Boladunia

Momen Unik saat Pemain Timnas Kroasia Dapat 3 Kartu Kuning dalam 1 Laga

Josip Simunic mendapat kartu kuning tiga kali di ajang Piala Dunia 2006

Rauhanda Riyantama

Josip Simunic saat laga Kroasia vs Australia di Piala Dunia 2006. (MICHAEL URBAN / AFP)
Josip Simunic saat laga Kroasia vs Australia di Piala Dunia 2006. (MICHAEL URBAN / AFP)

Bolatimes.com - Pemberian kartu kuning di sepak bola kepada seorang pemain hanya bisa dilakukan sebanyak dua kali. Namun pemain Timnas Kroasia, Josip Simunic mendapat 3 kartu kuning dalam satu laga saja.

Kartu kuning diberikan oleh wasit karena menganggap pemain melakukan pelanggaran seperti tekel, handball dan Profesional Foul yang dianggap bisa mengganggu permainan.

Tak hanya pelanggaran, wasit juga berhak memberi kartu kuning bila pemain melakukan protes berlebihan terkait keputusan yang diambil sang pengadil.

Dalam memberikan kartu kuning, wasit hanya bisa memberikannya maksimal sebanyak 2 kali saja kepada pemain yang sama.

Jika pemain mendapatkan 2 kartu kuning, maka pemain tersebut akan mendapat kartu merah dan harus meninggalkan lapangan pertandingan.

Lantas apa jadinya jika wasit lupa dan malah memberikan tiga kartu kuning kepada seorang pemain? Nyatanya hal ini pernah terjadi di gelaran sekelas Piala Dunia 2006 lalu.

Kesalahan Berimbas Fatal

Kejadian pemberian 3 kartu kuning ke seorang pemain dalam 1 pertandingan dilakukan oleh wasit kenamaan asal Inggris bernama Graham Poll.

Ia memberikan 3 kartu kuning ke Josip Simunic pada laga grup F Piala Dunia 2006 antara Kroasia vs Australia.

Josip Simunic saat laga Kroasia vs Australia di Piala Dunia 2006. (MICHAEL URBAN / AFP)
Josip Simunic saat laga Kroasia vs Australia di Piala Dunia 2006. (MICHAEL URBAN / AFP)

 

Dalam laga itu, Graham Poll ditunjuk sebagai wasit. Dengan statusnya sebagai wasit senior yang telah berkarier 26 tahun dengan memimpin 1544 pertandingan, seharusnya laga berjalan baik di bawah kepemimpinannya.

Namun yang terjadi, Graham Poll melakukan kesalahan fatal saat pertandingan berlangsung dengan memberikan 3 kartu kuning ke Josip Simunic.

Kartu kuning pertama diberikan Graham Poll ke Simunic pada menit ke-61 karena pelanggarannya terhadap Harry Kewell di luar kotak penalti.

37 menit kemudian atau tepatnya di menit ke-89, Graham Poll kembali memberi kartu kuning kedua untuk Simunic. Seharusnya, kartu kuning kedua ini dibarengi dengan keluarnya kartu merah.

Namun yang terlihat Graham Poll tak memberikan kartu merah. Simunic pun kaget namun mencoba tenang agar tak diusir dari pertandingan.

Simunic pun terus bermain hingga masa Injury Time. Hingga akhirnya di menit ke-90+3, Simunic mendapat kartu kuning ketiga dari Graham Poll.

Kartu kuning ketiga ini keluar dari kantong Graham Poll karena Simunic memprotes kepemimpinannya dan beradu argumen dengannya. Alhasil, Simunic pun diusir dari lapangan.

Setelah laga berakhir, Graham Poll pun menyadari bahwa ia melakukan kesalahan fatal. Ia pun mengaku salah mencatat  pemain di kartu kuning di menit ke-89, yang seharusnya nomor 3 Kroasia namun menjadi nomor 3 Australia.

Karena kesalahan itu, Graham Poll lantas dipulangkan dari turnamen dan tak bisa melanjutkan sisa pertandingan Piala Dunia 2006.

Karena kesalahan itu pulan, Graham Poll memutuskan pensiun sebagai wasit internasional. Akan tetapi, ia tetap melanjutkan kariernya sebagai wasit di kancah domestik, Liga Champions dan beberapa laga internasional saja.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya

Berita Terkait

Berita Terkini