Boladunia

Fakta Menarik usai Italia Singkirkan Belgia di Perempatfinal Euro 2020

Italia kalahkan Belgia 2-1.

Rauhanda Riyantama

Para pemain Italia girang setelah menaklukkan Belgia 2-1 di babak perempatfinal Euro 2020 di Allianz Arena, Sabtu 2 Juli 2021. (AFP/Andreas Gebert)
Para pemain Italia girang setelah menaklukkan Belgia 2-1 di babak perempatfinal Euro 2020 di Allianz Arena, Sabtu 2 Juli 2021. (AFP/Andreas Gebert)

Bolatimes.com - Timnas Italia berhasil melangkah ke semifinal usai mengandaskan Timnas Belgia di babak perempatfinal Euro 2020. Kemenangan Gli Azzurri dipastikan oleh Nicolo Barella dan Lorenzo Insigne sebelum dibalas Romelu Lukaku.

Italia dan Belgia turun dengan kekuatan terbaiknya yang tersedia. Sejak awal pertandingan, permainan taktis dan intens diperagakan kedua tim.

Gli Azzurri menjadi tim pertama yang mencetak gol terlebih dahulu lewat  aksi individu Nicolo Barella di kotak penalti Italia pada menit ke-36.

Delapan menit berselang, Lorenzo Insigne menggandakan keunggulan Italia menjadi dua gol melalui akselerasinya dari tengah kotak lapangan yang diakhiri sepakan melengkung dan gagal dihadang Thibaut Courtois.

Menjelang bubaran, Belgia mendapat hadiah penalti setelah aksi individu pemain mudanya, Jeremy Doku, di sisi kanan pertahanan Italia dihadang oleh Giovanni Di Lorenzo.

Hadiah penalti itu pun tak disia-siakan oleh Romelu Lukaku yang mampu menuntaskan tugasnya dan memperkecil kedudukan menjadi 2-1.

Di babak kedua, permainan tetap berjalan dengan intensitas tinggi. Apalagi, Belgia masih tertinggal satu gol atas Italia.

Sayangnya, Belgia tak mampu menciptakan gol tambahan dan membuat Italia melangkah ke babak semifinal Euro 2020.

Di babak semifinal, ’final kepagian’ akan kembali terulang karena Italia akan menantang Spanyol yang sebelumnya berhasil mengalahkan Swiss lewat drama adu penalti.

Timnas Belgia kalah dari Italia di perempatfinal Euro 2020. (AFP/POOL/Matthias Hangst)
Timnas Belgia kalah dari Italia di perempatfinal Euro 2020. (AFP/POOL/Matthias Hangst)

Di balik keberhasilan Italia menyingkirkan Belgia ini, terdapat beberapa fakta menarik yang tercipta. Berikut rangkuman deretan fakta yang lahir di laga Gli Azzurri melawan The Red Devils.

1.       Mencetak Rekor Baru di Eropa

Kemenangan atas Belgia membuat Italia mencetak rekor anyar di Eropa. Usai mengalahkan Belgia, Italia menorehkan 15 kemenangan beruntun di kompetisi Euro.

15 kemenangan beruntun ini didapat dari 10 kemenangan di babak kualifikasi dan 5 kemenangan di putaran final Euro.

Torehan ini pun meninggalkan sang lawan, Belgia. Karena kekalahan ini, The Red Devils hanya mencetak 14 kemenangan beruntun di kompetisi Euro yakni 10 kemenangan di babak kualifikasi dan 4 kemenangan di putaran final.

2.       Menyamai Rekor Kemenangan Terbanyak di Euro

Kemenangan atas Belgia juga membuat Italia menyamai torehan Prancis, Belanda, dan Ceko di ajang Euro.

Hingga babak perempat final, Italia belum terkalahkan dan terus meraih kemenangan. Total 5 kemenangan tersebut pun menyamai catatan tim-tim sebelumnya yang telah disebutkan di atas.

3.       Roberto Mancini Menyamai Torehan Arrigo Sacchi

Gol kedua Italia yang dicetak Lorenzo Insigne ke gawang Belgia menjadi gol ke-90 Gli Azzurri di bawah arahan Roberto Mancini.

Jumlah gol di bawah arahan Mancini tersebut menyamai catatan tim negeri Pizza di bawah arahan Arrigo Sacchi dan hanya kalah dari Ferruccio Valcareggi (96 gol), Enzo Bearzot (115 gol) dan Vittorio Pozzo (233 gol).

4.       Gol Terbanyak Italia di Euro

Gol pertama ke gawang Belgia yang dicetak Nicolo Barrella menjadi gol ke-10 Italia di Euro 2020.

Jumlah 10 gol tersebut menjadi jumlah gol terbanyak sepanjang masa Gli Azzurri di kancah Euro.

Sedangkan di seluruh kompetisi atau turnamen mayor, Italia paling banyak mencetak gol di satu kompetisi pada 2006 saat menjuarai Piala Dunia dengan torehan 12 gol.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya

Berita Terkait

Berita Terkini