7 Momen Berkesan Lionel Messi Sepanjang Kariernya di Sepak Bola

Sepanjang kariernya Lionel Messi merasakan banyak momen berkesan. Berikut beberapa di antaranya.

Galih Priatmojo | BolaTimes.com
Kamis, 04 Oktober 2018 | 14:00 WIB
Pemain Barcelona Lionel Messi digendong Ronaldinho saat merayakan gol melawan Albacete di Stadion Camp Nou 01 May 2005. (AFP)

Pemain Barcelona Lionel Messi digendong Ronaldinho saat merayakan gol melawan Albacete di Stadion Camp Nou 01 May 2005. (AFP)

Bolatimes.com - Barcelona berhasil memetik kemenangan 4-2 dalam laga ketat menghadapi Tottenham Hotspur di lanjutan matchday kedua fase grup Liga Champions, Kamis (4/10/2018) dini hari tadi. Brace yang dicetak Lionel Messi turut membantu kebangkitan Blaugrana setelah sempat terpuruk di tiga pertandingan sebelumnya pada kompetisi La Liga.

Lionel Messi memang masih jadi sosok sentral buat Barcelona. Sebelum menekuk Spurs, Messi juga lah yang berperan atas kemenangan Barcelona kala menundukkan PSV Eindhoven pekan lalu. Pemain berjuluk La Pulga ini bahkan memborong tiga gol untuk kemenangan 4-0 atas wakil Belanda itu.

Namun, bukan itu saja momen-momen berkesan yang dirasakan Lionel Messi. Sepanjang kariernya di dunia sepak bola, ada banyak momen berkesan yang dirasakan pemain berusia 31 tahun itu.

Baca Juga: Ucapkan Insya Allah, Inikah Agama yang Dianut Eden Hazard?

Kepada Fourfourtwo, peraih lima Ballon d'Or itu mengungkapkan beberapa momen yang paling berkesan sepanjang meniti kariernya di lapangan hijau. Berikut beberapa Bolatimes rangkum.

Espanyol 0-1 Barcelona La Liga, 16 Oktober 2004

Laga Barcelona kontra Espanyol 2004 silam merupakan momen pertama yang dianggap paling berkesan bagi Lionel Messi.

Baca Juga: Tampil Apik, Luciano Spalleti Sebut Icardi Seperti Binatang

Itu adalah momen di mana ia mengawali debut bersama Barcelona, bersanding dengan sederet pemain level bintang seperti Deco, Ronaldinho, serta Abidal.

Lionel Messi berebut bola dengan pemain Espanyol saat melakoni laga debut bersama Barcelona 2004 silam. (Dok. sportskeeda.com)
Lionel Messi berebut bola dengan pemain Espanyol saat melakoni laga debut bersama Barcelona 2004 silam. (Dok. sportskeeda.com)

''Saya datang sebagai pemain pengganti Deco melawan rival lokal kami Espanyol pada tahun 2004. Saya benar-benar sedikit gugup ketika saya akan datang ke lapangan untuk debut saya. Ini adalah momen yang sangat penting bagi saya, sesuatu yang sangat saya inginkan untuk waktu yang lama, dan saya mungkin agak tidak sabaran!'' ungkapnya.

''Saya sudah mendapatkan kepercayaan diri dari pelatih Frank Rijkaard, dan semua pemain. Saya sudah berlatih dengan staf dan tim. Itu membantu saya untuk menetap di tim pertama sedikit lebih mudah. Ini adalah hari yang sangat istimewa bagi saya - itu adalah mimpi yang selalu saya harapkan pada akhirnya akan menjadi kenyataan, meskipun rasanya sudah lama sekali,'' terangnya.

Baca Juga: Berita Hari Ini: Hasil Lengkap Liga Champions Tadi Malam

Barcelona 7-1 Bayer Leverkusen Babak 16 besar Liga Champions, 7 Maret 2012

Ini adalah adalah salah satu momen penting dalam karier Lionel Messi. Dalam laga ketat menghadapi Bayer Leverkusen, Messi berhasil mencetak sejarah dengan menggelontorkan lima gol.

Torehannya itu membuat kapten Timnas Argentina ini diganjar sebagai pemain pertama di ajang Liga Champions yang mampu memasukkan sebanyak lima gol.

Baca Juga: TPF PSSI Beberkan Proses Investigasi Kematian Haringga Sirla

''Malam yang luar biasa! Saya tidak yakin saya dapat menilai sasaran saya satu sama lain - sejujurnya saya tidak percaya bisa melakukan itu. Saya sangat senang mendapatkan lima gol dan, yang lebih penting, bahwa tim menang dengan sangat meyakinkan,'' katanya.

''Saya tidak menyadari pada saat itu bahwa saya adalah pemain pertama yang mencetak lima gol dalam pertandingan Liga Champions. Saya hanya berpikir kami telah bermain sangat baik sebagai tim dan senang tentang itu. Jujur, saya lebih suka ketika tim menang - ini adalah pertandingan tim dan tanpa tim saya tidak bisa berbuat apa-apa,'' tambahnya.

Nigeria 0-1 Argentina Final Olimpiade, 23 Agustus 2008

Momen ini adalah yang pertama paling berkesan sepanjang berseragam Argentina. Bersama Sergio Aguero, Messi sukses mempersembahkan medali emas bagi negaranya.

''Saya memiliki persahabatan yang hebat dengan Sergio Aguero untuk waktu yang lama. Kami biasanya menghabiskan banyak waktu bersama ketika kami masih muda, terutama ketika kami berdua bersama tim nasional, bermain FIFA. Sejujurnya, perjalanan ke Beijing adalah salah satu kenangan terindah dalam karir saya,'' beber Messi.

''Olimpiade sangat penting, bukan hanya kesempatan untuk memenangkan medali untuk negara Anda, tetapi juga pengalaman untuk dapat mengambil bagian dalam acara global yang menakjubkan dan tinggal di desa Olimpiade dengan atlet dari berbagai negara,'' imbuhnya.

''Itu luar biasa - turnamen lengkap bagi kami. Ya, kami memenangkan semifinal 3-0 melawan Brasil - tim hebat yang juga bermain bagus - tetapi kami juga mengalahkan Belanda dan Nigeria. Keduanya merupakan pertandingan yang sangat sulit dan kami harus berada pada kondisi terbaik untuk menang. Kami sangat yakin bahwa kami dapat merebut medali emas. Lihatlah tim yang kami miliki dan persatuan di antara para pemain. Kami berpikir sejak awal bahwa kami bisa menang di Beijing dan kami mampu melakukannya,'' ulasnya.

Barcelona 5-1 Sevilla La Liga, 22 November 2014

Laga Barcelona menghadapi Sevilla jelas jadi momen tak terlupakan dan berkesan bagi Lionel Messi. Ia mampu menyingkirkan sejumlah pemain bintang La Liga dan menjadi top skor. Di musim 2014/15 Messi keluar sebagai top skor setelah menorehkan 20 gol.

''Sungguh menakjubkan menjadi pencetak tertinggi di La Liga, liga dengan begitu banyak pemain spektakuler dalam sejarah. Ini pencapaian yang luar biasa bagi saya,'' ungkapnya.

''Saya tidak memiliki perayaan apa pun yang direncanakan untuk itu - dan saya tidak pernah memikirkan apa yang akan terjadi setelah saya mencetak gol. Yang terbaik adalah semua perayaan datang secara alami, seperti permainan di lapangan,'' tandasnya.

Argentina 2-1 Bosnia & Herzegovina Fase Grup Piala Dunia 15 Juni 2014

Ini adalah momen yang sebetulnya bisa menjadi yang paling indah bagi Lionel Messi. Sayang bersama skuat Argentina, Messi gagal mempersembahkan trofi Piala Dunia setelah takluk dari Jerman di final dengan skor 1-0.

Meski begitu tetap saja, ajang terbesar itu menyisakan momen berkesan bagi Lionel Messi. Ia berhasil mencetak gol lagi di Piala Dunia setelah sekian lama paceklik.

Lionel Messi berebut bola dengan pemain Bosnia pada fase grup Piala Dunia edisi 2014
Lionel Messi berebut bola dengan pemain Bosnia pada fase grup Piala Dunia edisi 2014. (Dok. India.com)

''Saya harus menunggu delapan tahun untuk gol Piala Dunia kedua saya. Kami ingin memiliki turnamen yang hebat dan memulai dengan kemenangan melawan Bosnia, dan saya mencetak gol kedua saya di ajang sebesar Piala Dunia ini,'' terangnya.

''Semuanya terjadi sangat cepat. Saya mengambil bola di dekat garis tengah dan mencoba untuk menerobos ke arah area penalti mereka. Saya memainkan satu-dua dengan Gonzalo Higuain dan kemudian menembak dari tepi kotak dan berhasil dimaksimalkan jadi gol,'' ulasnya.

''Kami tampil cemerlang di babak kualifikasi dan memastikan tempat kami di Brasil dengan beberapa pertandingan tersisa, kemudian menunjukkan bahwa kami adalah tim yang hebat dengan mencapai final. Kami tidak cukup berhasil memenangkan turnamen, tetapi kami telah melakukan semua yang kami bisa. Piala Dunia sangat penting bagi semua orang di Argentina dan itu akan menjadi mimpi untuk memenangkannya dengan tim nasional suatu hari nanti,'' ungkapnya.

Barcelona 3-3 Real Madrid La Liga 10 Maret 2007

El Clasico selalu menjadi momen spesial bagi para penggawa Barcelona maupun Real Madrid. Hal itu pula yang dirasakan Lionel Messi.

Laga dengan tensi tinggi dan penuh gengsi membuat setiap pemain dari kedua tim bersaing untuk menjadi yang terbaik.

Pada laga bertajuk El Clasico yang berlangsung pada 10 Maret 2007 silam jadi momen berkesan bagi Messi. Meski akhirnya bermain imbang, Messi berhasil menciptakan hat-trick ke gawang Real Madrid.

''Itu adalah perasaan yang indah untuk mendapatkan tiga gol melawan Real Madrid - selalu menjadi peringatan bagi semua orang di dunia, dan ini adalah pertama kalinya saya mencapainya. Mencetak hat-trick itu luar biasa dan itu bahkan lebih istimewa karena itu datang dalam Clasico,'' katanya.

Real Madrid 2-3 Barcelona La Liga 23 April 2017

Lionel Messi kembali merasakan momen berkesan di laga El Clasico. Kali ini El Clasico edisi 23 April 2017. Di laga panas itu, Messi berhasil mencetak brace untuk kemenangan Barcelona.

Lionel Messi vs Sergio Ramos di laga El Classico edisi 2017. (Dok. sportskeeda.com)
Lionel Messi vs Sergio Ramos di laga El Classico edisi 2017. (Dok. sportskeeda.com)

''Itu adalah malam yang sempurna, di mana segalanya berjalan dengan baik, di mana saya mendapatkan semua yang saya inginkan. Saya mencetak dua gol hebat melawan Real Madrid di Bernabeu, dengan yang kedua datang di menit terakhir untuk memenangkan pertandingan. Dan kemudian Anda memiliki fakta itu adalah tujuan saya yang ke-500 untuk Barcelona, juga!'' ungkapnya.

''Saya tidak bisa meminta lebih banyak lagi. Jika saya tidak mencetak gol pada saat itu, kami akan mengucapkan selamat tinggal pada gelar liga di sana dan kemudian. Itu adalah gol yang memberi kami dorongan untuk terus berjuang untuk memenangkan liga. Kami pantas memenangkan pertandingan ini dan itu adalah momen emosional bagi semua klub Barcelonistas,'' lanjutnya.

''Ketika saya melihat Jordi Alba mendapatkan bola melebar, saya tahu ke mana saya harus pergi karena itu adalah gerakan yang kami latih. Kami sangat mengenal permainan satu sama lain dan itu bukan pertama kalinya kami melakukan ini. Saat Jordi masuk di sepertiga akhir lapangan, saya akan selalu mencari untuk menjatuhkan diri di dekat tepi area penalti, untuk mengumpulkan bola dan menyelesaikannya - dan itulah yang kami lakukan di sini,''kenangnya.

''Luis Enrique mengatakan bahwa saya adalah "pemain terbaik dalam sejarah", tetapi saya harus mengatakan itu adalah berkat kedatangannya yang memotivasi kita semua untuk bertanding lagi. Kami turun sebagai tim tetapi ketika dia tiba di Camp Nou, dia segera mengangkat kami untuk berlatih dan bermain sebaik mungkin - dia memberi kami semua keinginan untuk menjadi tim yang hebat lagi,'' tandasnya.

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak