Bolaindonesia

Syarat Timnas Indonesia Terhindar dari Grup Neraka Piala Asia 2023, Cuma Ada Satu Cara

Timnas Indonesia bisa saja terhindar dari tim-tim seperti Jepang, Korea Selatan, dan lain-lain dengan cara satu ini.

Irwan Febri Rialdi

Selebrasi Elkan Baggott bersama rekan-rekan Timnas Indonesia usai membantai Nepal. (Dok. PSSI)
Selebrasi Elkan Baggott bersama rekan-rekan Timnas Indonesia usai membantai Nepal. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Terdapat satu syarat agar Timnas Indonesia bisa terhindar dari grup neraka pada Drawing Piala Asia 2023 nanti. Syarat apakah itu?

Timnas Indonesia untuk kelima kalinya akan mentas di Piala Asia setelah memastikan lolos ke putaran final edisi 2023 mendatang.

Tim Merah Putih berhasil melaju ke putaran final usai merebut Runner-up grup A yang berisikan Yordania, Kuwait, dan Nepal.

Kepastian Timnas Indonesia lolos pun ditentukan di partai terakhir grup A, di mana skuat Garuda mampu menang besar atas Nepal dengan skor 7-0.

Kekalahan Kuwait dan Yordania pun membuat langkah Timnas Indonesia mulus untuk merebut tiket sebagai salah satu Runner Up grup terbaik.

Meski berhasil lolos, rasa pesimis hadir di kalangan pendukung mengingat Timnas Indonesia punya sejarah buruk di Piala Asia.

Dalam empat kesertaan sebelumnya, Timnas Indonesia tak pernah lolos dari fase grup Piala Asia dan bermain di babak Knock Out.

Ada alasan mengapa Timnas Indonesia gagal lolos dari fase grup Piala Asia di empat kesertaan sebelumnya. Hal ini tak lepas dari lawan-lawan berat yang dihadapi skuat Garuda di babak grup.

Sehingga, besar harapan pendukung Timnas Indonesia untuk bisa terhindar dari lawan-lawan berat agar bisa mencetak sejarah di Piala Asia 2023 nanti.

Sayangnya, harapan ini tak bisa menjadi kenyataan. Pasalnya, dalam Drawing nanti, Timnas Indonesia ditempatkan di pot 4.

Hal ini lantaran ranking FIFA skuat Garuda yang ada di peringkat ke-155 atau peringkat terendah dibanding peserta Piala Asia 2023 lainnya.

Sehingga, ada kemungkinan Timnas Indonesia akan bersua Korea Selatan, Jepang, Iran, Arab Saudi, Australia dan juga Qatar yang menempati pot 1.

Meski begitu, ada satu syarat agar Timnas Indonesia tak bertemu tim-tim terbaik atau masuk grup neraka di babak grup Piala Asia 2023.

Syarat tersebut adalah Timnas Indonesia harus menjadi tuan rumah agar saat Drawing nanti, skuat Garuda masuk ke pot 1.

Berdasarkan aturan AFC, tuan rumah penyelenggaraan akan berada di pot 1. Mundurnya China sebagai tuan rumah, membuat Indonesia bisa mengajukan diri sebagai tempat penyelenggaraan.

Jika nantinya Tanah Air menjadi tuan rumah, maka Timnas Indonesia akan masuk pot 1 dan terhindar dari lawan berat lainnya.

Namun pertanyaannya, akankah Indonesia berminat menjadi tuan rumah? Pasalnya, di tahun depan Tanah Air juga akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

Kontributor: Felix

Berita Terkait

Berita Terkini