Jejak Karier Jordi Amat, Bek Andalan Swansea City hingga Real Betis yang Kini Siap Bela Timnas Indonesia

Jordi Amat pernah mencicipi karier gemilang di Liga Inggris bersama Swansea City.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Senin, 16 Mei 2022 | 12:00 WIB
Exco PSSI Hasani Abdulghani bertemu Jordi Amat. (Instagram/@jordiamat5)

Exco PSSI Hasani Abdulghani bertemu Jordi Amat. (Instagram/@jordiamat5)

Bolatimes.com - Karier panjang Jordi Amat menarik untuk dibahas hingga kini memutuskan untuk dinaturalisasi demi membela Timnas Indonesia. Saat ini proses naturalisasi bek asal Spanyol itu menuju tahap akhir.

Jordi Amat memiliki darah Indonesia dari sang nenek yang berasal dari Makassar. Oleh karena itu, Jordi Amat menjadi salah satu pemain yang masuk proyek naturalisasi Timnas Indonesia.

Berkaca pada pemain yang pernah dinaturalisasi Indonesia, Jordi Amat merupakan sosok yang paling meyakinkan. Dia bukan pemain yang sekadar bermain di Eropa. Tim-tim yang dibelanya punya nama besar.

Baca Juga: Myanmar Kena Bantai, Velizar Popov Akui Timnas Indonesia U-23 Lebih Berbahaya Dibanding Vietnam

Jordi Amat tumbuh besar sebagai pemain dari akademi Espanyol. Sepuluh tahun dia menjadi bagian dari tim muda Espanyol hingga kemudian diberi kesempatan masuk tim senior pada LaLiga 2009/2010.

Jordi Amat mencatakan debut di Liga Spanyol dalam laga melawan Real Mallorca, 24 Januari 2010. Satu tim dengan Jose Callejon hingga Luis Garcia, Jordi Amat masuk sebagai pemain pengganti. Dia menggantikan Moises Hurtado menit ke-82.

Tiga musim dia habiskan bersama tim senior Espanyol, sebelum kemudian dipinjamkan ke Rayo Vallecano. Di tim ini, Jordi Amat menjelma sebagai bek tangguh yang memikat banyak tim. 

Baca Juga: Pelatih Myanmar Jagokan Timnas Indonesia U-23 Jumpa Vietnam di Final SEA Games 2021

Tim Liga Inggris, Swansea City akhirnya jadi pelabuhan baru Jordi mulai musim 2013/2014. Mengutip data Soccerway, Swansea City rela merogoh kocek hingga 2,9 Juta Euro.

Jordi Amat ketika berseragam Swansea City. (Ian MacNicol / AFP)
Jordi Amat ketika berseragam Swansea City. (Ian MacNicol / AFP)

Pernah Kalahkan Manchester United

Jordi Amat punya perjalanan panjang di Liga Inggris. Bek 30 tahun ini berseragam Swansea City dari musim 2013/14 hingga 2016/17. Jordi menjadi opsi untuk pos bek tengah di skuat Michael Laudrup.

Baca Juga: Kompak Pamitan usai Piala Thomas 2022, Hendra/Ahsan Lempar Kode Pensiun?

Pada musim 2014/15, Swansea City mencatatkan prestasi bagus. Meski tak diunggulkan, mereka mengakhiri musim dengan menduduki peringkat delapan.

Pada musim itu, Jordi Amat punya pengalaman luar biasa, meski hanya tampil 10 kali dalam semusim. Jordi Amat tampil penuh ketika Swansea mengalahkan Manchester United 2-1 di Old Trafford pada 16 Agustus 2014. 

Kala itu, dua gol kemenangan Swansea dicetak Ki Sung-yeoung dan Gylfi Sigurosson. United yang ditangani Louis van Gaal memperkecil kedudukan lewat Wayne Rooney. Kemenangan itu menjadi bagian dari sejarah Swansea yang kini main di kasta kedua kompetisi sepak bola Inggris.

Baca Juga: Cetak Gol Terakhir, Begini Momen Haru Perpisahan Lorenzo Insigne dengan Napoli

Bek Tangguh di Liga Spanyol

Pengalaman empat musim di Liga Inggris membuat Jordi Amat kembali ke LaLiga Spanyol dengan percaya diri. Jordi menjadi bek tak tergantikan di setiap tim yang dibelanya.

Melissa Cardona, calon WAGs Timnas Indonesia istri Jordi Amat. (Instagram/@melissa_cardona)
Melissa Cardona, calon WAGs Timnas Indonesia istri Jordi Amat. (Instagram/@melissa_cardona)

Pada musim 2017/2018, Jordi Amat yang dipinjamkan Swansea ke Real Betis tampil reguler. Dalam semusim, Jordi Amat tampil 25 kali, dengan rincian 24 kali jadi starter dan sekali jadi pemain pengganti.

Begitu pula ketika Jordi Amat ditebus Rayo Vallecano dari Swansea dengan nominal transfer yang tak disebutkan. Jordi Amat tampil 31 kali di LaLiga. Sepanjang musim itu, Jordi bahkan hanya sekali tak bermain 90 menit. Selebihnya, dia jadi komando lini belakang Rayo Vallecano.

Gosip ke Malaysia

Jordi Amat menambah pengalaman dengan bermain di negara lain. Setelah Inggris dan Spanyol, Jordi Amat menerima pinangan KAS Eupen yang bermain di kompetisi teratas Liga Belgia. 

Bersama KAS Eupen, Jordi Amat lagi-lagi tak tergantikan. Dalam tiga musim, Jordi Amat konsisten sebagai pilihan utama. Bek bertinggi 184 sentimeter ini juga mencatatkan dua gol untuk KAS Eupen. 

Setelah tiga tahun di Belgia, Jordi Amat pilih mencari pelabuhan lain. Kabarnya, Jordi Amat akan bermain di Asia, tepatnya Liga Malaysia. Gosipnya, langkah ini dilakukan agar Jordi Amat bisa lebih dekat dengan Indonesia. 

Raksasa Malaysia, Johor Darul Takzim (JDT) disebut-sebut sebagai yang terdepan mengikat Jordi Amat. JDT punya kemampuan finansial bagus untuk menggaji Jordi Amat.

Naturalisasi Rampung

Jordi Amat punya ketertarikan untuk membela negara dimana neneknya berasal. Bahkan, keseriusan ini dibuktikan dengan kedatangan Jordi Amat pada Sabtu (14/5/2022). Jordi datang ke Indonesia untuk mempercepat proses naturalisasi.

Jordi akan menjalani interview dengan Badan Intelijen Negara (BIN). Selain itu, Jordi akan menjalani tes kesehatan di Jakarta serta berkunjung ke Kedutaan Besar Spanyol di Jakarta.

Proses naturalisasi Jordi Amat dikebut agar bisa tampil membela Timnas Indonesia di kualifikasi Piala Asia 2023 pada bulan Juni mendatang di Kuwait. 

Kehadiran Jordi Amat bakal menambah opsi bek tengah. Kini, pelatih Shin Tae-yong mengandalkan duet Fachrudin Aryanto dan Rizky Ridho di SEA Games 2021. Timnas Indonesia juga punya Elkan Baggot yang disebut-sebut dalam perjalanan menuju Vietnam, untuk gabung Timnas SEA Games 2021.

(Kontributor: Lukman Hakim)

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak