4 Momen Kontroversial di El Clasico, Pesta Gol Hingga Kepala Babi

El Clasico selalu menghadirkan drama yang menarik. Salah satu di antaranya adalah Luis Figo yang mendapat teror ketika menyambangi Camp Nou 16 tahun silam.

Sabtu, 27 Oktober 2018 | 19:15 WIB
El Clasico antara Barcelona vs Real Madrid. (Dok. DB Sports).

El Clasico antara Barcelona vs Real Madrid. (Dok. DB Sports).

Bolatimes.com - Pekan ke-10 La Liga Spanyol menyajikan duel seru bertajuk El Casico antara Barcelona versus Real Madrid di Camp Nou, Minggu (28/10/2018). Skuat Blaugrana boleh saja percaya diri mengingat sang lawan tengah tertatih-tatih di peringkat tujuh klasemen. Namun, tetap saja haram bagi Sergio Busquet dan kolega untuk meremehkan karena ini berkaitan dengan gengsi.

El Clasico pekan ini merupakan edisi ke-177 di La Liga. Secara keseluruhan, Real Madrid lebih mendominasi pertemuan dengan kesuksesan 72 kemenangan dibanding 70 kemenangan milik Barcelona. Sementara itu 34 laga sisanya berakhir dengan imbang.

Pertemuan Barcelona kontra Real Madrid selalu menyisakan kisah menarik. Tak hanya sekadar hasil pertandingan, duel keduanya kerap memunculkan drama-drama sebagai bumbu yang membuat El Clasico semakin sedap untuk dinikmati.

Baca Juga: Barcelona vs Real Madrid, Ini Jagoan Antoine Griezmann

Berikut Bolatimes.com merangkum empat momen kontroversial yang pernah terjadi di El Clasico.

1. Kemenangan telak

Barcelona vs Real Madrid. (Javier Soriano/AFP).
Barcelona vs Real Madrid. (Javier Soriano/AFP).

El Clasico tak selalu berlangsung sengit dan berimbang. Terkadang, ada beberapa laga yang berjalan timpang hingga akhirnya skor besar menghiasi hasil akhir pertandingan.

Baca Juga: Jadwal Lengkap Serie A Pekan ke-10, Ada Dua Big Match

Kemenangan besar di El Clasico tercatat beberapa kali. Bahkan, ada yang tercipta ketika bermain di kandang lawan seperti kemenangan 6-2 Barcelona di Santiago Bernabeu pada 2009 silam dan pesta gol 5-1 Real Madrid di Camp Nou pada 1962/1963.

2. Garet Bale yang permalukan Marc Bartra

Gareth Bale vs Marc Brtra. (Dok. GiveMeSports).
Gareth Bale vs Marc Bartra. (Dok. GiveMeSports).

Sebuah momen mengesankan tercipta saat Barcelona bertemu Real Madrid di final Copa del Rey 2014. Stadion Mestalla menjadi saksi kehebatan Gareth Bale atas Marc Bartra.

Baca Juga: Anak Lionel Messi Isyaratkan Sang Ayah Gabung Juventus?

Bale mencetak gol kemenangan 2-1 Madrid atas Barca melalui solo run melewati Marc Bartra. Menerima umpan Fabio Coentrao, pemain asal Wales itu menggiring bola dari tengah lapangan di sisi kanan pertahanan Barca.

Walau laju lari Bale sempat dihadang oleh Bartra sehingga sempat berbelok arah ke luar lapangan, Bale tetap berlari ke dalam lapangan dan mengejar bola sebelum akhirnya mencapai kotak penalti dan sukses menceploskan bola ke gawang kiper Jose Pinto.

Keeseokan harinya, publik ramai membicarakan kecepatan berlari Gareth Bale, sementara Bartra menjadi bahan cemoohan.

Baca Juga: Andri Syahputra Pamer Foto Main Bareng Wesley Sneijder

3. Pamer jersey Lionel Messi

Selebrasi pemer jersey Lionel Messi. (Dok. FOX Sports).
Selebrasi pemer jersey Lionel Messi. (Dok. FOX Sports).

Lionel Messi tampak emosional pada laga El Clasico di La Liga musim lalu, Senin (24/4/2017). Ia melakukan selebrasi pamer jersey setelah mencetak gol kemenangan 3-2 untuk Barcelona di Stadion Santiago Bernabeu.

Seperti diketahui, Messi membentangkan jerseynya ke arah tribun penonton usai mencetak gol kemenangan Barcelona di menit akhir pertandingan.

Namun, aksi Lionel Messi mampu dibalas oleh Cristiano Ronaldo beberapa bulan kemudian, ketika Real Madrid memetik kemenangan 3-1 atas Barcelona pada leg pertama Piala Super Eropa 2017 di Camp Nou, Senin (14/8/2017).

4. Kepala Babi untuk Luis Figo

Luis Figo dilempar kepala babi. (Dok. Sky Sports).
Luis Figo dilempar kepala babi. (Dok. Sky Sports).

Salah satu momen El Clasico paling diingat adalah momen Luis Figo dilempar kepala babi ketika menyambangi Camp Nou pada November 2002. Hal itu dikarenakan, ia dicap sebagai pengkhianat setelah menyeberang dari Barcelona ke Real Madrid.

Momen itu terjadi ketika Figo hendak mengambil sepak pojok, sejumlah barang asing seperti korek api dan botol minuman beterbangan ke Figo. Salah satunya yang paling mengerikan adalah sepotong kepala babi berlumuran darah terlihat jatuh tak jauh dari tempatnya berdiri. Tidak hanya itu, kebencian suporter juga membuat mereka membakar poster bergambar Figo pada laga terebut.

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Sporting Director PT Persib Teddy Tjahjono membantah tudingan yang menyebutkan dirinya sebagai saksi yang memberatkan dalam persidangan kasus kericuhan yang melibatkan Bobotoh

liga | 17:40 WIB

Bek Persib Bandung Henhen Herdiana tidak pernah menyangka akan melakoni 100 pertandingan bersama Pangeran Biru. Sejak promosi dari Diklat Persib 2016 silam, Henhen tak pernah membayangkan bisa bermain hingga sejauh ini.

liga | 11:07 WIB

David da Silva akhirnya berdamai dengan Persib Bandung setelah proses administasi telah diselesaikan

liga | 16:08 WIB

Berbagai pertimbangan dilakukan oleh PT Liga Indonesia Baru sebelum memutuskan kembali menggulirkan Liga 1 2023/2024 pada 15 April 2024 mendatang

liga | 15:35 WIB

FIFA menjatuhkan sanksi untuk lima tim Indonesia, satu di antaranya Persija Jakarta. Macan Kemayoran tak bisa melakukan transfer pemain selama tiga musim.

liga | 13:04 WIB

Pelatih Persib Bojan Hodak memberikan waktu libur untuk anak asuhnya selama tiga hari. Jeda kompetisi Liga 1 2023/2024 selama Piala Asia U-23 2024 di Qatar membuat tim punya waktu luang dalam masa persiapan

liga | 16:08 WIB

Gelandang Persib Bandung Stefano Beltrame tak mau santai walau Liga 1 2023/2024 terjeda selama gelaran Piala Asia U-23 2024 di Qatar.

liga | 14:13 WIB

Pemain Persib Bandung Ryan Kurnia mengambil sisi positif dari jeda Liga 1 2023/2024 selama gelaran Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Ryan bisa menjalani pemulihan cedera selama jeda kompetisi.

liga | 13:57 WIB

Adapun jadwal Liga 1 pekan ke-31 hingga pekan ke-34, dan jadwal Championship Series dijadwalkan kembali oleh operator komisi, yakni PT Liga Indonesia Baru (LIB) dalam waktu dekat.

liga | 19:50 WIB

Pelatih Persib Bandung Bojan Hodak melihat sisi positif dari penundaan kompetisi Liga 1 2023/2024 selama Piala Asia 2023

liga | 16:04 WIB

Sementara dalam jadwal Liga 1 2023/2024 pekan ke-31, Persib akan melakukan lawatan ke markas Persita Tangerang, pada Selasa (2/4/2024).

liga | 14:04 WIB

Duel Bali United vs Persija akan berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, pada Sabtu, (30/3/2024) kick off pukul 20.00 WIB.

liga | 13:27 WIB

Pebalap Marc Marquez angkat bicara mengenai insiden yang menimpanya dengan Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) pada balapan di Sirkuit Algarve, Portimao, seri MotoGP Portugal, pada Minggu, (24/3/2024).

liga | 20:01 WIB

Beckham Putra akan bergabung dengan Timnas U-23 Indonesia yang akan berlaga di ajang Piala Asia U-23 2024 yang bertempat di Qatar.

liga | 17:02 WIB

Beckham Putra dan rekan-rekan Persib lainnya ingin menjaga ritme kemenangan karena tengah berada dalam tren positif di empat laga terakhir.

liga | 16:31 WIB

Waktu yang tersedia bagi Ten Hag bersama Man United disebut-sebut tidak banyak, terutama setelah kedatangan Sir Jim Ratcliffe.

liga | 08:00 WIB

Thomas Tuchel, pelatih saat ini dari Bayern Muenchen, juga mungkin tersedia setelah dia memutuskan untuk meninggalkan klub tersebut pada musim panas.

liga | 07:30 WIB

David da Silva tak jemawa meski berhasil mencetak brace dan membawa kemenangan Persib 1-3 atas Persikabo. Sebaliknya, ia mengucapkan selamat kepada rekan-rekannya usai pertandingan.

liga | 15:00 WIB
Tampilkan lebih banyak