Bolatainment

Jarang Diketahui, Berikut 6 Tujuan Permainan Sepak Bola

Berikut tujuan permainan sepak bola.

Rauhanda Riyantama

Neymar menjalani sesi latihan di Yug-Sport Stadium, Sochi pada Jumat (29/6). Brasil menjadi salah satu tim yang lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2018. [AFP/Adrian Dennis]
Neymar menjalani sesi latihan di Yug-Sport Stadium, Sochi pada Jumat (29/6). Brasil menjadi salah satu tim yang lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2018. [AFP/Adrian Dennis]

Bolatimes.com - Tak dimungkiri, sepak bola jadi salah satu olahraga terpopuler di dunia. Olahraga yang satu ini disebut merakyat karena bisa dimainkan di mana saja.

Sepak bola merupakan jenis olahraga yang menggunakan bola untuk digiring bebas atau ditendang dengan kaki sampai bola masuk ke gawang lawan. Ini merupakan harfiah dalam arti sepak bola.

Dalam pertandingan sepak bola setiap tim mempunyai pemain utama sejumlah 11 orang dengan beberapa pemain cadangan. Permainan ini terdiri dari dua tim dan saling berlawanan.

Banyaknya para penggemar sepak bola di seluruh dunia, menjadikan permainan sepak bola hingga saat ini masih tetap eksis. Lantas, apa sebenarnya tujuan permainan sepak bola?

1. Mencetak Gol

Mencetak gol adalah satu yang paling kentara. Sederhana saja: Bermain bola jelas ingin mencetak gol.

Setiap tim yang bertanding selalu berusaha untuk memasukkan bola ke gawang lawan sebanyak-banyaknya. Hanya dengan meraih gol terbanyak, tim menjadi pemenang dalam permainan ini.

2. Melatih Kecerdasan Otak

Permainan sepak bola dikenal juga dengan salah satu olahraga yang mengasah otak. Sebab, dalam penerapannya, ada racikan strategi yang mesti dipahami.

Kemampuan berpikir cepat dalam mengambil keputusan kudu diimbangi dengan otak yang cerdas. Sebab, dalam pertandingan sepak bola bisa saja berubah-ubah.

3. Meraih Prestasi

Lazimnya menggelar turnamen, sepak bola juga menelurkan hadiah juara di setiap akhir. Entah itu kompetisi liga atau turnamen.

Untuk individu, untuk bisa meraih gelar pemain terbaik juga merupakan sebuah prestasi tersendiri. Sebab, untuk meraihnya, butuh usaha yang tak sebentar.

4. Menjaga Tubuh Tetap Sehat

Olahraga, apa pun macamnya, termasuk sepak bola, bertujuan agar tubuh tetap sehat. Sebab, banyak sekali gerakan permainan sepak bola yang baik untuk kesehatan, seperti melancarkan peredaran darah, meregangkan otot, dan menjaga kesehatan jantung.

Tak hanya itu, permainan bola sepak bola juga bisa membuat berat badan tubuh semakin ideal. Biasanya, seseorang yang melakukan olahraga ini memiliki bentuk tubuh yang baik.

5. Meraih Kemenangan

Sepak bola sama seperti cabang olahraga lainnya. Tujuan permainan sepak bola salah satunya adalah meraih kemenangan.

Tentu saja, setiap orang atau tim yang bertanding selalu berharap bisa meraih kemenangan.

6. Menciptakan Solidaritas

Hampir setiap cabang olahraga bertujuan untuk melatih kekompakan dan menciptakan solidaritas. Setiap pemain akan berusaha melengkapi satu sama lain sehingga akan melatih kerja sama, kekompakan, hingga akhirnya membentuk sebuah solidaritas.

Selain itu, bagi para pemain yang telah memiliki jam terbang tinggi, tentunya akan semakin banyak teman dari berbagai daerah atau negara.

Kontributor: Kusuma Alan

Berita Terkait

Berita Terkini