Boladunia

Pembelaan Gareth Southgate Atas Kekalahan Inggris dari Kroasia

Ia menilai anak asuhnya kalah pengalaman untuk melaju ke final Piala Dunia 2018.

Stephanus Aranditio | Irwan Febri Rialdi

Pelatih Inggris, Gareth Southgate. (Sumber: Thefa.com).
Pelatih Inggris, Gareth Southgate. (Sumber: Thefa.com).

Bolatimes.com - Pelatih Inggris, Gareth Southgate menilai faktor pengalaman menjadi salah satu penyebab anak asuhnya gagal melaju ke partai final Piala Dunia 2018.

Inggris harus mengubur mimpi untuk tampil di partai puncak Piala Dunia 2018. Bersua Kroasia pada laga semifinal di Stadion Luhzniki, Rabu (11/7/2018) atau Kamis dini hari WIB, skuat The Tree Lions tumbang tipis 1-2.

Pertandingan itu pun berlangsung sengit. Inggris yang telah unggul sejak menit ke-5 harus menelan pil pahit kala Kroasia mampu membalasa] di menit ke-56. Mimpi buruk Harry Kane semakin menjadi-jadi saat pada babak tambahan Mario Mandzukic membobol gawang Inggris. Skor 2-1 pun menjadi milik Krosia.

Harry Kane. (Sumber: Twitter/@FIFAWorldcup).
Harry Kane. (Sumber: Twitter/@FIFAWorldcup).

Dengan demikian, Kroasia dipastikan melaju ke final Piala Dunia 2018. Sementara skuat Tiga Singa akan menghadapi perebutan tempat ketiga sebagai pelipur lara.

Melihat keadaan tersebut, Southgate menyadari jika anak asuhnya memang minim pengalaman di turnamen akbar empat tahunan itu. Apalagi, atmosfer semifinal Piala Dunia 2018 pastinya bertensi tinggi.

"Saya kira, kami bermain sangat bagus di babak pertama, mengingat atmosfer di laga ini. Saya senang dengan cara kami mengontrol penguasaan bola dan keputusan yang kami buat," ujar Southgate, dikutip dari Goal.

"Anda memang benar. Ketika Anda memainkan pertandingan sebagaimana kami, Anda perlu mencetak gol kedua di titik itu. Di babak kedua, kami kurang tenang. Kami jadi tim yang paling tidak berpengalaman dengan kesempatan untuk melaju ke final. Apakah ini berdampak pada keputusan yang tidak kami sadari? Saya tidak tahu," tuturnya menambahkan.

Lebih lanjut, pelatih asal Inggris itu turut memuji permainan sang lawan. Ia mengatakan jika anak asuh Zlatko Dali memang tampil luar biasa.

Pelatih Inggris, Gareth Southgate. (Sumber: Thefa.com).
Pelatih Inggris, Gareth Southgate. (Sumber: Thefa.com).

"Kredit untuk Kroasia, mereka bermain tangguh, mereka punya pemain-pemain yang luar biasa. Para pemain kami kembali tenang di babak perpanjangan waktu, bahkan lebih," kata pelatih 47 tahun itu.

"Ketika Anda mencapai fase ini, marjin gol tak jadi masalah. Saya perlu melihat kembali dan memahami, tetapi saya kira peluang-peluang yang kami dapat sama bagusnya dengan milik mereka, tapi mereka berhasil mencetak gol," imbuhnya menutup.

Pada laga perebutan tempat ketiga Piala Dunia 2018, Inggris akan ditantang oleh Belgia. Ini akan menjadi partai ulangan, di mana keduanya sudah pernah bersua pada laga pemungkas fase Grup G. Saat itu, Belgia keluar sebagai pemenang berkat gol semata wayang Adnan Januzaj.

Berita Terkait

Berita Terkini