Bolatainment

Teknik Dasar Sepak Bola yang Perlu Diketahui

Setidaknya ada 10 teknis dasar dalam sepak bola.

Rauhanda Riyantama

Ilustrasi latihan sepak bola (Dok. 4cornerfootball.co.uk/Galih)
Ilustrasi latihan sepak bola (Dok. 4cornerfootball.co.uk/Galih)

Bolatimes.com - Dalam memainkan olahraga seperti sepak bola, dibutuhkan pemahaman akan teknik-teknik dasar guna menunjang permainan itu sendiri.

Untuk mahir mengolah si kulit bundar di lapangan hijau, setiap pemain diwajibkan memahami dan menguasai setiap teknik dasar di sepak bola.

Teknik dasar menjadi barang wajib dalam memainkan sepak bola. Jika seorang pemain tak paham betul akan teknik dasar, maka jangan harap ia akan menjadi seorang pemain andal layaknya Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

Lantas, apa saja teknik-teknik dasar dalam sepak bola yang wajib diketahui?

1. Dribel

Dribel atau menggiring bola menjadi teknik dasar yang wajib dikuasai seorang pemain.  Teknik ini dilakukan dengan membawa bola menggunakan kaki sembari mengontrol laju bola.

2. Shooting

Shooting atau menembak menjadi teknik yang harus dikuasai. Karena Shooting atau menembak menjadi salah satu cara bagi pemain mencetak gol.

3. Passing

Passing atau mengoper (mengumpan) juga perlu dikuasai karena akan membuat permainan berjalan baik dan kerjasama antar rekan setim tetap terjalin.

4. Kontrol

Teknik Kontrol adalah teknik mengontrol bola atau menghentikan bola. Teknik ini berguna untuk tetap menjaga penguasaan bola agar bola tak mudah direbut oleh lawan.

5. Heading

Heading atau menanduk bola merupakan teknik dasar bagi pemain untuk memenangkan duel udara. Teknik ini wajib dikuasai setiap pemain terutama di sektor bek dalam bertahan dan penyerang dalam menyerang.

6. Throw-in

Teknik Throw-in atau lemparan ke dalam juga wajib dikuasai oleh pemain yang utamanya berposisi sebagai bek sayap. Teknik ini memang terlihat mudah karena pemain hanya butuh melempar. Namun jangan salah, banyak pemain profesional bahkan harus rela kesempatan melakukan lemparan ke dalam berpindah ke tangan lawan karena salah dalam penerapannya.

7. Tekel

Tekel juga berfungsi untuk menghentikan bola. Teknik ini dilakukan dalam bertahan untuk menghentikan bola dari penguasaan lawan menggunakan kaki. Namun teknik ini terbilang berbahaya karena dapat berbuah pelanggaran.

8. Intersep

Intersep merupakan teknik bertahan lainnya yang merebut dan menghentikan bola dari penguasaan lawan. Dalam melakukan intersep, pemain wajib paham alur bola dan pergerakan lawan agar tak berbuah pelanggaran.

9. Juggling

Juggling sejatinya merupakan teknik tambahan guna menguasai skill olah bola. Namun, Juggling saat ini terbilang penting karena mampu membuat pemain paham cara mengontrol bola.

10. Goalkeeping

Teknik Goalkeeping merupakan hal yang wajib dipahami oleh kiper. Pasalnya, teknik ini berfungsi bagi kiper dalam menghalau bola masuk ke gawangnya. Teknik Goalkeeping sendiri dapat dibagi dalam menangkap bola, menepis bola atau memblok bola.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya

Berita Terkait

Berita Terkini