3 Alasan Real Madrid Tampil Buruk di Musim Ini

Inilah 3 alasan yang membuat Real Madrid tampil buruk di musim 2018/19.

Galih Priatmojo | Andiarsa Nata | BolaTimes.com
Selasa, 23 Oktober 2018 | 19:30 WIB
Pemain Real Madrid merayakan gol Karim Benzema ke gawan Leganes di Stadion Santiago Bernabeu (AFP)

Pemain Real Madrid merayakan gol Karim Benzema ke gawan Leganes di Stadion Santiago Bernabeu (AFP)

Bolatimes.com - Tentu tidak ada yang menyangka Real Madrid yang mengawali laga di musim 2018/19 ini dengan baik, kini di beberapa laga terkhirnya, mereka memperoleh hasil buruk. Los Blancos kini tengah dalam keadaan terpojok karena sulit memetik kemenangan di setiap laga.

Penampilan Real Madrid mengalami penurunan drastis jika dibandingkan dengan musim lalu. Dalam lima laga terakhir El Real, mereka menelan kekalahan empat kali dan hasil imbang satu kali.

Parahnya, Real Madrid bahkan kesulitan untuk mencetak gol dengan deretan pemain hebatnya. Kondisi ini pun membuat pelatih baru mereka, Julen Lopetegui berada dalam tekanan luar biasa untuk mengembalikan performa klub juara Liga Champions musim 2017/18 ini.

Baca Juga: Emil Audero Pertahankan Catatan Cleansheet di Serie A

Seperti yang diketahui, Lopetegui mengemban tugas berat sejak mengambil alih Real Madrid yang ditinggalkan Zinedine Zidane. Pelatih asal Spanyol itu harus mempertahankan apa yang telah dicapai Zidane atau melebihinya.

Namun, tentu itu bukan perkara mudah. Terlebih kondisi Real Madrid diperparah dengan kehilangan salah satu pilarnya, Cristiano Ronaldo yang merupakan mesin gol Los Blancos selama sembilan tahun.

Kondisi ini membuat banyak pihak bertanya sebenarnya apa yang terjadi dengan Real Madrid, apa yang membuat klub raksasa Spanyol itu tampil buruk di musim ini.

Baca Juga: Ini Senjata Andalan Anyar Timnas Indonesia U-19 Jelang Hadapi UEA

Seperti yang dikutip Bolatimes dari Sky Sports, berikut 3 alasan yang membuat Real Madrid tampil buruk di musim ini.

1. Pertahanan yang tidak stabil

Para pemain Real Madrid terlihat kecewa usai takluk dari Deportivo Alaves 0-1 di lanjutan La Liga beberapa waktu lalu. (Ander Gillenea / AFP)
Para pemain Real Madrid terlihat kecewa usai takluk dari Deportivo Alaves 0-1 di lanjutan La Liga beberapa waktu lalu. (Ander Gillenea / AFP)

Salah satu masalah yang membuat Real Madrid tampil buruk di musim ini adalah pertahanannya yang tidak stabil. Julen Lopetegui dinilai belum mampu memanfaatkan empat bek terkuatnya. Hanya Sergio Ramos yang menjadi andalan di lini belakang Real Madrid.

Baca Juga: Tampil Apik Lawan Leicester, Ozil Pecahkan Rekor di Liga Primer

Raphael Varane masih kesulitan untuk menemukan performa terbaiknya. Sementara Dani Carvajal dan Marcelo masih absen di beberapa laga karena dibekap cedera. Kemudian Alvaro Odriozola masih belum mendapat kepercayaan penuh dari Julen Lopetegui.

Bahkan kiper Los Blancos pun sering bergonta-ganti antara Thibaut Courtois dengan Keylor Navas.

Permainan Real Madrid selalu dikenal dengan permainan full back-nya seperti Marcelo yang berani menusuk menyerang. Akan tetapi kekuatan tersebut berkurang karena Lopetegui belum bisa menemukan pemain pengganti yang mampu melakukan hal itu.

Baca Juga: MU vs Juventus: Laga Sulit Penuh Kenangan Bagi Ronaldo

Mungkin ide yang lebih baik untuk Julen Lopetegi adalah menentukan formasi bek terbaik Real Madrid, ketimbang merotasi lini pertahanannya.

2. Serangan yang tidak terkoordinasi

Ekspresi Pemain Real Madrid, Karim Benzema dan Gareth Bale usai dikalahkan Levante (AFP)
Ekspresi Pemain Real Madrid, Karim Benzema dan Gareth Bale usai dikalahkan Levante (AFP)

Selain pertahanan yang tidak stabil, kondisi Real Madrid semakin diperparah dengan lini depannya yang kesulitan untuk mencetak gol. Real Madri hanya mencetak 13 gol dari sembilan laga di La Liga sejauh ini, meskipun menciptakan rata-rata lebih dari 18 tembakan per pertandingan.

Kehilangan sosok Cristiano Ronaldo di lini depan seperti menjadi masalah besar bagi Real Madrid. Lini depan Real Madrid saat ini, seperti Karim Benzema yang bersinar pada musim lalu, kini mengalami penurunan. Sementara Gareth Bale sering dibekap cedera.

Kemudian Mariano Diaz, pemain yang dipulangkan Real Madrid ini belum mampu berkontribusi besar. Hanya Marco Asensio menjado pemain yang tampil lebih baik, tapi itu pun belum stabil.

3. Fan yang tidak bahagia

Pemain Real Madrid, Thiubaut Courtois dan Presiden Florentino Perez (AFP)
Pemain Real Madrid, Thiubaut Courtois dan Presiden Florentino Perez (AFP)

Dukungan dari para pendukung tentu sangat dibutuhkan oleh Julen Lopetegui yang belum lama menjadi pelatih Real Madrid. Akan tetapi, kehilangan sosok Cristiano Ronaldo juga masih menjadi kesedihan para pendukung Los Blancos.

Meski Real Madrid telah mendatangkan pemain seperti Thibaut Courtoiz, Alvaro Odriozola, hingga Mariano Diaz, tapi hal tersebut belum cukup untuk meningkatkan permainan Real Madrid. Pendukung El Real masih kecewa dengan transfer yang dilakukan Real Madrid karena tidak mendatangkan pemain berkelas.

Walaupun Julen Lopetegui mendapat banyak dukungan ketika Real Madrid berlaga, tetapi kekecawaan masih dirasakan para pendukung terkait keputusan Florentino Perez mengenai transfer yang ia lakukan. Para pendukung Real Madrid menilai keputusan tersebut membuat El Real kini dalam keadaan sulit.

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Sporting Director PT Persib Teddy Tjahjono membantah tudingan yang menyebutkan dirinya sebagai saksi yang memberatkan dalam persidangan kasus kericuhan yang melibatkan Bobotoh

liga | 17:40 WIB

Bek Persib Bandung Henhen Herdiana tidak pernah menyangka akan melakoni 100 pertandingan bersama Pangeran Biru. Sejak promosi dari Diklat Persib 2016 silam, Henhen tak pernah membayangkan bisa bermain hingga sejauh ini.

liga | 11:07 WIB

David da Silva akhirnya berdamai dengan Persib Bandung setelah proses administasi telah diselesaikan

liga | 16:08 WIB

Berbagai pertimbangan dilakukan oleh PT Liga Indonesia Baru sebelum memutuskan kembali menggulirkan Liga 1 2023/2024 pada 15 April 2024 mendatang

liga | 15:35 WIB

FIFA menjatuhkan sanksi untuk lima tim Indonesia, satu di antaranya Persija Jakarta. Macan Kemayoran tak bisa melakukan transfer pemain selama tiga musim.

liga | 13:04 WIB

Pelatih Persib Bojan Hodak memberikan waktu libur untuk anak asuhnya selama tiga hari. Jeda kompetisi Liga 1 2023/2024 selama Piala Asia U-23 2024 di Qatar membuat tim punya waktu luang dalam masa persiapan

liga | 16:08 WIB

Gelandang Persib Bandung Stefano Beltrame tak mau santai walau Liga 1 2023/2024 terjeda selama gelaran Piala Asia U-23 2024 di Qatar.

liga | 14:13 WIB

Pemain Persib Bandung Ryan Kurnia mengambil sisi positif dari jeda Liga 1 2023/2024 selama gelaran Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Ryan bisa menjalani pemulihan cedera selama jeda kompetisi.

liga | 13:57 WIB

Adapun jadwal Liga 1 pekan ke-31 hingga pekan ke-34, dan jadwal Championship Series dijadwalkan kembali oleh operator komisi, yakni PT Liga Indonesia Baru (LIB) dalam waktu dekat.

liga | 19:50 WIB

Pelatih Persib Bandung Bojan Hodak melihat sisi positif dari penundaan kompetisi Liga 1 2023/2024 selama Piala Asia 2023

liga | 16:04 WIB

Sementara dalam jadwal Liga 1 2023/2024 pekan ke-31, Persib akan melakukan lawatan ke markas Persita Tangerang, pada Selasa (2/4/2024).

liga | 14:04 WIB

Duel Bali United vs Persija akan berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, pada Sabtu, (30/3/2024) kick off pukul 20.00 WIB.

liga | 13:27 WIB

Pebalap Marc Marquez angkat bicara mengenai insiden yang menimpanya dengan Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) pada balapan di Sirkuit Algarve, Portimao, seri MotoGP Portugal, pada Minggu, (24/3/2024).

liga | 20:01 WIB

Beckham Putra akan bergabung dengan Timnas U-23 Indonesia yang akan berlaga di ajang Piala Asia U-23 2024 yang bertempat di Qatar.

liga | 17:02 WIB

Beckham Putra dan rekan-rekan Persib lainnya ingin menjaga ritme kemenangan karena tengah berada dalam tren positif di empat laga terakhir.

liga | 16:31 WIB

Waktu yang tersedia bagi Ten Hag bersama Man United disebut-sebut tidak banyak, terutama setelah kedatangan Sir Jim Ratcliffe.

liga | 08:00 WIB

Thomas Tuchel, pelatih saat ini dari Bayern Muenchen, juga mungkin tersedia setelah dia memutuskan untuk meninggalkan klub tersebut pada musim panas.

liga | 07:30 WIB

David da Silva tak jemawa meski berhasil mencetak brace dan membawa kemenangan Persib 1-3 atas Persikabo. Sebaliknya, ia mengucapkan selamat kepada rekan-rekannya usai pertandingan.

liga | 15:00 WIB
Tampilkan lebih banyak