Bolatainment

4 Gol Menakjubkan Ini Ternyata Bisa Dijelaskan Secara Ilmiah

Masih penasran ga sih kenapa Roberto Carlos bisa mencetak gol pisang? Ini penjelasan ilmiahnya.

Galih Priatmojo

Penyerang Juventus, Cristiano Ronaldo (Marco Bertorello/AFP)
Penyerang Juventus, Cristiano Ronaldo (Marco Bertorello/AFP)

Bolatimes.com - Masih ingat dengan tendangan pisang ala Roberto Carlos atau tendangan keras menghujam milik Cristiano Ronaldo? Siapa sangka ternyata tendangan nan magic itu bisa dijelaskan secara logika lho. Sejumlah peneliti disebut telah berhasil membongkar penyebab gol menakjubkan dapat terjadi secara ilmiah.

Dari sekian banyak gol memorable, berikut 4 gol menakjubkan yang dapat dijelaskan secara ilmiah.

1. Gol Roberto Carlos

Tendangan bebas Roberto Carlos saat Brazil melawan Prancis dalam Turnoi de France 1997 rupanya menjadi salah satu gol menakjubkan yang pernah terjadi. Dalam gelaran ini, bola secara ajaib berbelok ke arah gawang sehingga membuat beberapa orang di lokasi tersebut tercengang.

Berbagai studi ilmiah lalu berusaha menjelaskan teori ini. Salah satunya teori yang dilakukan oleh Guillaume Dupeux, Anne Le Goff, David Quere, dan Christophe Clanet

Menurut hasil penelitian, hal ini dapat terjadi karena lintasan bola dapat menyimpang secara signifikan dari lingkaran. Dengan tembakan yang cukup panjang, arah bola dapat berubah secara mengejutkan sehingga sulit diprediksi oleh kiper.

Setidaknya butuh perhitungan tepat dan jarak serta kekuatan yang pas agar gol serupa dapat kembali terjadi.

2. Gol Lionel Messi

Gol Lionel Messi dalam final Copa del Rey tahun 2005 menjadi gol menakjubkan lainnya di dunia sepakbola. Lionel Messi mampu melewati empat pemain tim lawan sebelum kemudian menembak bola ke sudut sempit.

Studi ilmiah lalu dilakukan oleh ESPN Sports Science. Hasilnya, Messi rupanya berlari pada kecepatan 31,38 km per jam hanya dalam waktu 2,73 detik sambil menggiring bola.

Ketika dirinya dikawal bek tim lawan, Messi mengurangi kecepatan dan membuat tiga sentuhan pendek untuk mengecoh lawan dalam waktu 1,2 detik. Setelah sukses melewati hadangan di kota penalti, Messi memberikan lekukan ruang 4 kaki dan melepaskan bola dengan kecepatan 77,24 km per jam.

3. Gol Cristiano Ronaldo

Fisikawan asal Bath University bernama Dr. Ken Bray, pernah melakukan penelitian mengenai tendangan bebas dari pemain bintang, Cristiano Ronaldo.

Tendangan bebas Cristiano Ronaldo ini mampu membuat bola berubah arah di udara dan membuat kiper bingung.

Hal ini dijelaskan oleh Ken Bray terjadi karena bola tidak berputar pada sumbu apa pun yang membuat udara mampu menciptakan turbulensi secara tiba-tiba dan membuat lintasan bola menjadi acak. Ini yang kemudian membuat bola menjadi sulit diprediksi.

4. Gol Mohd Faiz Subri

Urutan selanjutnya di tempati oleh tendangan bebas dari Mohd Faiz Subri yang berasal dari Malaysia. Tendangan ini rupanya diteliti oleh Mohd Hafizudin Kamal, seorang mahasiswa pascasarjana Universiti Kebangsaan Malaysia.

Menurutnya, gol ini tercipta karena magnus effect yang mengakibatkan curveball. Saat ditendang, bola berada pada ketinggian puncak sehingga berputar dengan kecepatan sudut yang tinggi.

Dorongan daya eksternal akibat angin rupanya turut membantu rotasi bola untuk bergerak ke arah berlawanan.

Itu tadi deretan gol menakjubkan yang mampu dijelaskan secara ilmiah oleh beberapa ahli. Kamu punya analisis lain mengenai bagaimana gol-gol ajaib ini dapat terjadi?

 

Berita ini sebelumnya sudah dimuat di Hitekno.com dengan judul Deretan Gol Menakjubkan Ini Dapat Dijelaskan Secara Ilmiah

Berita Terkait

Berita Terkini