Bolaindonesia

Masuk 50 Besar Dunia, 5 Negara yang Berpeluang Jadi Lawan Timnas Indonesia usai Curacao

Lima negara ini bisa jadi rival kuat Timnas Indonesia.

Husna Rahmayunita

Selebrasi Timnas Indonesia usai mencetak gol ke gawang Curacao. (Dok. PSSI)
Selebrasi Timnas Indonesia usai mencetak gol ke gawang Curacao. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Ketum PSSI, Mochamad Iriawan menyebut pihaknya tengah mencari negara berperingkat 50 besar dunia untuk menjadi lawan Timnas Indonesia di FIFA Macthday usai Curacao.

Seiring kesuksesan timnas Indonesia mengalahkan Curacao dalam dua laga FIFA Matchday edisi September 2022, lawan kuat dicari anak asuh Shin Tae-yong.

Negera berperingkat 50 dunia menjadi lawan potensial selanjutnya, hal ini tentu mengejutkan namun tidak salah dicoba demi mengukur kekuatan timnas Indonesia.

Lantas negara mana yang masuk dalam kategori lawan timnas Indonesia saat ini sesuai keinginan Ketum PSSI? berikut 5 di antaranya.

1. Paraguay (50 FIFA)

Skuat Timnas Paraguay saat tampil di Copa America 2011. (ALEJANDRO PAGNI / AFP)
Skuat Timnas Paraguay saat tampil di Copa America 2011. (ALEJANDRO PAGNI / AFP)

Paraguay merupakan salah satu anggota CONMEBOL dan menjadi salah satu kekuatan sepak bola di Amerika Selatan.

Negara ini lebih baik dari Venezuela dan Bolivia, selain itu merupakan salah satu kontestan di Piala Dunia 2022.

Sederet nama beken memperkuat timnas negara ini, seperti Roberto Acuna, Roque Santa Cruz dan Jose Luis Chilavert.

2. Yunani (49 FIFA)

Yunani berstatus sebagai peraih gelar Juara Piala Eropa 2004 dan sempat menjadi kontestan Piala Dunia di 3 edisi mulai 1994, 2010 dan 2014.

Meskipun absen di edisi 2022, Yunani termasuk tim yang tampil apik di UEFA Nations League C hingga promosi ke UEFA Nations League B.

Tak sedikit pemain asal Yunani yang mampu menembus persaingan kompetisi top Benua Biru, termasuk Portugal, Belanda, Jerman, Italia dan Inggris.

3. Qatar (48 FIFA)

Selebrasi para pemain Qatar usai membobol gawang Paraguay sehingga kedudukan berakhir imbang 2-2 pada fase Grup B Copa America 2019. (PEDRO UGARTE / AFP)
Selebrasi para pemain Qatar usai membobol gawang Paraguay sehingga kedudukan berakhir imbang 2-2 pada fase Grup B Copa America 2019. (PEDRO UGARTE / AFP)

Kualitas yang membawa Qatar masuk sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022, tak hanya di Asia tetapi juga di dunia.

Meski hanya mengandalkan pemain domestik dan menelan kekalahan dalam di laga FIFA Matchday melawan Kanada dan seri melawan Chile.

Qatar merupakan peraih gelar juara Piala Asia 2019, tentu sangat layak berhadapan dengan Indonesia dalam waktu dekat.

4. Mali (46 FIFA)

Negara asal Makan Konate ini bisa jadi lawan timnas Indonesia di FIFA Matchday selanjutnya, statusnya salah satu negara yang masuk 10 besar kawasan Afrika.

Sempat mengalahkan Tunisia di tahun ini dan masih tak terkalahkan saat melawan negara-negara tetangga seperti Gambia dan Guinea Khatulistiwa.

Meski tak ada yang menonjol, kebanyakan pemain asal Mali kini berkarier di Eropa bersama klub-klub top.

5. Kanada (43 FIFA)

Kanada baru saja menggebrak dengan lolos ke Piala Dunia 2022 Qatar, menariknya komposisi pemain mayoritas bermain di kompetisi dalam negeri.

Satu-satunya pemain yang memiliki nama besar di Eropa adalah bek Bayern Muenchen, Alphonso Davies dan sangat layak jadi lawan timnas Indonesia.

Kanada merupakan penghuni empat besar sepak bola Amerika Utara, meski masih di bawah Meksiko, Amerika Serikat dan Kosta Rika.

Kontributor: Eko

Berita Terkait

Berita Terkini