Mengenal Evolusi Jersey Sepak Bola dari Masa ke Masa

Jersey terus mengalami perkembangan dari masa ke masa.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Senin, 25 Oktober 2021 | 07:00 WIB
Jersey aneh Athletic Bilbao (Dok. The Sun)

Jersey aneh Athletic Bilbao (Dok. The Sun)

Bolatimes.com - Evolusi jersey yang digunakan dalam sebuah sepak bola tak bisa dipisahkan dari perjalanan sejarah. Sebab, jersey menjadi salah satu identitas yang sangat penting bagi sebuah klub sepak bola yang bertanding di atas lapangan.

Meskipun demikian, pada masa-masa awal sejarah permainan sepak bola, klub yang bertanding tak menggunakan jersey yang khusus.

Sebab, saat itu belum ada regulasi yang mengatur soal jersey yang harus digunakan. Ketika itu, tak ada penyeragaman jersey bagi klub dan belum ada pula nomor punggung yang digunakan.

Baca Juga: Zayn Ali Salman, Balita Rekrutan Baru Arsenal yang Dijuluki 'Little Messi'

Seiring berjalannya waktu, regulasi-regulasi mulai ditetapkan. Teknologi demi teknologi juga mulai berkembang untuk menyajikan jersey terbaik bagi pesepak bola.

Berikut Bolatimes.com menyajikan perjalanan evolusi jersey sepak bola dari masa ke masa, dirangkum dari berbagai sumber.

Akhir Abad 18

Baca Juga: Elkan Baggott Tolak Panggilan Timnas Indonesia, Ipswich Town Kena Getahnya

Pada akhir abad ke-18, belum ada regulasi yang secara khusus mengatur soal jersey pemain sepak bola. Saat sepak bola mulai populer di Inggris, FA belum menetapkan aturan apa pun.

Sebab, pada masa-masa ini, pesepak bola bisa menggunakan pakaian apa pun yang mereka sukai dalam sebuah pertandingan sepak bola.

Aturan Seragam pada 1891

Baca Juga: Jelang Derbi Barat Laut, Ini 5 Kemenangan Terbesar Liverpool Atas MU

Aturan mengenai jersey yang digunakan dalam sebuah pertandingan sepak bola mulai diterapkan pada tahun 1981.
Saat itu, FA memutuskan semua klub yang bertanding untuk menggunakan pakaian yang seragam.

Pada masa-masa ini, jersey yang digunakan oleh pesepak bola masih menggunakan pakaian berbahan wol dan berlengan panjang.

Bahkan, celana yang digunakan ialah celana panjang yang disebut juga sebagai knickerbocker.

Baca Juga: Jelang Derbi Barat Laut, Ini 5 Kemenangan Terbesar MU Atas Liverpool

Awal Abad 19

Memasuki masa-masa awal abad ke-19, jersey sepak bola yang digunakan dalam sebuah pertandingan mulai berganti bahan menjadi katun.

Sebab, jersey yang berbahan katun lebih ringan. Selain itu, potongan jersey juga rumit dan wajib menggunakan kerah.

Pada masa-masa ini, jersey sudah mulai menggunakan nomor punggung sebagai identitas masing-masing pemain.

Awalnya, regulasi soal penomoran jersey sepak bola sudah mulai disahkan pada tahun 1928.

Periode 1950 hingga 1960-an

Memasuki tahun 1950 hingga 1960-an, jersey sepak bola mulai beralih bahan menjadi kain sintetis.

Pada saat itu, jersey sepak bola juga mulai mengenal emblem klub atau logo yang ditempelkan ke dalam jersey.

Sementara pada bagian kerah, masa-masa ini mulai melahirkan desain baru karena menggunakan kerah berbentuk “V’.

Periode 1970-an

Saat memasuki dekade 1970-an, dunia sepak bola mulai kebanjiran apparel-apparel baru yang menyediakan jersey mereka. Logo-logo apparel pun mulai menghiasi jersey sebuah klub. 

Masuknya apparel ini juga membuat regulasi lebih longgar untuk mengizinkan setiap apparel bereksperimen dengan desain jersey sepak bola.

Periode 1980 hingga 1990-an

Setelah masuknya apparel yang menyediakan jersey, klub-klub sepak bola mulai mencantumkan sponsor mereka di jersey.

Selain sponsor yang kerap muncul di bagian dada, nomor punggung pemain juga mulai muncul pada bagian atasnya.

Jersey Modern

Memasuki awal-awal abad ke-21, atau mulai tahun 2000, teknologi jersey dalam dunia sepak bola semakin canggih.

Muncul sejumlah bahan, mulai dari lycra hingga dry-fit, yang digunakan sebagai bahan jersey klub sepak bola.

Kedua bahan ini memungkinkan sistem distribusi ventilasi angin ke dalam sebuah jersey. Kondisi ini membantu pemain agar lebih nyaman ketika bertanding.

Pada masa-masa ini, desain jersey sepak bola juga mulai tampil elegan dan disesuaikan dengan ukuran tubuh pemain.

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak