Bolaindonesia

Timnas Indonesia U-22 Bertabur Bintang di Ajang Piala AFF Kata Indra Sjafri

Indra Sjafri tegaskan tak risau meski ditinggal beberapa pemain andalannya.

Galih Priatmojo

Pelatih Timnas Indonesia, Indra Sjafri saat pemusatan latihan (Sumber: pssi.org)
Pelatih Timnas Indonesia, Indra Sjafri saat pemusatan latihan (Sumber: pssi.org)

Bolatimes.com - Menampik anggapan ditinggal sejumlah pemain bintang menyusul absennya Ezra Walian hingga Egy Maulana Vikri, Pelatih Timnas Indonesia U-22 Indra Sjafri menegaskan bahwa para penggawa Garuda Muda yang akan dibawa ke Kamboja mengikuti ajang Piala AFF U-22 sudah bertabur bintang.

Seperti diketahui tiga pemain andalan Indonesia dikabarkan gagal membela merah putih di ajang Piala AFF U-22 lantaran tak mendapat ijin dari klubnya. Mereka adalah Egy Maulana Vikri yang bermain di klub Polandia Lechia Gdansk, Ezra Walian (RKC Waalwijk, Belanda) serta Saddil Ramdani (Pahang FA, Malaysia). 

"Semua bintang kok. Siapa bilang mereka bukan bintang. Semua yang hadir ini bintang sepak bola Indonesia," kata Indra selepas memimpin pemusatan latihan (TC) timnas U-22 di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Senin (4/2/2019).

Kebetulan, kata Indra, ada yang bermain di luar negeri dan itu sudah ada regulasi FIFA bahwa ini tidak wajib.

Piala AFF U-22 bukan turnamen yang terdaftar dalam kalender resmi FIFA, sehingga setiap tim memiliki hak penuh untuk menentukan apakah pemainnya diizinkan untuk membela negaranya atau tidak.

Pelatih Timnas Indonesia U-22 Indra Sjafri (kedua kanan) memberikan intruksi kepada pemain saat sesi latihan di Lapangan Madya, Komplek SUGBK, Senayan, Jakarta, Selasa (8/1/2019).Timnas U-22 yang terdiri dari 38 pemain hasil seleksi menjalani pemusatan latihan untuk persiapan Piala AFF U-22 di Kamboja, Kualifikasi AFC U-23 di Vietnam, dan Sea Games 2019 di Filipina. ANTARA FOTO/Putra Haryo Kurniawan
Pelatih Timnas Indonesia U-22 Indra Sjafri (kedua kanan) memberikan intruksi kepada pemain saat sesi latihan di Lapangan Madya, Komplek SUGBK, Senayan, Jakarta, Selasa (8/1/2019).Timnas U-22 yang terdiri dari 38 pemain hasil seleksi menjalani pemusatan latihan untuk persiapan Piala AFF U-22 di Kamboja, Kualifikasi AFC U-23 di Vietnam, dan Sea Games 2019 di Filipina. (ANTARA FOTO/Putra Haryo Kurniawan)

 

Indra menjelaskan ia telah menjalin komunikasi lebih dini agar para pemain yang berada di luar negeri nantinya bisa bergabung membela timnas U-22 dalam kualifikasi Piala Asia U-23 di Vietnam pada Maret mendatang.

"Tapi nanti di AFC (Piala Asia U-23), karena itu agenda dari FIFA, dia wajib (ikut), makanya kita sudah jalin komunikasi mulai dari sekarang," kata Indra seperti dimuat Antara.

Indonesia bakal mengawali kiprah di Piala AFF U-22 dengan menghadapi Myanmar pada 18 Februari. Sebagai persiapan Garuda Muda bakal melakoni dua laga uji coba menghadapi Bhayangkara FC di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, pada Rabu (6/2/2019) dan Arema FC pada Minggu (10/2/2019) di Malang.

Indra dalam beberapa kesempatan menuturkan Piala AFF U-22 sekaligus menjadi seleksi lanjutan menyongsong fase kualifikasi Piala Asia U-23 di Vietnam, Maret mendatang.

Berita Terkait

Berita Terkini