Boladunia

Tradisi Pemain Inter Milan di Final Piala Dunia Terus Berlanjut

Kini Ivan Perisic dan Marcelo Brozovic menjadi penerus wakil Inter Milan di final Piala Dunia.

Stephanus Aranditio | Irwan Febri Rialdi

Timnas Kroasia/Instagram
Timnas Kroasia/Instagram

Bolatimes.com - Tersingkirnya Inggris di semifinal Piala Dunia 2018 kemungkinan karena mereka tak memiliki pemain Inter Milan di dalam skuat mereka. Itulah mitos yang telah bertahan sejak edisi 1982.

Piala Dunia seperti memeiliki tempat khusus untuk pemain Inter Milan. Pada laga puncak turnamen empat tahunan itu entah sengaja atau tidak, selalu ada pemain Inter Milan di sana.

Tradisi itu terbukti kembali dengan berhasilnya Kroasia menang 2-1 atas Inggris pada semifinal Piala Dunia 2018 di Stadion Luzhniki, Rabu (11/7/2018) atau Kamis dini hari WIB. Dalam skuat Vatreni, terdapat dua pemain Inter Milan, mereka adalah Ivan Perisic dan Marcelo Brozovic.

Ivan Perisic. (sumber: Twitter/@FIFAWorldcup).
Ivan Perisic. (sumber: Twitter/@FIFAWorldcup).

Kedua pemain itu pun akan melajutkan mitos dengan akan tampil di final Piala Dunia melawan Prancis di Stadion Luzhniki, Moskow, Minggu (15/7/2018).

Ditarik mundur ke belakang, berikut para pemain Inter Milan di final Piala Dunia sejak 1982:

1. Final 1982 (Italia vs Jerman Barat)

Giuseppe Bergomi dan Gabriele Oriali tampil untuk Italia dan berhasil keluar sebagai juara setelah menang 3-1 atas skuat Den Panzer.

2. Final 1986 (Argentina vs Jerman Barat)

Karl-Heinz Rummenigge, menjadi wakil Inter Milan di final Piala Dunia 1986. Ia bahkan mencetak gol di partai puncak. Sayangnya kala itu Argentina kalah 2-3.

3. Final 1990 (Jerman Barat vs Argentina)

Pada final Piala Dunia 1990 ada tiga pemain Inter Milan. Ketiga pemain itu berada di kubu Jerman Barat, yakni Juergen Klinsmann dan Lothar Matthaeus, dan Andreas Brehme.

4. Final 1994 (Italia vs Brasil)

Nicola Berti menjadi satu-satunya pemain Inter Milan di partai puncak Piala Dunia edisi 1994 yang mempertemukan antara Italia kontra Brasil.

Pada laga itu, Brasil keluar sebagai juara setelah menang melalui drama adu penalti.

5. Final 1998 (Prancis vs Brasil)

Kala itu, dua pemain Inter Milan tampil di final Piala Dunia 1998, tetapi saling berlawan. Youri Djorkaeff yang bermain untuk Prancis sukses keluar sebagai juara setelah menang 3-0 atas Brasil yang dihuni Ronaldo.

6. Final 2002 (Brasil vs Jerman)

Ronaldo yang bermain untuk Inter Milan kembali tampil di final Piala Dunia edisi selanjutnya. Bersua Jerman, ia bahkan tampil gemilang dengan mencetak dua gol.

Selain itu, Ronaldo juga keluar sebagai top skor Piala Duia 2002 dengan koleksi enam gol.

7. Final 2006 (Italia vs Prancis)

Final Piala Dunia 2006 mempertemukan Italia melawan Prancis. Saat itu, skuat Gli Azzurri keluar sebagai juara dengan dua pemain Inter Milan, Marco Materazzi dan Fabio Grosso.

8. Final 2010 (Belanda vs Spanyol)

Inter Milan kembali menyumbang wakil di final Piala Dunia 2018 yang mempertemukan anatar Belanda melawan Spanyol. Wesley Sneijder tampil sebagai perwakilan.

Sayangnya, ia gagal menjadi juara dengan kelahan tipis 0-1 yang dilesatkan mantan pemain Barcelona, Andes Iniesta.

9. Final 2014 (Argentina vs Jerman)

Piala Dunia edisi sebelumnya, Jerman berhasil keluar sebagai juara. Pada laga final melawan Argentina ada satu pemain Inter Milan yang turut mewarnai laga.

Ia adalah Rodrigo Palacio yang tampil sebagai pemain pengganti. Namun, Argentina yang diperkuat Lionel Messi gagal menjadi juara setelah kebobolan oleh pemain mungil Jerman, gol Mario Goetze pada menit ke-113.

loading...

Berita Terkait

Berita Terkini