Timnas Indonesia U-22 Bertabur Bintang di Ajang Piala AFF Kata Indra Sjafri

Indra Sjafri tegaskan tak risau meski ditinggal beberapa pemain andalannya.

Galih Priatmojo | BolaTimes.com
Senin, 04 Februari 2019 | 18:00 WIB
Pelatih Timnas Indonesia, Indra Sjafri saat pemusatan latihan (Sumber: pssi.org)

Pelatih Timnas Indonesia, Indra Sjafri saat pemusatan latihan (Sumber: pssi.org)

Bolatimes.com - Menampik anggapan ditinggal sejumlah pemain bintang menyusul absennya Ezra Walian hingga Egy Maulana Vikri, Pelatih Timnas Indonesia U-22 Indra Sjafri menegaskan bahwa para penggawa Garuda Muda yang akan dibawa ke Kamboja mengikuti ajang Piala AFF U-22 sudah bertabur bintang.

Seperti diketahui tiga pemain andalan Indonesia dikabarkan gagal membela merah putih di ajang Piala AFF U-22 lantaran tak mendapat ijin dari klubnya. Mereka adalah Egy Maulana Vikri yang bermain di klub Polandia Lechia Gdansk, Ezra Walian (RKC Waalwijk, Belanda) serta Saddil Ramdani (Pahang FA, Malaysia). 

"Semua bintang kok. Siapa bilang mereka bukan bintang. Semua yang hadir ini bintang sepak bola Indonesia," kata Indra selepas memimpin pemusatan latihan (TC) timnas U-22 di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Senin (4/2/2019).

Baca Juga: Hasil 32 Besar Piala Indonesia: Dua Tim Promosi Gugur, Tersisa PSS Sleman

Kebetulan, kata Indra, ada yang bermain di luar negeri dan itu sudah ada regulasi FIFA bahwa ini tidak wajib.

Piala AFF U-22 bukan turnamen yang terdaftar dalam kalender resmi FIFA, sehingga setiap tim memiliki hak penuh untuk menentukan apakah pemainnya diizinkan untuk membela negaranya atau tidak.

Pelatih Timnas Indonesia U-22 Indra Sjafri (kedua kanan) memberikan intruksi kepada pemain saat sesi latihan di Lapangan Madya, Komplek SUGBK, Senayan, Jakarta, Selasa (8/1/2019).Timnas U-22 yang terdiri dari 38 pemain hasil seleksi menjalani pemusatan latihan untuk persiapan Piala AFF U-22 di Kamboja, Kualifikasi AFC U-23 di Vietnam, dan Sea Games 2019 di Filipina. ANTARA FOTO/Putra Haryo Kurniawan
Pelatih Timnas Indonesia U-22 Indra Sjafri (kedua kanan) memberikan intruksi kepada pemain saat sesi latihan di Lapangan Madya, Komplek SUGBK, Senayan, Jakarta, Selasa (8/1/2019).Timnas U-22 yang terdiri dari 38 pemain hasil seleksi menjalani pemusatan latihan untuk persiapan Piala AFF U-22 di Kamboja, Kualifikasi AFC U-23 di Vietnam, dan Sea Games 2019 di Filipina. (ANTARA FOTO/Putra Haryo Kurniawan)

Indra menjelaskan ia telah menjalin komunikasi lebih dini agar para pemain yang berada di luar negeri nantinya bisa bergabung membela timnas U-22 dalam kualifikasi Piala Asia U-23 di Vietnam pada Maret mendatang.

Baca Juga: AC Milan Ingin Datangkan Raja Gol Piala Asia 2019?

"Tapi nanti di AFC (Piala Asia U-23), karena itu agenda dari FIFA, dia wajib (ikut), makanya kita sudah jalin komunikasi mulai dari sekarang," kata Indra seperti dimuat Antara.

Indonesia bakal mengawali kiprah di Piala AFF U-22 dengan menghadapi Myanmar pada 18 Februari. Sebagai persiapan Garuda Muda bakal melakoni dua laga uji coba menghadapi Bhayangkara FC di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, pada Rabu (6/2/2019) dan Arema FC pada Minggu (10/2/2019) di Malang.

Indra dalam beberapa kesempatan menuturkan Piala AFF U-22 sekaligus menjadi seleksi lanjutan menyongsong fase kualifikasi Piala Asia U-23 di Vietnam, Maret mendatang.

Baca Juga: Pelatih Persib Bandung: Kami Siap Main Di Mana Saja Asal Bobotoh Penuh

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak