Sempat Tertinggal, Belgia Singkirkan Jepang Secara Dramatis

Belgia menang 3-2 atas Jepang setelah tertinggal dua gol lebih dulu.

Stephanus Aranditio | BolaTimes.com
Selasa, 03 Juli 2018 | 03:26 WIB
Belgia Vs Jepang (Sumber: FIFA)

Belgia Vs Jepang (Sumber: FIFA)

Bolatimes.com - Hasil dramatis mewarnai babak 16 Besar Piala Dunia 2018 yang mempertemukan antara Belgia dan Jepang pada, Selasa (3/7/2018) dini hari WIB. Sempat tertinggal 0-2, Belgia membalikkan keadaan dan menyingkirkan Jepang dengan skor 3-2.

Sebelumnya, kedua tim bermain imbang tanpa gol di babak pertama dalam pertandingan yang berlangsung di Rostov Arena, Rusia.

Mentalitas para pemain Belgia patut diacungi jempol karena mampu mengejar kertertinggalan dua gol dari anak-anak Samurai Biru yang tampil mengejutkan.

Baca Juga: Suporter Cantik Asal Rusia Tidak Terima Dicap Bintang Film Porno

Jalannya Pertandingan

Jepang mengawali pertandingan dengan baik. Anak asuh Akira Nishino mendominasi pertandingan dan cukup membuat repot barisan pertahanan Belgia.

Belgia sendiri tampak kesulitan menembus benteng pertahanan yang dijaga rapat oleh kuartet Hiroki Sakai, Maya Yoshida, Gen Shoji, dan Yuto Nagatomo.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik di Balik Kesuksesan Brasil Singkirkan Meksiko

Peluang pertama Belgia tercipta di menit 15. Namun, sepakan keras kaki kiri Axel Witsel dari luar kotak penalti hanya menghasilkan sepak pojok setelah membentur kaki pemain Jepang.

Begitu pula dengan tendangan kaki kanan bomber haus gol mereka, Romelu Lukaku, yang masih bisa diblok oleh Nagatomo, eks pemain Inter Milan yang kini merumput di Liga Turki bersama Galatasaray.

Di pertengahan babak pertama, kedua negara silih berganti mendominasi permainan. Di menit 30, Jepang nyaris menjebol gawang Belgia.

Baca Juga: Neymar Bawa Brasil Geser Jerman di Puncak

Beruntung, kiper Thibaut Courtois dengan tenang mampu menyelamatkan gawangnya, menangkap bola hasil sundulan Takashi Inui hasil umpan tarik rekannya dari sisi kiri.

Menit 44, Courtois nyaris lakukan blunder setelah bola mendatar hasil sepakan Nagatomo kurang sempurna diamankannya.

Skor tanpa gol di babak pertama laga Belgia versus Jepang bertahan hingga wasit meniup peluit panjang tanda turun minum.

Baca Juga: Brasil Melaju ke Perempat Final Usai Tundukkan Meksiko 2-0

Balikkan Ketertinggalan

Di babak kedua, Jepang mulai membuat mata penonton terbelalak. Tepatnya saat babak kedua baru berjalan tiga menit.

Berawal dari sebuah serangan balik, Gaku Shibasaki mengirim umpan terobosan ke arah jantung pertahanan lawan. Bek Belgia, Jan Vertonghen gagal memotong bola.

Situasi ini dimanfaatkan Genki Haraguchi yang mengejar bola. Tanpa banyak kesulitan, Haraguchi menjebol gawang Courtois. Skor sementara 1-0 untuk keunggulan Belgia.

Dua menit berselang, Belgia memiliki peluang menyamakan kedudukan. Beruntung bagi Jepang, tendangan Eden Hazard masih diselamatkan tiang gawang.

Gawang Courtois kembali bergetar pada menit 52. Berawal dari kerja sama satu dua dengan Kagawa, Takashi Inui mencetak gol indah dari luar kotak penalti.

Gelandang yang merumput bersama Real Betis di Liga Spanyol ini melepaskan tembakan ke sudut kiri gawang yang tak mampu diantisipasi Courtois.

Pada menit 61, Lukaku memiliki peluang memperkecil ketertinggalan Belgia, menyambut umpan Thomas Meunier dari sisi kanan. Sayang, sundulannya masih belum menemui sasaran yang tepat.

yang ditunggu-tunggu Belgia pun tercipta delapan menit kemudian. Berawal dari kemelut di depan gawang, Vertonghen menyundul bola ke arah tiang jauh sebelah kiri gawang Jepang.

Penjaga gawang Jepang, Eiji Kawashima, gagal mengantisipasi bola dan membuat skor berubah menjadi 2-1 masih untuk keunggulan Jepang.

Para pemain Belgia akhirnya bisa lepas dari tekanan mental setelah Marouane Fellaini mencetak gol penyama kedudukan di menit 74.

Fellaini yang baru masuk menggantikan Dries Mertens pada menit 65, memanfaatkan postur tubuhnya untuk menyundul bola menyambut umpan Hazard dari sisi kiri.

Bola sundulan pemain dengan tinggi 194 cm ini langsung menusuk jala gawang Jepang. Skor pun imbang menjadi 2-2.

Di menit 85, Kawashima membuat dua penyelamatan gemilang. Dia berhasil mementahkan dua peluang emas Belgia. Salah satunya sundulan Lukaku yang berhasil di tip ke belakang gawang.

kemenangan Belgia akhirnya terjadi di masa injury time. Lewat sebuah serangan balik, Courtois menangkap bola hasil sepak pojok. Lalu dengan cepat melemparkan bola ke Kevin De Bruyne.

Bruyne pun melakukan solo run hingga sepertiga pertahanan Jepang, dan mengirimkan umpan ke Thomas Meunier yang berada di sisi kanan.

Meunier lantas mengirim umpan silang ke jantung pertahanan Jepang yang dengan mudah dikonversi Nacer Chadli menjadi gol di detik-detik akhir pertandingan.

Kemenangan 3-2 ini mengantarkan Belgia ke perempat final Piala Dunia 2018. Di babak 16 Besar, anak asuh Roberto Martinez telah ditunggu Brasil yang beberapa jam sebelumnya menaklukkan Meksiko dengan skor 2-0.

Susunan Pemain Belgia vs Jepang

Belgia (3-4-2-1):Thibaut Courtois; Jan Vertonghen, Vincent Kompany, Toby Alderweireld; Axel Witsel, Kevin De Bruyne, Yannick Carrasco (Nacer Chadli 65'), Thomas Meunier; Dries Mertens (Marouane Fellaini 65'), Eden Hazard; Romelu Lukaku

Pelatih: Roberto Martinez

Jepang (4-2-3-1): Eiji Kawashima; Hiroki Sakai, Maya Yoshida, Gen Shoji, Yuto Nagatomo; Makoto Hasebe, Gaku Shibasaki (Hotaru Yamaguchi 81'); Genki Haraguchi (Keisuke Honda 81'), Shinji Kagawa, Takashi Inui; Yuya Osako

Pelatih: Akira Nishino

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak