CEK FAKTA: Lionel Messi Jadi Datang, tapi Cuma Main 15 Menit Lawan Timnas Indonesia

Messi kabarnya jadi datang ke Indonesia, tapi cuma main selama 15 menit, benarkah?

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Rabu, 14 Juni 2023 | 15:30 WIB
CEK FAKTA: Lionel Messi Jadi Datang, tapi Cuma Main 15 Menit Lawan Timnas Indonesia.

CEK FAKTA: Lionel Messi Jadi Datang, tapi Cuma Main 15 Menit Lawan Timnas Indonesia.

Bolatimes.com - Beredar informasi jika Lionel Messi jadi datang ke Tanah Air dan akan bermain selama 15 menit melawan Timnas Indonesia. Benarkah?

Informasi itu diedarkan oleh kanal YouTube GARUDA JAYA yang terlihat dari Thumbnail serta judul untuk video unggahannya.

Dalam Thumbnail videonya, kanal GARUDA JAYA menggunakan foto Erick Thohir dan Lionel Messi yang disertai kalimat bahwa sang megabintang akan bermain selama 15 menit melawan Timnas Indonesia.

Baca Juga: Santuy Hadapi Malaysia, Timnas Kepulauan Solomon Cuma Diperkuat Satu Pemain Profesional

Lalu di judul video tersebut, kanal GARUDA JAYA menegaskan kembali informasi Messi hanya akan bermain selama 15 menit melawan Timnas Indonesia.

“BIKIN KECEWA !! Ternyata LIONEL MESSI Hanya Bermain 15 Menit Saat Melawan Timnas Indonesia,” bunyi judul video unggahan GARUDA JAYA pada 11 Juni 2023.

Hingga artikel ini dibuat, video tersebut telah ditonton sebanyak 14 ribu kali dan menuai 73 komentar dari pecinta sepak bola Tanah Air.

Baca Juga: Terungkap Penyebab Lionel Messi sempat Ditahan Imigrasi China Selama 2 Jam

PENJELASAN

Video unggahan kanal YouTube GARUDA JAYA dibuka dengan informasi bahwa Lionel Messi akan bermain 15 menit saja melawan Timnas Indonesia.

Video kemudian dilanjutkan dengan kabar Argentina yang telah tiba di Beijing, China untuk melawan Australia pada FIFA Matchday Juni 2023.

Baca Juga: CEK FAKTA: Setelah Dibujuk Erick Thohir, Argentina FA Resmi Datangkan Lionel Messi ke Indonesia

Kemudian, GARUDA JAYA menarasikan informasinya bahwa Messi akan bermain selama 15 menit melawan Timnas Indonesia pada 19 Juni 2023.

Informasi itu diklaim GARUDA JAYA datang dari jurnalis Argentina, Leo Paradizo, melalui kicauannya di media sosial Twitter.

Kemudian video dilanjutkan dengan kedatangan Messi ke China serta belum adanya keterangan resmi dari pihak Argentina soal kehadiran sang pemain dan rekan-rekannya ke Indonesia.

Baca Juga: Indonesia Open 2023: Tumbang, Chico Wardoyo Ungkap Penyebab Dirinya Kalah dari Pebulu Tangkis Singapura

KESIMPULAN

Berkaca dari Thumbnail, judul, dan narasi videonya, informasi yang diberikan kanal YouTube GARUDA JAYA bisa masuk kategori hoaks.

Hal ini lantaran tak adanya laporan dari media-media ternama Tanah Air atau bahkan internasional yang menyebut Messi akan bermain salaam 15 menit melawan Timnas Indonesia.

Di sisi lain, informasi Messi yang bermain 15 menit melawan Timnas Indonesia diklaim GARUDA JAYA didapatkan dari cuitan jurnalis Argentina, Leo Paradizo, di Twitter.

Setelah Bolatimes.com memantau akun Twitter Leo Paradizo, yakni @leoparadizo, tak ada sama sekali informasi Messi akan bermain selama 15 menit melawan Timnas Indonesia.

Adapun cuitan terakhir akun @leoparadizo adalah mengenai kabar Messi akan bertanding melawan Australia dan tidak akan ikut skuad Argentina untuk melawan Timnas Indonesia pada 19 Juni 2023.

Dalam laporan jurnalis Argentina lainnya, Gaston Edul, Messi pun dipastikan tak akan berpartisipasi di laga melawan Timnas Indonesia karena ingin berlibur dan menuntaskan kepindahannya ke Inter Miami.

Berdasarkan penjelasan dan kesimpulan yang ada, maka informasi yang diedarkan kanal YouTube GARUDA JAYA masuk dalam kategori hoaks.

Kontributor: Felix Indrajaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Usai menjadi WNI, kiper Naturalisasi Timnas Indonesia, Maarten Paes beberkan impiannya bersama skuad Garuda asuhan Shin Tae Yong.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Ketua umum PSSI, Erick Thohir bakal protes ke FIFA setelah Wasit Thailand Sivakorn Pu-Udom Kembali Jadi Wasit VAR Laga Timnas Indonesia kontra Irak di perebutan posisi ketiga Piala Asia U-23 Qatar.

bolaindonesia | 13:45 WIB

Wasit asal Thailand, Sivakorn Pu-Udom Kembali akan menjadi Wasit VAR Laga Timnas Indonesia U-23 Kontra Irak, Erick Thohir Dituntut lakukan protes ke AFC, bakal digubris?

bolaindonesia | 13:11 WIB

Salah Sasaran! Bukan Sivakorn Puudom, Suporter Timnas Indonesia U-23 Malah Ancam Artis Thailand ini Usai Kalah di Piala Asia Qatar

bolaindonesia | 12:37 WIB

Resmi mendapatkan warga negara Indonesia, kasus Kiper FC Dallas, Maarten Paes di CAS sudah clear, bakal debut kontra Irak?

bolaindonesia | 12:07 WIB

Masyarakat Indonesia memiliki antusias dengan pelatih tim nasional Indonesia. Kiprahnya membawa timnas Indonesia bermain dengan gemilang dalam kancah internasional. Apakah Shin Tae Yong tetap berlanjut mengkomandoi para pemain andalan Indonesia?

bolaindonesia | 14:39 WIB

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB
Tampilkan lebih banyak