5 Pesepak Bola yang Terjun ke Dunia Politik, Ada dari Indonesia

Dunia politik dan sepak bola ternyata serupa. Buktinya, banyak di antara pemain sepak bola yang terjun ke dunia politik usai gantung sepatu. Meski ada yang sukses tapi tak sedikit yang gagal.

Galih Priatmojo | BolaTimes.com
Selasa, 24 Juli 2018 | 11:37 WIB
Pemain legendaris asal Brasil, Pele [AFP]

Pemain legendaris asal Brasil, Pele [AFP]

Bolatimes.com - Baru-baru ini, dunia sepak bola Indonesia kembali digoyang. Ketua Umum Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI), Edy Rahmayadi diganjar sebuah petisi yang memintanya untuk melepaskan jabatan sebagai pucuk pimpinan federasi sepak bola Indonesia.

Pemrakarsa petisi berargumen bahwa Edy lebih baik fokus sebagai pemimpin Sumatera Utara setelah beberapa waktu lalu menang di Pilkada setempat. Menurut si pemrakarsa, Edy kemungkinan tidak akan fokus menjalankan program kerjanya di PSSI jika sudah menjabat sebagai gubernur.

Ya, sepak bola baik di Indonesia maupun di luar negeri memang tak bisa serta merta lepas dari politik. Selain para pejabat federasi sepak bola yang terjun ke dunia politik, tak sedikit lho para pemain atau mantan pemain sepak bola yang ikut-ikutan terjun ke dunia politik.

Baca Juga: Klasemen Sementara Liga 1 2018, Persib Bisa Rebut Posisi Puncak

Ada yang sukses bergelut di politik, tetapi tak sedikit pula yang kandas lantaran aksinya kurang selihai di lapangan hijau.

Berikut 5 pemain sepak bola yang akhirnya terjun ke dunia politik.

Kakha Kaladze

Baca Juga: Terungkap, Cara Pep Guardiola Memotivasi Pemain Manchester City

Mantan bek AC Milan ini merupakan salah satu pemain yang sukses berkiprah di dunia politik. Setelah pensiun pada tahun 2012, Kaladze bergabung dengan Partai Oposisi pemerintah Georgia yang didirikan oleh Bidzina Ivanishvili.

Kakha Kaladze/Instagram
Kakha Kaladze/Instagram

Dirinya pun ditunjuk sebagai Menteri Energi Georgia pada kabinet Bidzina Ivanishvili pada Oktober 2012 lalu. Kini Kaladze menjadi Wali Kota Tbilisi, Georgia.

Andriy Shevchenko

Baca Juga: 5 Pemain Terbaik Ini Tak Pernah Rasakan Piala Dunia

Bomber yang satu ini merupakan salah satu penyerang berbahaya di eranya. Mantan pemain AC Milan dan Chelsea ini bahkan didapuk sebagai pencetak gol terbanyak ketiga setelah Fillipo Inzaghi dan Raul dalam kompetisi klub sepak bola Eropa dengan mengoleksi 67 gol.

Andriy Shevchenko/instagram
Andriy Shevchenko/instagram

Setelah menyatakan gantung sepatu pada Euro 2012, mantan penggawa Dynamo Kyiv ini banting stir menjadi politisi.

Memang, selama berkarier sebagai pemain sepakbola, Andriy Shevchenko telah menunjukkan minatnya dalam dunia politik dengan mendukung Partai Sosial Demokrat Ukraina. Namun dirinya baru benar-benar terjun pada tahun 2012. Ia bergabung dengan 'Ukraine - Forward!'.

Baca Juga: Setelah Casillas, Kini Salah Beri Dukungan Kepada Loris Karius

Namun pada pemilihan anggota parlemen saat itu, Sheva hanya mengemas 1,58 persen suara dan gagal menjadi wakil 'Ukraine - Forward' di parlemen.

Pele

Pemain ajaib asal Brasil ini hingga saat ini masih menjadi pemegang rekor sebagai pencetak gol termuda di final Piala Dunia.

Meski memiliki segudang prestasi di ranah sepak bola, Pele tampaknya lebih tergoda untuk beradu gocek di lapangan politik.

Pele/Instagram
Pele/Instagram

Pada tahun 1995, sang legenda Brasil ini ditunjuk oleh Presiden negaranya untuk menjadi Menteri Luar Biasa Olahraga. Fernando Henrique Cardoso yang saat itu menjabat sebagai Presiden melihat Pele sebagai sosok yang tepat untuk menghidupkan kembali olahraga Brasil.

Ia memegang jabatan tersebut hingga tahun 2001. Pele meninggalkan dunia politik dengan catatan merah karena diduga terlibat dalam sebuah skandal korupsi.

Marc Wilmots

Mantan pemain yang kemudian juga menjadi pelatih timnas Belgia ini mengakhiri karier sebagai pemain sepakbola pada 2003. Dirinya kemudian langsung terjun ke dunia politik dengan menjadi anggota partai liberal negaranya, Gerakan Reformis (Mouvement Réformateur). Fokus utamanya adalah mengembangkan aspek olahraga di Belgia.

Marc Wilmots/Instagram
Marc Wilmots/Instagram

Namun sayang ia mendapat banyak protes dari penduduk Belgia. Ia pun mengundurkan diri dari dunia politik pada 2005 dan menekuni profesi sebagai pelatih setelahnya.

Budi Sudarsono

Mantan penyerang Timnas Indonesia yang berjuluk Phyton ini di tahun ini ternyata memutuskan untuk terjun ke dunia politik.

Pemain yang akrab disapa Awiek ini maju ke Pemilu Legislatif 2019 untuk menjadi anggota DPRD Kabupaten Kediri, bersama Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Budi Sudarsono/Instagram
Budi Sudarsono/Instagram

Di lapangan hijau, nama Budi Sudarsono dikenal sebagai penyerang yang lihai berkelit dari penjagaan bek lawan. Oleh karena itulah ia mendapat sebutan Si Ular Phyton.

Sepanjang karirnya ia tercatat telah bermain untuk sejumlah klub besar di antaranya Persebaya Surabaya, Persija Jakarta, Persik Kediri, Persib Bandung, dan Sriwijaya FC. Sementara itu untuk tim luar negeri, Budi Sudarsono pernah membela PDRM Fa di Liga Malaysia pada 2007.

Prestasi terbaik Budi Sudarsono sebagai pemain adalah membawa Persija Jakarta juara Liga Indonesia tahun 2001, kemudian menjuarai Copa Indonesia bersama Sririjaya FC di musim 2008/2009. Kemudian di tim nasional, pria kelahiran Kediri 38 tahun silam ini mencatatkan 46 penampilan dan 16 gol. Salah satu golnya yang masih lekat di kepala yakni ketika menjebol gawang Bahrain di laga pembuka Grup D Piala Asia 2007 silam. Sumbangan satu golnya berhasil membawa Timnas Indonesia saat itu menang 2-1 atas Bahrain.

Dari pemain, Budi Sudarsono pun merambah ke dunia kepelatihan. Ia pernah menjabat sebagai asisten pelatih Kalteng. Selain itu ia pernah menjadi direktur teknik tim asal Pemalang, Kuta FC.

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak