3 Alasan Kenapa Pelatih Luis Milla Pantas Dipertahankan

Gagal memenuhi target, nasib pelatih Timnas Indonesia u-23, Luis Milla di ujung tanduk. Penggemar sepakbola Indonesia ramai-ramai menginginkan ia tetap bertahan

Galih Priatmojo | BolaTimes.com
Minggu, 26 Agustus 2018 | 14:18 WIB
Pelatih Timnas Indonesia, Luis Milla memberi instruksi kepada anak asuhnya saat pemusatan latihan (PSSI)

Pelatih Timnas Indonesia, Luis Milla memberi instruksi kepada anak asuhnya saat pemusatan latihan (PSSI)

Bolatimes.com - Kegagalan Timnas Indonesia memenuhi target di ajang Asian Games 2018 berdampak pada status pelatih Luis Milla. Nasib juru taktik asal Spanyol itupun di ujung tanduk.

Sempat ramai kabar bahwa PSSI bakal menyudahi kerjasamanya dengan Luis Milla, para pecinta sepakbola Indonesia pun bereaksi. Di jejaring sosial media, sejumlah warganet menyerbu akun Instagram milik Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi meminta agar Gubernur Sumatra Utara itu tetap mempertahankan pelatih yang pernah berseragam Real Madrid itu.

Tak hanya sampai di situ, beberapa warganet lainnya bahkan mengeluarkan sebuah petisi yang diterbitkan di sebuah laman www.change.org dengan judul ''Perpanjang Kontrak Luis Milla!''. Hingga siang ini, para pecinta sepakbola Indonesia yang sudah menandatangani petisi itu telah mencapai 41 ribu lebih dari target 50 ribu.

Jika ditilik lebih jauh merujuk pada hasil, prestasi Luis Milla sebetulnya bisa dibilang tak bagus-bagus amat. Sejak pertama kali membesut Timnas Indonesia di tahun 2017 lalu, Luis Milla mencatatkan kemenangan sebelas kali, lima kali imbang dan tujuh kali kalah dari 23 laga bersama Timnas Indonesia senior dan U-23.

Di tahun 2018, bersama Timnas Indonesia U-23, Luis Milla hanya mampu memetik sekali menang dari enam laga ujicoba. Satu-satunya kemenangan itu diraih kala bersua ke markas Timnas Singapura dengan skor 3-0.

Meski terlihat kurang greget dari segi kuantitas, pelatih yang pernah membesut Timnas Spanyol U-21 dan U-23 ini memberi sentuhan yang luar biasa bagi perkembangan Timnas Indonesia.

Nah, untuk lebih lengkapnya, yuk simak tiga alasan mengapa Luis Milla patut dipertahankan sebagai pelatih Timnas Indonesia

Pondasi filosofi bermain

Memang belum ada prestasi yang diberikan Luis Milla untuk Timnas Indonesia. Belum ada skor besar yang dihasilkan seperti di jaman kepelatihan Peter Withe, Ivan Kolev di Piala Asia 2007, atau tiga periode Alfred Riedl bersama skuat Garuda.

Tetapi ada satu aspek yang menjadi pencapaian bagus Luis Milla, yang tidak kasat mata tapi sangat berpengaruh bagi masa depan timnas Indonesia. Itu adalah pembentukan kerangka tim dan filosofi bermain, yang membuat timnas Indonesia memiliki kejelasan dalam pola permainan.

Luis Milla telah melakukannya sejak menangani Timnas U-23 di SEA Games 2017. Pola permainan Indonesia mulai rapi dengan skema yang jelas, dan tensi tinggi yang biasanya melekat dalam diri pemain kali ini tidak terlalu terlihat.

Timnas Indonesia berfoto bersama sebelum bertanding melawan tim sepak bola Uni Emirat Arab pada babak 16 besar pada Asian Games 2018 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Jawa Barat, Jumat (24/8). (ANTARA FOTO/INASGOC/Djuli Pamungkas)
Timnas Indonesia berfoto bersama sebelum bertanding melawan tim sepak bola Uni Emirat Arab pada babak 16 besar pada Asian Games 2018 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Jawa Barat, Jumat (24/8). (ANTARA FOTO/INASGOC/Djuli Pamungkas)

Berganti tahun, wajah timnas Indonesia juga ikut berubah. Terutama berubah menjadi tim dengan mentalitas tahan banting. Indonesia bukan lagi tim yang setelah kebobolan sekali semangatnya langsung loyo.

Buktinya bisa terlihat dari statistik di ajang Asian Games 2018. Selama babak penyisihan Grup A, Timnas Indonesia U-23 hampir selalu mampu mencetak gol di babak kedua. Dari empat laga hanya ketika lawan Palestina, skuat Garuda Muda kalah.

Mampu memaksimalkan potensi pemain

Bisa dibilang Luis Milla adalah pelatih yang cukup berani bereksperimen selama membesut skuat Garuda Muda.

Sebut saja nama Septian David Maulana. Penggawa Mitra Kukar ini menjelma jadi gelandang berbahaya semenjak dipoles Luis Milla. Di bawah asuhannya, Septian David Maulana yang mulanya berposisi sebagai gelandang sayap dipindah sebagai gelandang serang. Alasannya tak lain melihat pergerakannya yang dinamis baik saat menguasai bola maupun tidak.

Walhasil, di ajang SEA Games 2018, pemain asal Semarang ini mampu jadi kunci bagi kemenangan Timnas Indonesia U-23 ketika kesulitan mencetak gol ke gawang lawan.

Selain itu ada pula nama Evan Dimas Darmono. Pemain yang tampil trengginas sebagai gelandang serang di era Timnas U-19 besutan Indra Sjafri ini secara berani diubah oleh Milla sebagai gelandang bertahan.

Pemain timnas Indonesia U-23 Evan Dimas (6) saat mengamankan bola dari pemain pemain Taiwan Hungwei Chen (13) pada pertandingan Grup A Asian Games ke-18 di Stadion Patriot, Bekasi Minggu (12/8). (ANTARA/INASGOC/Charlie)
Pemain timnas Indonesia U-23 Evan Dimas (6) saat mengamankan bola dari pemain pemain Taiwan Hungwei Chen (13) pada pertandingan Grup A Asian Games ke-18 di Stadion Patriot, Bekasi Minggu (12/8). (ANTARA/INASGOC/Charlie)

Meski tak seproduktif kala bersama Timnas U-19, tetapi Evan Dimas sukses jadi sosok deep lying playmaker. Bahkan di ajang Asian Games 2018, pemain yang kini berseragam Selangor FC itu membukukan statistik yang tak kalah gemilang dibanding rekan-rekannya.

Dari data statistik yang dilansir dari Labbola, Evan Dimas mampu melepaskan 49 operan dengan rincian 43 operan tepat sasaran atau sekitar 87 persen saat menghadapi China Taipe dan menerima total 72 operan serta membukukan 78 operan sukses kala menghadapi Laos. Angka ini tertinggi dalam laga tersebut.

Tak hanya itu, sebagai penyeimbang Evan Dimas juga mampu mencatatkan 4 tekel dengan 3 sukses dan satu interception dan clearance. Jumlah ini jauh lebih tinggi dibanding Hansamu Yama.

Di laga kontra Laos, Evan Dimas bahkan mampu mencatatkan tekel 6 dengan 5 sukses.

Dengan kemampuannya yang krusial itu, banyak yang kemudian menduga bahwa kekalahan atas Palestina di laga kedua Grup A Asian Games 2018 dikarenakan ia tak diturunkan.

Cakap dalam membaca permainan

Selama gelaran Asian Games 2018, Timnas Indonesia seringkali kesulitan untuk membongkar pertahanan lawan terutama di babak pertama. Bahkan Evan Dimas dkk harus tertinggal lebih dulu sebelum akhirnya mampu membalikkan keadaan.

Situasi tersebut seperti kala Timnas Indonesia U-23 berhadapan dengan Uni Emirat Arab di fase gugur Asian Games 2018 lalu.

Sempat tertinggal di babak pertama tak membuat Penggawa Garuda Muda tertekan. Sebaliknya mereka menunjukkan kematangan mental, tetap bermain tenang menggeber strategi ofensif. Buktinya adalah sumbangsih gol Alberto Goncalves (menit 52') dan Stefano Lilipaly pada masa injury time (94').

Demi menambah daya dobrak Timnas Indonesia U-23, Luis Milla memasukkan sosok Septian David Maulana. Pemain Mitra Kukar ini dimasukkan bukan sebagai gelandang serang tetapi sebagai winger.

Septian David Maulana (Instagram/Galih)
Septian David Maulana (Instagram/Galih)

Di saat bersamaan Milla juga menggeser posisi main winger ofensif Febri Haryadi sebagai bek sayap kiri.

Assist umpan diagonal Septian memperlihatkan kejelian Luis Milla melihat titik lemah sisi kanan pertahanan UEA. kedua skenario taktiknya hampir mirip, crossing Saddil Ramdani dari sisi yang sama dimakan Lilipaly untuk kemudian berbuah gol.

Situasi sama juga terjadi pada laga terakhir penyisihan Grup A kontra Hong Kong. Sempat tertinggal 0-1 di paruh pertama. Luis Milla melakukan perubahan taktik kilat pada paruh kedua pertandingan.

Timnas Indonesia U-23 yang main dengan strategi melebar, bermain lebih ke tengah untuk membongkar pertahanan rapat Hong Kong. Hasilnya tiga gol sukses dilesakkan skuat Garuda Muda dan mengantar mereka jadi juara Grup A.

 

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak