFHS.

Yang terbaru, Al Hilal bakal semakin menghadapi persaingan sengit dengan Al Nassr karena tim lawan sukses mendatangkan Cristiano Ronaldo.

Padahal, sebetulnya Al Hilal pernah mencoba menggoda CR7 dengan durasi kontrak selama dua tahun dengan nominal kontrak sebesar 242 juta euro. Sayangnya, Ronaldo menolak proposal itu.

Kontributor: M Faiz Alfarizie

Berita Terkait

Berita Terkini