Terbuka Lebar, Hitung-hitungan PSM Makassar untuk Lolos ke Semifinal Zona ASEAN Piala AFC 2022

PSM Makassar berpeluang besar lolos ke semifinal zona ASEAN Piala AFC 2022

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Kamis, 30 Juni 2022 | 14:49 WIB
Wiljan Pluim merayakan gol saat laga PSM Makassar vs PSIS Semarang. (Instagram/@liga1match)

Wiljan Pluim merayakan gol saat laga PSM Makassar vs PSIS Semarang. (Instagram/@liga1match)

Bolatimes.com - Peluang PSM Makassar untuk merebut tiket lolos ke fase semifinal zonal ASEAN Piala AFC 2022 masih cukup terbuka.

Bahkan, PSM Makassar bisa saja lolos ke fase gugur melalui jalur juara grup atau pun lewat status sebagai runner-up terbaik di fase penyisihan.

Untuk sementara, PSM Makassar menjadi pemimpin klasemen sementara Grup H Piala AFC 2020 dengan jumlah empat poin hasil dari dua pertandingan.

Poin itu diraih skuad Juku Eja setelah sempat menang 3-1 atas tuan rumah penyelenggara Grup H, Tampines Rovers, dan menahan imbang wakil Malaysia, Kuala Lumpur City FC.

Jumlah ini masih membuka kemungkinan bagi PSM untuk lolos ke fase semifinal zonal ASEAN Piala AFC 2022.

Namun demikian, Juku Eja masih harus menanti pertandingan pamungkas Grup H Piala AFC 2022 antara Kuala Lumpur City FC melawan Tampines Rovers.

Pasalnya, pertandingan ini akan menentukan nasib PSM Makassar di klasemen akhir Grup H, baik itu sebagai juara grup atau pun runner-up.

Untuk lolos sebagai juara grup, PSM Makassar harus berharap Kuala Lumpur FC menelan hasil imbang atau kalah saat menghadapi Tampines Rovers.

Sebab, hasil ini akan mengamankan posisi puncak klasemen akhir Grup H dari kejaran kedua pesaingnya tersebut. Jika skenario ini terjadi, maka PSM dipastikan lolos karena jadi juara akhir Grup H.

PSM juga masih bisa jadi juara Grup H andaikan Kuala Lumpur City FC menang. Namun, syaratnya tim asuhan Bojan Hodak itu harus menang maksimal dengan margin satu gol.

Jika hal ini terjadi, maka PSM dipastikan unggul selisih gol meski meraih perolehan poin yang sama dengan KL City FC. 

Untuk skema kedua, yakni lolos melalui jalur runner-up terbaik. Ini tentu saja menjadi situasi terburuk dan bisa terjadi apabila KL City FC menang dengan margin lebih dari gol dari Tampines Rovers.

Dengan skema ini, sebetulnya PSM bisa saja menjuarai klasemen runner-up terbaik Piala AFC 2022 zonal ASEAN. Namun, Juku Eja harus menunggu hasil pertandingan grup lainnya di zonal ASEAN, yakni Grup G dan I. 

Perlu diketahui, hanya Grup H yang terdiri dari tiga kontestan. Artinya, hasil melawan klub juru kunci Grup G dan I nantinya tidak akan dihitung.

PSM tentu harus berharap laga Grup I antara Viettel FC melawan Hougang United saling mengalahkan. 

Namun, apabila hasilnya imbang, maka peluang PSM untuk lolos harus menunggu tim yang akan menempati klasemen terakhir Grup I antara Young Elephants melawan Pho Penh Crown.

Apabila Phnom Penh Crown yang kalah, maka peluang PSM akan tertutup. Sebab, Juku Eja bisa kalah agresivitas dari Hougang United meskipun memiliki selisih gol yang sama.

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak