Boladunia

Nekat, Kisah Fans Tempuh Jarak Ribuan Km Naik Motor Demi Dukung Lionel Messi di Piala Dunia 2022

Seorang fans rela naik motor menempuh jarak ribuan km demi mendukung Messi tampil di Piala Dunia 2022 Qatar.

Rauhanda Riyantama

Francisco Rillo lewati banyak negara demi dukung Lionel Messi di Piala Dunia 2022 Qatar. (Dok. ole.com)
Francisco Rillo lewati banyak negara demi dukung Lionel Messi di Piala Dunia 2022 Qatar. (Dok. ole.com)

Bolatimes.com - Francisco Rillo lakoni perjalanan yang tak akan ia lupakan seumur hidupnya. Demi bisa memberi dukungan langsung untuk Lionel Messi di Piala Dunia 2022, Rillo arungi ribuan kilometer gunakan sepeda motor.

Rillo menempuh perjalanan darat sejauh 10.460 kilometer dari kota Johannesburg di Afrika Selatan untuk datang ke Qatar.

Gunakan sepeda motor yang baru ia beli, Rillo berangkat dari Johannesburg dari 23 September 2022 dan berharap sudah tiba di Qatar sebelum pembukaan Piala Dunia 2022.

Motor yang dipakai Rillo bukan motor besar namun hanya motor tipe Honda Supra. Kecepatan motor Rillo tak lebih dari 70 km/jam saja.

Mengutip dari laporan media Ole, Rillo menceritakan selama perjalanannya melintasi beberapa negara di Afrika ia mendapat banyak pengalaman, dari yang terbaik hingga terburuk.

"Saya memiliki banyak pemandangan indah selama perjalanan. Namun di satu sisi saya takut karena saya sangat dekat hewan buas," ucapnya.

"Saya menghabiskan empat hari di antara suku-suku di Zambia, di mana tidak ada satu pun dari mereka bisa berbahasa Inggris," lanjutnya.

Saat berada di Tanzania, Rillo dapat pengalaman lain. Ia terpaksa harus mendorong motornya karena kondisi jalan sangat rusak.

"Ada tempat di mana saya baru mendorong motor karena banyak jalan yang rusak. Saya juga harus berhati-hati agar tidak jatuh ke parit,"

Situasi lebih menenggakan dihadapi Rillo saat tiba di wilayah konflik. Ia harus memilih harus melewati Ethopia, Somalia atau Sudan Selatan.

Rillo akhirnya memilih untuk melewati Ethopia yang menurutnya lebih baik dibanding harus melewati Somalia atau Sudan Selatan.

Namun nahas saat tiba di Ethopia, ia harus merelakan sepeda motornya. Hal ini lantaran ada aturan baru di sana yang mewajibkan orang asing membayar pajak tiga kali lipat saat naik motor.

"Di Ethopia ada aturan bahwa orang asing harus meninggalkan jaminan untuk kendaraan yang dibawa dan membayar pajak tiga kali lipat. Uang itu harus dibayar tunai, tidak ada kartu kredit di sana," ungkapnya.

Ia pun terpaksa mencoba menelepon pihak kedutaan namun tidak banyak membantunya. Ia pun terpaksa melanjutkanya perjalanan dengan bus dan motornya ditinggal di Ethopia.

"Di jalan Ethopia, saya dihentikan banyak petugas dan mendapat pemeriksaan sebanyak 50 kali oleh mereka,"

Saat ini Rillo telah berada di UEA dan bersiap untuk melanjutkan perjalanan ke Qatar menggunakan bus. Sayangnya Rillo ternyata sampai saat ini belum memiliki tiket pertandingan Timnas Argentina di Piala Dunia 2022.

(Suara.com/Galih Prasetyo)

Berita Terkait

Berita Terkini