Bolaindonesia

Deretan Pemain Indonesia yang Gabung Lebih dari Satu Klub di Luar Negeri

Ada yang berpindah ke dua hingga tiga klub.

Husna Rahmayunita

Witan Sulaeman diperkenalkan sebagai pemain baru Lechia Gdansk. (Instagram/lechia_gdansk)
Witan Sulaeman diperkenalkan sebagai pemain baru Lechia Gdansk. (Instagram/lechia_gdansk)

Bolatimes.com - Sejumlah nama-nama pesepak bola Indonesia pernah mencicipi atmosfer kompetisi luar negeri. Tak hanya satu klub, pemain Indonesia ada yang berpindah ke dua hingga tiga klub.

Bolatimes sudah merangkum siapa-siapa saja pemain kebanggaan Merah Putih yang berprestasi di kompetisi luar negeri. Berikut ulasan singkatnya:

1. Rochi Putiray

Rochi adalah pemain pertama yang kami list. Namanya tenar saat berkarier di Liga Hong Kong bersama Happy Valley dan Kitchee SC.

Saat berbaju Kitchee SC, Rochi mungkin tak akan pernah melupakan kejadian yang mengubah hidupnya. Betapa tidak, dirinya mencetak dua gol ke gawang AC Milan dalam sebuah uji tanding.

2. Andik Vermansyah

Penyerang Madura United, Andik Vermansah bikin gol menakjubkan saat menghadapi Arema FC di pekan kesepuluh Liga 1 2019, kemarin. [maduraunited.fc / Instagram]
Penyerang Madura United, Andik Vermansah bikin gol menakjubkan saat menghadapi Arema FC di pekan kesepuluh Liga 1 2019, kemarin. [maduraunited.fc / Instagram]

Sebelum ke Bhayangkara FC, Andik pernah menjajal kompetisi di Liga Malaysia. Di Negeri Jiran, pemain binaan Persebaya Surabaya ini bermain di dua klub berbeda.

Andik Vermansyah membela dua klub Malaysia, Selangor FA (2014-2017) dan Kedah FA (2018). Bersama Selangor, Andik mengemas 11 gol dari 67 pertandingan. Sementara saat bareng Kedah, dia mencetak dua gol dari 13 pertandingan.

3. Yanto Basna

Yanto Basna terus mematangkan karier sepak bolanya di luar negeri. Tercatat, sudah tiga klub dia bela sepanjang meninggalkan Tanah Air.

Adapun, eks pemain Persib dan Sriwijaya FC ini bermain untuk Khon Kaen, Sukhothai dan PT Prachuap. Ketiga klub tersebut sama-sama mentas di Liga Thailand.

4. Ryuji Utomo

Ryuji Utomo dengan jersey latihan baru Persija Jakarta. (Twitter/@persija_jkt).
Ryuji Utomo dengan jersey latihan baru Persija Jakarta. (Twitter/@persija_jkt).

Ryuji Utomo kini menjadi pemain pijaman Persija di Liga Malaysia. Hingga akhir tahun ini, dirinya mengabdi untuk Penang FA.

Namun, sebelum bermain untuk Penang, Ryuji sudah bermain di dua klub luar negeri yakni Al Najma di Bahrain dan PTT Rayong di Liga Thailand.

5. Saddil Ramdani

Sama seperti Andik Vermansyah, Saddil pernah bermain di Liga Malaysia. Tercatat, ada dua klub yang dibelanya yakni Pahang FA dan Sabah FC.

Saddil Ramdani berseragam Pahang FC di Liga Super Malaysia 2018. Saat itu dari 21 pertandingan, Saddil Ramdani mengemas dua gol. Sementara musim ini Saddil Ramdani sydag mencetak tiga gol dari 18 pertandingan bersama Sabah FC. 

6. Egy Maulana Vikri

Egy Maulana Vikri perkuat FK Senica. (Dok. FK Senica/Instagram @fk_senica)
Egy Maulana Vikri perkuat FK Senica. (Dok. FK Senica/Instagram @fk_senica)

Pada edisi 2018 hingga 2021, Egy bermain untuk Lechia Gdansk. Itu adalah klub Eropa pertama pemain asal Asam Kumbang, Medan, Sumatera Utara ini.

Setelah tiga musim di Polandia, Egy memutuskan pindah ke Slovakia. Terkini, dirinya bermain untuk FK Senica dengan sudah mengoleksi 6 assist dari 10 laga.

7. Witan Sulaeman

Witan Sulaeman membela Radnik Surdulica di Liga Serbia. Bersama Radnik Surdulica, Witan mentas dalam lima pertandingan. Kekinian,  pemain asal Palu itu membela Lechia Gdansk di Liga Polandia.

8. Irfan Bachdim

Penyerang PSS Sleman, Irfan Bachdim (kiri). [dok. PT LIB]
Penyerang PSS Sleman, Irfan Bachdim (kiri). [dok. PT LIB]

Irfan Bacdim menjadi pemain paling banyak berkarier di luar negeri. Tercatat, ada 4 tim yang sudah dibela pemain naturalisasi Belanda ini.

Sebut saja Chonburi dan Nakhon Ratchasima (Thailand), serta Ventforet Kofu dan Consadole Sapporo (Jepang). Performa terbaik Irfan Bachdim tercipta saat mentas bersama Nakhon Ratchasima. Ketika itu dari 11 pertandingan, pemain yang kini membela Persis Solo ini mengemas tiga gol.

9. Kurniawan Dwi Yulianto

Pada 1994-1995, Kurniawan Dwi Yulianto sempat membela klub asal Swiss, FC Luzern. Dari 12 pertandingan, dia mengemas tiga gol.

Performa apik ditunjukkan Kurniawan saat mentas di Liga Malaysia bersama Sarawak FC (2005-2006) yang mencetak 29 gol dari 31 pertandingan.

10. Bambang Pamungkas

Bambang Pamungkas. (Twitter/@theafcdotcom).
Bambang Pamungkas. (Twitter/@theafcdotcom).

Pada 2000, Bambang Pamungks pernah membela klub level ketiga Liga Belanda, EHC Norad. Bepe, demikian sapanya, dipinjamkan Persija Jakarta selama empat bulan.

Bepe mengemas tujuh gol dari 11 penampilan. Setelah itu, Bepe sempat tiga tahun (2005-2007) berkarier di Malaysia bersama Selangor FC dan menorehkan prestasi gemilang.

Ia sukses membawa Selangor FA merebut treble winner pada 2005  yang terdiri dari Liga Premier Malaysia, Piala Malaysia dan Piala FA Malaysia).

Itulah deretan pemain Indonesia yang bela lebih dari satu klub di luar negeri. 

Kontributor: Kusuma Alan

Berita Terkait

Berita Terkini