Liga

Mantan Pelatih Real Madrid: Lionel Messi Itu Sesuatu

John Toshack mengaku tidak pernah melihat pemain seperti Lionel Messi selama 69 tahun ia hidup.

Rauhanda Riyantama | Andiarsa Nata

Selebrasi Lionel Messi saat cetak gol ke gawang PSV Eindhoven pada 28 November 2018 (John Thys/AFP)
Selebrasi Lionel Messi saat cetak gol ke gawang PSV Eindhoven pada 28 November 2018 (John Thys/AFP)

Bolatimes.com - Mantan pelatih Real Madrid, John Toshack memberikan pujian kepada kapten Barcelona, Lionel Messi. Toshack mengaku tidak pernah melihat pemain seperti Lionel Messi selama 69 tahun ia hidup.

John Toshack pernah menangani Real Madrid pada tahun 1989, ia pun juga turut berperan dalam keberhasilan Los Blancos meraih gelar La Liga kelima yang diraih secara beruntun. Akan tetapi, pencapainnya itu tidak bisa diteruskan di musim selanjutnya, Toschack pun kemudian di pecat dari kursi pelatih Real Madrid.

Dalam beberapa tahun, John Toshack kembali ke Santigao Bernabeu setelah menukangi klub Turki, Besiktas. Akan tetapi pada saat itu Toshcak tak bertahan lama di Real Madrid, 10 bulan lamanya menukangi Los Blancos, ia kembali dipecat.

Dengan pengalaman melatihnya, John Toshack tentu sudah melihat berbagai macam jenis dan karakter pemain. Akan tetapi baginya, hanya Lionel Messi seorang yang membuatnya kagum.

Lionel Messi terlibat duel perebutan bola dengan Dani Carvajal di dalam kotak penalti Real Madrid pada 6 Februari 2019 (Pau Barrena/AFP)
Lionel Messi terlibat duel perebutan bola dengan Dani Carvajal di dalam kotak penalti Real Madrid pada 6 Februari 2019 (Pau Barrena/AFP)

 

Menurut Toshack, Messi adalah seorang pemain yang memiliki sesuatu yang tidak dimiliki oleh banyak pemain. Bahkan pemain seperti Cristiano Ronaldo dan Neymar tidak bisa dibandingkan dengan pemain berusia 31 tahun tersebut.

"Anda harus berbicara tentang pemain hebat dan kemudian Messi karena dia terlihat seperti pemain di PlayStation. Saya berusia 69 tahun dan saya telah melihat banyak pemain, tetapi dia adalah sesuatu yang lain," kata John Toshack dikutip dari Sportskeeda.

"Ada hal-hal tentang Neymar yang tidak saya sukai, dan ketika saya melihat Messi dan tidak ada yang tidak saya sukai. Neymar tidak bisa dibandingkan dengan Messi dan tidak ada keraguan tentang (Cristiano Ronaldo) karena dia adalah fantastis," lanjutnya menambahkan.

Ya, kualitas Lionel Messi memang tidak perlu diragukan lagi. Pemain asal Argentina itu telah menciptakan banyak rekor dan mempersembahkan banyak gelar untuk Barcelona.

Selain itu, Messi juga telah mengoleksi lima penghargaan Ballon d'Or di sepanjang kariernya. Pencapaian Messi tersebut hanya bisa disaingi oleh rivalnya, Crisitano Ronaldo.

Berita Terkait

Berita Terkini