Liga

FA Punya Aturan Baru Terkait Kartu Kuning di Kompetisi Inggris

Peraturan ini tak berlaku untuk kartu merah.

Stephanus Aranditio

Ilustrasi Kartu Kuning
Ilustrasi Kartu Kuning

Bolatimes.com - Federasi sepak bola Inggris (FA) menetapkan sebuah peraturan baru jelang musim kompetisi 2018/19 terkait akumulasi kartu kuning.

FA yang membawahi kompetisi Liga Inggris, Piala FA dan Piala Liga memutuskan bahwa akumulasi kartu kuning hanya berlaku sesuai kompetisi.

Hal ini mengakibatkan hukuman akumulasi kartu kuning yang didapatkan pemain saat berlaga di Piala FA dan Piala Liga tak akan masuk ke akumulasi kartu di Liga Inggris.

Peraturan sebelumnya mengharuskan para pemain yang terkena akumulasi kartu kuning saat laga terakhir di Liga Inggris absen di pertandingan Piala FA atau Piala Liga. Hal ini juga berlaku untuk situasi sebaliknya.

“Untuk Piala FA , FA Trophy, dan FA Vase, akumulasi kartu akan bersifat spesifik sesuai kompetisinya. Ini akan sesuai dengan yang berlaku di Liga Champions dan Liga Europa. Ketika seorang pemain mendapat akumulasi dua kartu kuning, dia harus absen pada laga berikutnya,” tulis pernyataan resmi FA.

“Perhitungan kartu hanya akan dilakukan hingga perempat final di setiap kompetisi. Kartu yang diterima di kompetisi-kompetisi ini tak akan masuk hitungan akumulasi 5/10/15 yang berlaku di liga,” jelas FA.

Namun hal ini hanya berlaku untuk kartu kuning, sementara untuk kartu merah tetap berlaku peraturan yang lama.

“Perlu diperhatikan bahwa regulasi ini hanya berlaku untuk kartu kuning. Untuk pengusiran (kartu merah), tetap tak terpengaruh,” tegas FA.

Keputusan ini sedikit menguntungkan tim-tim Liga Inggris yang menjadi banyak pilihan pemain ketika akumulasi kartu kuning hanya berlaku di masing-masing kompetisi saja.

loading...

Berita Terkait

Berita Terkini