Boladunia

Profil Lionel Lewis, Legenda Singapura yang Nyaris Gabung Klub Indonesia

Lionel Lewis sempat bikin kesal penggawa Timnas Indonesia.

Husna Rahmayunita

Lionel Lewis, legenda sepak bola Singapura. (Instagram/@lionellewis8)
Lionel Lewis, legenda sepak bola Singapura. (Instagram/@lionellewis8)

Bolatimes.com - Buat pecinta Timnas Indonesia, sosok Lionel Lewis mungkin tak akan pernah dilupakan. Aksi penjaga gawang Timnas Singapura ini memang bikin pendukung Garuda jengkel bukan main di Piala AFF 2004.

Berikut profil Lionel Lewis

Pada gelaran Piala AFF ketika itu, Lewis memang tampil apik menjaga gawang Singapura. Di babak fase grup, pemain yang pernah mentas buat Home United itu mencatatkan 2 kali nir bobol.

Satu yang paling mencuri perhatian tentu saja saat jumpa Indonesia di babak penyisihan grup. Singapura sukses menahan imbang tanpa gol skuad Garuda dan salah satu faktornya tentu saja aksi-aksi Lewis.

Padahal, Indonesia diperkuat oleh sejumlah bomber haus gol. Nama-nama macam Kurniawan Dwi Yulianto, Ilham Jaya Kesuma, dan Boaz Solossa adalah trisula lini depan skuad Garuda.

Singapura dan Indonesia kembali bertemu. Laga kedua kesebelasan ini terjadi di babak final Piala AFF 2004. Di partai inilah Lewis betul-betul tampil 'menjengkelkan' buat skuad Garuda. Sebab, beberapa peluang sukses ia mentahkan.

Singapura ketika itu juga tampil garang di barisan depan. Sebab, dalam dua pertemuan di partai puncak, mereka menang 3-1 di rumah sendiri, dan menang 2-1 saat main di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Lionel Lewis, legenda sepak bola Singapura. (Instagram/@lionellewis8)
Lionel Lewis, legenda sepak bola Singapura. (Instagram/@lionellewis8)

Alhasil, Singapura menjadi juara Piala AFF ketika itu. Di akhir cerita, Lewis menjadi pemain terbaik gelaran itu dan mencuri perhatian karena jarang pemain berposisi penjaga gawang menjadi yang terbaik

Lewis Nyaris Bermain di Indonesia

Pada 2008, Lewis nyaris bermain untuk salah satu klub di Indonesia. Tak tanggung-tanggung, dua klub berlabel besar menyodorkannya kontrak ketika itu.

Dalam sebuah wawancara, Lionel Lewis mengaku sempat ditawari merapat ke Persija Jakarta dan Persipura Jayapura. Namun, menolak permintaan itu karena masih terikat kontrak dengan klub lama.

Tawaran terhadap Lewis datang saat para pemain asal Singapura banyak menghiasi klub-klub Indonesia. Antara lain  Noh Alam Shah (Along), Muhammad Ridhuan, Baihakki Khaizan, Fahrudin Mustafi,  Precious Emuejeraye.

Karier Sepak Bola Lionel Lewis

Selama kariernya, Lionel Lewis tak banyak gonta-ganti klub. Tercatat hanya ada 3 klub yang pernah ia bela dan itu semua klub lokal Singapura.

Dimulai dari Geylang United, Young Lions, dan terakhir adalah bersama Home United. Sayang, kariernya tak sampai lama. Lewis  memutuskan gantung sepatu saat usianya baru menyentuh 29 tahun karena kerap dibekap cedera.

Kontributor: Kusuma Alan

Berita Terkait

Berita Terkini