Profil Kawin Thamsatchanan, Kiper Senior Thailand yang Sentil Juniornya usai Rusuh di Final SEA Games 2023

Mengenal Kawin Thamsatchanan, kiper senior Thailand yang kritik juniornya usai rusuh saat melawan Timnas Indonesia di final SEA Games 2023.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Kamis, 18 Mei 2023 | 21:15 WIB
Kiper Timnas Thailand, Kawin Thamsatchanan. (Instagram/kawiator_26)

Kiper Timnas Thailand, Kawin Thamsatchanan. (Instagram/kawiator_26)

Bolatimes.com - Mengenal lebih jauh sosok Kawin Thamsatchanan, kiper senior Thailand yang menyentil juniornya saat final SEA Games 2023 melawan Timnas Indonesia U-22.

Sebagaimana diketahui, final SEA Games 2023 antara Timnas Indonesia U-22 vs Thailand, menjadi sorotan dunia sepak bola.

Hal ini tak lepas dari kericuhan yang terjadi dalam laga tersebut baik antar pemain maupun antar ofisial kedua tim yang bertanding.

Baca Juga: 3 Bintang Muda yang Putuskan Mudik untuk Lanjutkan Karier di Indonesia, Terbaru Ada Bagus Kahfi

Kericuhan ini tercipta di awal babak Extra Time saat Irfan Jauhari membawa Timnas Indonesia U-22 unggul 3-2 di menit ke-94.

Karena gol itu, kericuhan pun tercipta di pinggir lapangan yang melibatkan ofisial kedua tim, dan bahkan para pemain kedua tim.

Dari kubu pemain, ada Komang Teguh dan kiper Thailand yang saling beradu jotos, hingga keduanya mendapat kartu merah langsung dari wasit.

Baca Juga: PSSI Buka Suara Terkait Kabar Timnas Indonesia akan Hadapi Argentina di FIFA Matchday

Kejadian ini kemudian menjadi sorotan, salah satunya dari kiper senior Thailand, Kawin Thamsatchanan, yang menyayangkan aksi juniornya hingga melakukan pemukulan.

“Saya, sebagai pemain tim nasional dan bagian dari industri sepak bola Thailand, ingin mengomentari insiden ini. Jika itu menyakiti seseorang, saya minta maaf,” buka Kawin Thamsatchanan dikutip dari Thai Rath, Kamis (18/5).

“Mengontrol emosi dan mengekspresikan kedewasaan merupakan kualitas yang dimiliki oleh pesepak bola, karena kami pergi atas nama tim nasional Thailand. Menjadi perwakilan dan kebanggaan rakyat Thailand.”

Baca Juga: Manchester City Berpeluang Besar Raih Treble Winners usai Melenggang ke Final Liga Champions 2022-2023

“Tidak hanya dalam urusan menang dan kalah, tapi juga menjadi contoh yang baik. Dan yang lebih besar lagi adalah orang-orang datang untuk melihatnya. Artinya mereka menghormati kita,” ucap Kawin.

Sindiran yang diberikan itu membuat namanya pun diperbincangkan. Lantas, siapakah sosok Kawin Thamsatchanan tersebut? Berikut profilnya.

Perengkuh Gelar Piala AFF

Baca Juga: Timnas Argentina Gelar Tur Asia di FIFA Matchday Juni 2023, Hadapi Australia dan Indonesia

Kawin Thamsatchanan merupakan kiper berkebangsaan Thailand yang lahir di Bangkok pada 26 Januari 1990 atau 33 tahun silam.

Kiprahnya sebagai kiper bermula di Rajpracha FC pada 2007 silam, di mana tim itu menjadi tempatnya menimba ilmu serta mencatatkan debut profesional.

Bakatnya di usia muda kemudian membuat Muangthong United meminangnya pada 2008, tepat saat usianya baru 18 tahun.

Di Muangthong United, Kawin bermain selama 10 tahun lamanya dan mengantarkan timnya meraih beragam titel bergengsi dari kasta kedua, kasta pertama, hingga kompetisi domestik Thailand lainnya.

Pada 2018, Kawin pun dilepas ke Belgia dengan bergabung OH Leuven. Kepindahan ini dilakukan secara permanen, di mana ia mendapat kontrak berdurasi lima tahun dengan klub tersebut.

Setelah bergabung, Kawin menjadi pilihan utama di bawah mistar OH Leuven yang saat itu bermain di kasta kedua Liga Belgia.

Namun perjalanannya bersama OH Leuven tak berjalan lama. 10 bulan usai bergabung, ia mengalami cedera parah yang membuat posisinya tergusur dan menjadi kiper pelapis.

Alhasil pada 2020 Kawin kembali ke Asia, di mana ia bergabung tim Jepang, Hokkaido Consodale Sapporo dengan status pinjaman.

Namun peminjaman ini tak berjalan manis, karena Kawin tak pernah dimainkan. Ia pun kemudian pulang ke OH Leuven pada 2021.

Usai kembali, ia menjadi pilihan kedua dan bahkan menjadi pilihan ketiga, seiring kedatangan Runar Alex Runnarson dari Arsenal pada 2021.

Hal ini membuat Kawin kemudian dipinjamkan ke Port FC pada Mei 2022, sebelum akhirnya dilepas oleh OH Leuven secara permanen pada Agustus 2022 ke klub lamanya, Muangthong United.

Hingga saat ini, Kawin masih membela Muangthong United yang berlaga di kasta teratas Liga Thailand dan terikat kontrak hingga 2024 mendatang.

Kiprah apik Kawin sebagai kiper membuatnya mendapat pemanggilan ke Timnas Thailand pertama kali pada 2010 lalu, usai membawa Muangthong United menjadi juara Liga Thailand.

Sejak debutnya pada 2010 melawan Singapura, Kawin terus menjadi pilihan utama di bawah mistar Thailand di berbagai ajang internasional.

Salah satunya adalah Piala AFF, di mana Kawin tampil di dua edisi kompetisi itu, yakni Piala AFF 2014, Piala AFF 2016, dan Piala AFF 2020.

Dari tiga edisi tersebut, ia berhasil membawa Thailand keluar sebagai kampiun Piala AFF 2014, 2016, dan 2020, dengan mengalahkan Timnas Indonesia sebanyak dua kali, yakni pada 2016 dan 2020.

Kiprahnya sebagai kiper juga diakui oleh sepak bola Asia Tenggara, di mana ia masuk Starting XI terbaik versi AFF pada 2013 lalu.

Kontributor: Felix Indrajaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia Seharga Rp1,3 Miliar bakal menjadi Amunisi Baru Shin Tae Yong di Laga Kontra Irak, optimis menang?

bolaindonesia | 10:49 WIB

Jadwal pertandingan Timnas Indonesia U-23 vs Irak di babak perebutan posisi ketiga Piala Asia U-23 Qatar.

bolaindonesia | 10:23 WIB

Jalani Proses Naturalisasi Timnas Indonesia, Pemain Liga Belanda Dirujak Warganet Karena memanfaatkan keuntungan ini?

bolaindonesia | 10:09 WIB

Profil Lengkap Jens Raven, pemain liga 2 Belanda yang sedang menjalani proses naturalisasi timnas Indonesia.

bolaindonesia | 19:00 WIB

Jalani Proses Naturalisasi, pemain berusia 18 tahun, Jens Raven Diragukan Kualitasnya di Timnas Indonesia, ini alasannya.

bolaindonesia | 18:30 WIB

Kiper Naturalisasi Timnas Indonesia yang saat ini bermain di klub FC Dallas, Maarten Paes sangat optimis bakal debut bersama skuad Garuda di bulan Juni mendatang.

bolaindonesia | 17:15 WIB

Usai menjadi WNI, kiper Naturalisasi Timnas Indonesia, Maarten Paes beberkan impiannya bersama skuad Garuda asuhan Shin Tae Yong.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Ketua umum PSSI, Erick Thohir bakal protes ke FIFA setelah Wasit Thailand Sivakorn Pu-Udom Kembali Jadi Wasit VAR Laga Timnas Indonesia kontra Irak di perebutan posisi ketiga Piala Asia U-23 Qatar.

bolaindonesia | 13:45 WIB

Wasit asal Thailand, Sivakorn Pu-Udom Kembali akan menjadi Wasit VAR Laga Timnas Indonesia U-23 Kontra Irak, Erick Thohir Dituntut lakukan protes ke AFC, bakal digubris?

bolaindonesia | 13:11 WIB

Salah Sasaran! Bukan Sivakorn Puudom, Suporter Timnas Indonesia U-23 Malah Ancam Artis Thailand ini Usai Kalah di Piala Asia Qatar

bolaindonesia | 12:37 WIB

Resmi mendapatkan warga negara Indonesia, kasus Kiper FC Dallas, Maarten Paes di CAS sudah clear, bakal debut kontra Irak?

bolaindonesia | 12:07 WIB

Masyarakat Indonesia memiliki antusias dengan pelatih tim nasional Indonesia. Kiprahnya membawa timnas Indonesia bermain dengan gemilang dalam kancah internasional. Apakah Shin Tae Yong tetap berlanjut mengkomandoi para pemain andalan Indonesia?

bolaindonesia | 14:39 WIB

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB
Tampilkan lebih banyak